Friday, December 11, 2015

Lepet Jagung


Buat teman-teman yang mengirim resep kue..siap-siap ya..Minggu ini aku selingin postingan kue-kue tradisional khas kiriman teman-teman dari berbagai daerah. Nich resep pertama yang simple dulu, menyeseuaikan bahan yang mudah di temui di tukang sayur tiap hari. Nah..kali ini aku coba kue Lepet Jagung, kiriman mba Desta. Dari dulu aku penasaran cara membuat lepat jagung ini. Pernah makan oleh-oleh Kak Yodha..jika menu snacknya lepet jagung pasti nggak di makan..dan di bawa pulang..di kasih Maminya..hahah. Ya..Yodha memang belum bisa suka kue basah atau jajan pasar.

Tapi lepet jagung resep kiriman mba Desta ini sedikit beda dengan yang pernah aku makan. Jika yang pernah aku makan itu halus agak padat lepetnya..mungkin pakai campuran tepung beras atau ketan, sedang lepat jagung resep andalan Mama mba Desta ini, memakai kelapa muda parut, jadi tekture sedikit lebih lembek. Atau mungkin memang beda jenis ya lepet jagungnya. Mungkin jika mau padat bisa di tambah sedikit tepung ya teman-teman, jika mau coba. Kapan-kapan aku coba pakai tepung dech dikit, Kalau soal rasa aku suka, enak..gurih nggak terlalu manis. 

Kue lepet Jagung ini adalah salah satu kue andalan jualan Mamah mba Desta yang memang punya usaha aneka jajanan dan katering. Kata beliau sich kue ini favorit para pelanggan. Makasih resepnya mba..siapa tahu bisa jadi ide usaha juga buat teman-teman lain ya. Oh ya..aku kemaren pakai jagung manis, aku lupa tanya mba Desta, aslinya pakai jagung kampung atau jagung manis. Tapi kalau aku suka jagung manis, maka aku pakai jagung manis aja. Oke..ini dia resep Lepet Jagung kriman mba Desta..selamat mencoba ya teman-teman jika suka.


Lepet Jagung

Bahan:
10 biji jagung matal (ngga tua ya ngga muda)
1 buah kelapa muda
6 sdm gula pasir
2 sdt garam
2 helai Daun pandan
Kelobot Jagung.

Cara Pembuatan:
1. Sisir jagung hingga habis, lalu haluskan dengan cara diuleg. Jangan
sampai terlalu halus agar sensasi rasa biji jagungnya terasa.
2. Parut kelapa muda (bisa beli di pasar yang langsung di parutin)
3. Masukkan jagung yang sudah dihaluskan kedalam wadah, lalu tambahkan
parutan kelapa, gula, dan garam. Untuk gulanya sesuai selera ya. Aduk
hingga rata
4. Potong kecil-kecil daun pandan.
5. Beberkan kelobot jagungnya. Pilih kelobot yang besar-besar agar
tidak mudah bocor. Letakkan 1 potongan daun pandan, tambahkan adonan
dan gulung hingga menutupi adonan. Tekuk bagian bawah adonan agar sari
pati dari jagung tidak menetes.
6. Kukus adonan yang telah dibungkus selama 30 menit.
7. Adonan siap dan bisa di sajikan.

5 comments :

  1. Mba Diaaahh...ini ngingetin masakan alm.ibuku. Aku baru inget alm.ibuku dulu sering bikin kue2 salah satunya lepet jagung kayak gini dan aku suka banget. Makasih resepnya mba.. kapan-kapan aku mau bikin nih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukk di coba mba Erti..iya enak gurih ya..:)

      Delete
  2. Aku suka bgt ini..Dan happy bgt liat semua resep mbak didi:)) Salam kenal mbak

    ReplyDelete
  3. Aku suka bgt ini..Dan happy bgt liat semua resep mbak didi:)) Salam kenal mbak

    ReplyDelete
  4. Mbak, gimana milih jagung yg matal? Ciri2nya seperti apa? Makasih

    ReplyDelete