Thursday, December 3, 2015

Bakwan Jagung Pedas Aroma Kencur



Hari ini mau buat jajanan lagi buat tukang yang kerja di rumah. Hemm..buat tukang aja kok repot ya..tinggal beli jajanan di pasar atau pinggir jalan. Begitu kali ya pikir  orang lain. Tapi beneran aku udah kapok je beli jajanan pinggir jalan itu..udah mahal..kadang rasanya kok asal-asalan gitu ya teman-teman. Jadi selain sayang...aku juga nggak tega kasih makanan yang rasanya begitu-begitu saja ke orang-orang yang udah bantu kita seharian..di suruh apa aja mau. Akhirnya ya tetep..walau repot ya aku pasti buat jajanan sendiri. Biar cepat, biasanya aku pilih jajanan yang mudah dan enak. Paling sering sich gorengan. Tapi walau cuma gorengan..di banding beli di pinggir jalan..100 persen lebih enak, jika kita buat snediri kok teman-teman.

Nah..aku jadi ingat beberapa teman kemaren kirim resep, walau bukan khas suatu daerah, tapi resep jajanan atau gorengan favorit keluarga. Baiklah..kan sayang jika tidak di coba dan di posting. Jadi menu-menu ringan seperti ini, jika aku coba dan enak..akan tetap aku posting ya..pasti bermanfaat juga. Tapi nanti khusus yang nggak khas daerah ini penilaiannya sendiri di akhir bulan ya..jadi yang per minggu di nilai tetep yang khas daerah dulu. Jadi biar tetap ke posting semua, yang menu mudah dan ringan gini aku selipkan aja postingannya untuk variasi.

Menu kali ini simple..unik..dan enak. Bakwan jagung aroma kencur dan pedas rasanya. Aku pertama mikir, wah..kombinasi bumbu yang nggak biasa untuk bakwan jagung. Tapi aku malah jadi penasaran, dan setelah aku coba..ternyata..enak banget lho..hihi. Untuk penyuka pedas seperti aku..tentu saja ini bakal jadi gorengan favoritku juga. Rasanya jadi ada sensasi kemepyar pedas waktu menikmati bakwan jagung ini, tanpa harus nyeplus cabe rawait lagi. Rasanya enak..gurih..pedas, manis jagungnya..hemmm..tanggung jawab dech mba Wati..aku nggak mau berhenti nyemil ini..hahah. Tadi aku kasih ke tukang juga suka. Beneran..menu ini layak aku simpan di web ini..enak..mudah..murah meriah dan unik. Bisa jadi peluang usaha juga teman-teman nich..ide baru kan..bakwan jagung pedas..:D


Oke..ini dia resep dari mba Wati yang kata beliau di dapat dari Buliknya..makasih mba resepnya..enak banget. Aku copiin resepnya dari email mba Wati ini ya, plek..nggak aku ubah. Paling aku tambah sedikit kaldu ayam untuk penambah rasa gurih. Bakwan jagung ini krispi juga bagian luarnya, karena di tambah tepung beras dan ngga pakai telur adonannya. Tips dari aku, pilih jagung manis yang segar ya teman-teman, beli di pasar atau tukang sayur tuch..pasti fresh, jadi terasa manis jagungnya. Jagung manis, jika sudah di simpan di kulkas beberapa hari akan berkurang manisnya.

Bakwan Jagung Pedas Aroma Kencur ( Resep Buliknya mba Wati )

Bahan:
3 tongkol jagung manis, sisir kasar
2 batang daun bawang, iris halus
4 buah cabe rawit, iris tipis (jumlah bisa disesuaikan, kalau tidak suka pedas tidak usah pakai tidak apa2, kalau yg hobby pedas bisa ditambah :)   )
3 butir bawang merah
1 butir kecil bawang putih
2 ruas jari kencur
1 sdt ketumbar
1/4 sdt merica butiran
garam secukupnya (kira2 1 sdt, bisa dikoreksi dulu rasanya sebelum adonan digoreng nanti) Aku 1/2 sendok teh kaldu ayam *Alsultan plus garam secukupnya
10 sdm tepung terigu protein sedang
1 sdm tepung beras
air secukupnya (adonan jangan terlalu encer supaya bakwannya bisa gendut2)
minyak goreng agak banyak untuk menggoreng (usahakan bakwan sampai terendam spy hasil gorengan cantik dan kress)

Cara membuat
- haluskan ketumbar, merica, bawang merah, bawang putih, dan kencur
- campur bumbu halus,garam,sisiran jagung, irisan daun bawang, dan irisan cabe
  rawit, aduk rata
- masukkan tepung terigu dan tepung beras, aduk rata
- tambahkan air, aduk rata (adonan jangan terlalu encer supaya adonan tidak   
  'mbleber' waktu digoreng
- goreng sesendok-sesendok (pakai sendok makan) sampai habis
- bakwan jagung siap dinikmati :)



11 comments :

  1. Sangat suka banget sma dadar jagung tapi paling ngak suka bau kencur aneh gitu yaa mbak :D

    ReplyDelete
  2. Saya biasa bikin bakwan jagung model kencur gini mba dan kutambah daun jeruk jdnya sedep.Klo pake bumbu merica kdg malah eneg:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama mbk indah, kl d Lamongan resep dadar jagungny jg gt mbk pakeg tambahan daun jeruk biar lebih harum, tp jagung dan cabenya d alusin jg trus gk pakek air hihihihi

      Delete
  3. Wah .. Sepertinya enak .
    Tapi sayang suamiku gak suka bau kencur .

    ReplyDelete
  4. Mbak Diah, coba ditambah kunci enak lho, kunci lbh byk dr kencurnya jd ada aroma seger

    ReplyDelete
  5. Sejak kecil yg aq tau, bakwan ya ngga pedas :-) ,,,aq nemu bakwan pedas di kampung suamiku di tuban, kalo ngga salah namanya ote-ote,, emang enak mba, seger, ada bau wangi kencur n pedas, apalag di makan panas2... Fotonya menggoda banget.....kebayang pedasnya hehehe...

    ReplyDelete
  6. rizka ibue kayla kanayaDecember 4, 2015 at 3:08 PM

    suka bikin bakwan jagung pedas tp tanpa kencur, wenak lho

    ReplyDelete
  7. Kalau resep Alm Ibuku, bakwan jagung ini suka dikasih potongan udang. Enak juga lho, mba Diah

    ReplyDelete
  8. Kl saya pake kunci mbak (resep dari ibu saya) ^_^

    ReplyDelete
  9. Kl saya pake kunci mbak (resep dari ibu saya) ^_^

    ReplyDelete
  10. waww...makasih mb Diah..sudah berkenan melirik resep kirimanku,seneng bangeeett...apalagi mb Di cocok sama rasanya... Alhamdulillah.... Penampakannya juga persis plek sama yg biasa kami buat. BTW maap ya mbak, lama banget aku gak main ke blog-nya mb Di, sekalinya nengok ke sini eh bakwan jagungku tnyata mejeng di dapur mb Di... :) Sukses terus ya buat mb Diah

    ReplyDelete