Sunday, December 27, 2015

Cobek Ikan Gurame Khas Sunda




Alhamdulillah...badan sudah enteng. Beneran enteng lho..karena sakit 2 hari aja turun beberapa kg..hahah. Asyik gak usah diet..lol..! Tapi memang belum bisa makan banyak beberapa hari ini..cuma beberapa sendok gitu udah kenyang duluan dech..tapi aku coba makan cemilan juga begitu..biasa cemal-cemil..eh ini makan satu..udah gak minat lagi. Memang mulut masih rada pahit kali ya..kalau habis sakit. Yang perlu di waspadai itu justru setelah pulih..biasanya..langsung pengen makan ini..itu..hihi.

Hari ini udah turun ke dapur lagi sekedar buatin nasi goreng untuk Yodha..kasian dia makan makanan luar terus lama-lama bosan. Lihat di freezer kok masih ada stock ikan gurame yang mau aku masak kemaren sebelum sakit. Aku cek masih fresh, karena aku simpan di freezer dalam kondisi masih segar. Ya udah akhir aku masak aja hari ini..untuk mencoba menu kiriman dari mba Eva, yaitu Cobek Ikan Gurame khas Sunda. Menu ini merupakan resep andalan dari Mama mba Eva yang asli Ciamis.

Resep dari Mama mba Eva ini sudah modifikasi dari resep turunan Nenek beliau, yang biasanya bumbunya di bakar, kalau mba Eva bumbunya di tumis. Nah..karena aku pengen mencoba versi Nenek mba Eva, sekalian mengurangi minyak kan lebih sehat nich buat teman-teman yang suka menu-menu sehat tanpa minyak, mungkin bisa mencoba versi yang di bakar nich bumbunya. Tapi kalau mau bisa seperti versi resep mba Eva berikut ya, yang bumbunya di tumis. Kalau di tumis tentu saja penampilan bumbunya kan lebih menarik warnanya. Sedangkan kalau di bakar, maka akan agak pucat, seperti yang aku buat ini. Jadi sesuaikan selera ya teman-teman.

Okey..ini dia resep aku copiin dari mba Eva ya teman-teman..selamat mencoba. Aku mencoba yang di bakar..enak lho..kapan-kapan-kapan mau coba versi yang tumis juga. Makasih mba Eva kiriman resepnya. Kalau pas lagi nggak sakit, pasti habis 2 piring ini...hihi.


"Cobek Ikan Bakar Gurame khas sunda". 

Bahan-bahannya :
3 ekor ikan gurame (boleh pake ikan lain, tergantung seleranya) dibersihkan ikannya setelah itu direndam pake air jeruk nipis, lumuri sedikit garam, lalu dibakar.
3 sdm minyak goreng menumis
1 sdt air asam jawa
125 cc santan kelapa.  

Bumbu yang Dihaluskan:
15 buah cabe merah (pedas tergantung selera)
3 siung bawang putih
5 buah kemiri, goreng
1 sdm gula merah/ secukupnya
2 cm kencur
5 siung bawang merah,
1 sdt garam/secukupnya
Kaldu ayam secukupnya. 

Cara Membuat :
Pertama tumis semua bumbu yang udah dihaluskan, setelah keluar wanginya langsung masukkan santan, garam, kaldu ayam, air asam jawa, gula merah. Setelah mendidih santannya, koreksi rasa setelah itu masukkan semua ikan bakarnya masak cukup 1 menit aja biar kuah santannya meresap kedalam ikan bakar.

Note :
Kalau aku ngikutin versi Nenek mba Eva, yang beda hanya bumbu-bumbu di bakar semua hingga matang, kecuali cabe, di haluskan, jadi nggak perlu di tumis.

1 comment :

  1. knp smua yg dimasak mb diah bkin ku ngiler ya.....cess....hiihii...
    tp slm ini ku br coba2 resepnya mb diah yg simpel2 aj,,mnyesuaikan kantong hehehe... kmrn trakhir bkin pastel jadinya alhamdulilah oke,,mski blm smpurna kyk mb diah bkin,,tp pd suka sih serumah eh dua rumah...mkasih ya mb,,,---bunda CheRa

    ReplyDelete