Friday, December 11, 2015

Ayam Menado



Buat aku yang lidah Jowo..sudah pasti suka menu yang gurih manis. Tapi..sesekali mencicipi masakan versi lain dari suatu daerah itu..sungguh..jadi petualangan rasa yang menarik. Banyak citarasa unik yang bisa di cicipi, memberikan gambaran ke lidahku..bahwa masakan yang enak tak hanya masak yang gurih manis..hihi. Seperti hari ini..aku masak Ayam Menado..kiriman resep dari mba Linda. 

Resep ini resep andalan ibu Mertua mba Linda yang asli Menado. Menu ini jadi andalan keluarga beliau jika sedang menjamu tamu di rumah, dan selalu di sukai tamu yang datang. Tapi uniknya,  nama resepnya nggak baku masakan apa gitu yang khas Menado. Ibu mertua mba Linda hanya menyebut nama masakan ini, Ayam Menado. Kalau dari bumbu dan bahan, aku kira ini mirip menu Ayam Woku..yang khas Menado juga. Tapi ya sudahlah..apapaun namanya..yang jelas ini masakan dari Menado..dan rasanya enak..hihi. Aku suka citarasanya..gurih..pedas..siap menghabiskan sepiring nasi dech. Jadi buat penggemar pedas..mari merapat kemari.

Tadi sebelum masak..sempat WA mba Linda nanyain apa itu bawang prih..ternyata itu adalah batang daun bawang. Eh..lha kok waktu masak..karena udah kelaperan mencium aroma Ayam Menado yang sedep..lha kok lupa masukin daun bawangnya..hahah. Aku ingatnya cuma kemangi yang masuk terakhir. Jadi maaf ya mba Linda..daun bawangnya ketinggalan masuk..udah kadung di foto..hihi. Gara-gara buru-buru pengen segera nyicip ayamnya...:D

Tapi beneran..aku suka citarasa ayam Menado ini..enak..! Gurih dan pedas, serta harum aroma kemangi semerbak menggoda selera. Di jawa...daun kemangi biasa di buat lalapan atau paling pepes aja jika di campur masakan. ternyata enak ya di masak sekalian..jadi next time aku akan sering masak daun kemangi nich...mumpung musim hujan, benih pohon kemangi yang mati kemarau kemaren sudah pada numbuh lagi. Kemangi kan bagus, banyak manfaatnya.

Oke..buat penggemar pedas, selamat mencoba...Ayam ala Menado ini ya..:) Ini dia resepnya aku copiin dari kiriman mba Linda.


Ayam Menado
Bahan :
Ayam setengah kilo

Bumbu halus:
5 bawang merah
4 bawang putih
6 cabai merah
10 cabai rawit merah (klo mau versi pedas)
7 buah kemiri goreng
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
Sedikit terasi

Bahan:
4 batang serai
3 daun salam
2 daun jeruk
2 ruas laos
1 batang bawang prih
3 buah daun bawang
1 ikat kemangi
 
Cara memasaknya:
1. Ayam digoreng setengah matang dulu. Lalu tiriskan.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi agar bau kemirinya ngga langu. Soalnya kan kemirinya banyak.. 😊
3. Setelah bumbu halus yang ditumis wangi.. serai yg dimemarkan.. daun jeruk. Masukkan garam dan gula pasir secukupnya. daun salam.. laos.. dimasukkan.. ditumis lagi sampai wangii..
4.Setelah itu ayam dimasukkan.. lalu diaduk sampai bumbunya merata.. lalu tambahkan air sampai ayam hampir mau terendam.( kira-kira 300 ml )
5. Setelah itu masak dengan api kecil sampai sampai kental..
6. Trakhir masukkan rajangan kasar bawang prih dan daun bawang.. lalu diaduk..koreksi rasa.
7. Setelah itu yg trakhir daun kemangi dimasukkan.. diaduk sebentar dan diangkat.


 

14 comments :

  1. Mba di batang bawang prih seperti apa ya tampilannya...hehehehe

    ReplyDelete
  2. bawang pre kayaknya, mbak. Yang biasanya dibuat isiannya martabak asin pinggir jalan itu lho, mbak Ditha.

    ReplyDelete
  3. Bawang prih itu batang bawang daun

    ReplyDelete
  4. Yummyyyyy... Pengen coba ahhhh.. Makasih mba diah 😚

    ReplyDelete
  5. Udah coba Mbak Di, enak pake bangetsss...jadi kepikiran kalo pake ceker dan ditambah pete lebih sedap lagi kali ya. Diet tinggalin dulu....he..he. Ibu Fenny Tangerang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya bun....wah iya enak ceker pakai sensasi krikit-krikit ya..:D

      Delete
  6. Mbak Diah, sdh saya coba kemarin. Enak beraroma! Bisa jadi pilihan spy tdk bosan ayam goreng, ayam kecap.... Tapi saya tambah sedikit gula pasir, mbak. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  7. Hmm ayamnya sdh dicoba bu segeerr pedaas cocok di makan dg nasi panas..

    ReplyDelete