Sunday, December 13, 2015

Ayam Betutu


Masih lanjut mencicipi menu   khas Bali ya teman-teman. Kali ini kiriman mba Laras. Menu yang sudah sangat terkenal pastinya ya dari Bali..yaitu Ayam Betutu. Aku pernah mencoba, tapi belum pernah masak sendiri. Jadi ketika mba Laras mengirimkan resepnya..wah seneng sekali aku..mendapatkan resep otentik, karena beliau asalanya memang dari Bali. Makasih mba resepnya..ternyata membuat Ayam Betutu sendiri mudah ya..dan lebih puas hasilnya.

Kemaren cuma waktu aku mengukus Ayam betutunya apinya agak kebesaran dikit, jadi..aku kurang takaran garamnya. Karena di kukus lama, maka kena uap air, otomatis rasa garam sedikit menghilang..hihi. Padahal sebelum di kukus udah aku cicipin bumbunya..semua sudah pas..sedep banget. Tapi aku salah perhitungan..harusnya takaran garam agak di lebihin, jadi jika di kukus lama tetap gurih rasanya merasuk ke dalam daging ayam. Jadi..buat pelajaran teman-teman jika mencoba, takaran garam di lebihin dikit nggak apa-apa, karena ayamnya utuh, dan hanya di balurkan di kulit luar ayam, jadi perlu lebih sedikit garam dan gula agar gurihnya nggak hilang ketika di kukus lama. Atau mungkin membungkus pakai daun pisangnya agak di tebalin, jadi bumbu nggak kena uap air. Pastikan api kecil waktu mengukusnya ya teman-teman.

Tapi kemaren, daun singkongnya karena berada di perut  ayam, rasanya jadi enak sekali, kan garamnya nggak luntur kena uap air, berpadu dengan bumbu halus dan sari kaldu ayam..daun singkongnyajadi empuk, terasa gurih banget dan sangat enak. Suamiku malah request kapan-kapan aku buat daun singkongnya aja bumbu ayam betutu..hihi. Okeh..kapan-kapan aku buat gitu..enak kali ya..pepes daun singkong bumbu betutu..:D


Atau aku punya ide lain..setelah di lumuri bumbu ayam di panggang di oven kali ya..pasti lebih sedep, bumbu dan ayam nggak kena uap air, sari kaldu alami ayam keluar. Jadi seperti mau membuat *Beggar Chicken kali ya..hihi. Bedanya..kalau Beggar Chicken manggangnya dengan cara di peram lama di bara api dalam tanah. Tapi aku suka..citarasa bumbu Ayam Betutu ini..sedep banget karena bumbu rempahnya komplet..waktu setelah di tumis. Kalau di Bali sepertinya di sebut bumbu Ganep ya..bener nggak mba Laras ?

Oke..jika mau mencoba menu otentik khas Bali ini..silahkan teman-teman..:) Ini dia aku copiin resepnya ya dari mba Laras :

Ayam Betutu 

Bahan: 
1 ekor ayam utuh, belah tengah 1 bh jeruk nipis, ambil airnya utk melumuri ayam ( aku pakai ayam pejantan
100 gram daun singkong, rebus lalu peras, potong-potong 
Daun pisang secukupnya 

Bumbu halus: 
12 butir bawang merah 
6 siung bawang putih 
2 lembar daun salam 
3 batang serai, ambil putihnya 
6 lembar daun jeruk 
15 buah cabe merah, buang bijinya 
6 butir kemiri sangrai 
2 cm lengkuas 
4 cm kunyit 
5 cm jahe 
1/2 sendok makan terasi, bakar 
1 sendok makan ketumbar, sangrai 
2 cm pala 
3 cm kencur 
2 sendok teh mrica butiran
Gula garam secukupnya 

Cara membuat: 
Tumis bumbu sampai harum dan matang. 
Lumuri ayam yg tlh dibersihkan dan sdh dilumuri air jeruk nipis dgn bumbu secara merata di bagian luar dan bagian dalam ayam. 
Sisa bumbu dicampurkan dengan daun singkong. 
Masukkan daun singkong dalam perut ayam, semat dengan tusuk gigi. 
Bungkus ayam dengan menggunakan daun pisang, lalu kukus sampai matang, kurleb 2 jam dengan menggunakan api kecil. 
Setelah matang, angkat ayam dan bakar di atas bara api sebentar (15-30 menit) dengan masih terbungkus daun pisang. Bolak balik agar ayam terbakar merata. 
Buka daun pisang dan sajikan ayam betutu dengan sambal matah. 

Sambal Matah 

Bahan: 
6 buah cabe merah keriting, iris halus 
10 butir bawang merah, cincang 
3 siung bawang putih, cincang 1 sere, iris halus 
2 lembar daun jeruk, iris halus 
1/4 sendok teh lada hitam,bubuk 
3 sendok makan air jeruk nipis cabe rawit, gula garam sesuai selera 

Cara membuat: 
Bungkus tangan dengan plastik, campur semua bahan sambal sambil diremas-remas sampai berair. Siram dengan sdikit minyak goreng yg sudah dipanaskan.



2 comments :

  1. Pengin banget yah makan makan masakan yang mantabs seperti ini hehehe

    ReplyDelete
  2. Aslm mb didi..kalo misal dipanggang..brp lama..trs daun pisang aja kh atw dibungkus aluminium foil?matur nuwun mbake...anak saya luahaappp...;)

    ReplyDelete