Google Ad

Sunday, December 6, 2015

Ayam Goreng Sunda


Ayam goreng lagiii...hihi. Maaf ya teman-teman..soalnya yodha request Ayam goreng lagi..jadi pilihan menu untuk hari ini ayam lagi dech. Besok Yodha mulai test..jadi pengen masakin yang benar-benar dia suka..! Apa itu..ya Ayam Goreng pastinya. Kemaren ke supermarket..dia langsung angkut satu ekor ayam kampung..hihi. Nah..kebetulan banyak juga yang kirim resep ayam goreng, jadi aku pilih satu lagi..yaitu resep Ayam Goreng Sunda...kiriman mba Tami yang asli Sunda.  Pertama baca resep ayam goreng ini..aku kira mirip ayam goreng kuning pada umumnya. Ternyata beda lho. Ayam goreng Sunda ini nggak pakai ketumbar di bumbu halusnya, tapi pakai banyak rempah, seperti jahe, dan lengkuas yang di haluskan. Rasanya jadi gurih dan komplet bumbunya. Yodha suka banget..katanya lebih enak daripada beli di warung tenda ayam goreng Sunda langganan kami.

Rasa Ayam Goreng Sunda ini cenderung gurih, tapi tetap aku kasih sedikit gula pasir untuk penyeimbang rasa ya mba Tami..hihi. Tapi aku sengaja nggak pakai gula merah..soale takutnya jadi Ayam goreng Jawa Tengah yang gurih manis. Buat kami yang biasa makan ayam goreng manis yang pakai gula merah lumayan banyak, ayam goreng gurih versi Sunda ini bisa jadi alternatif varian rasa baru. Suka dech. Apalagi di padu sambal dadak yang seger dan pedas. Enak..! 

Tips agar ayam goreng agar empuk di dalam, nggak alot..jangan terlalu lama menggorengnya ya teman-teman. Aku aku dapat tips dari penjual ayam goreng Sunda langgananku. Kalau aku beli ayam goreng buat di bawa pulang aku selalu goreng sendiri biar masih panas. Katanya kalau menggoreng di celup minyak panas aja..sebentar, lalu angkat. Jadi ayam gorengnya masih moist empuk dan warnanya tetep kuning cantik. Tapi kalau punyaku karena pakai sedikit gula, di goreng tetep ada sedikit *shiny kecoklatan..hihi. 

Okeh..langsung saja ya ini dia resepnya teman-teman :)

Ayam Goreng Sunda ( Resep Kiriman Mba Tami )

Bahan :
1 ekor ayam kampung ukuran sedang
2 lembar daun salam
1 sereh, geprek
800 ml air
1/2 sendok makan   garam ( sesuai selera )
1 sendok teh gula pasir ( tambahanku sendiri )

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri sangrai
2 cm jahe
1 cm lengkuas
4 cm kunyit
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Campur ayam dengan semua bumbu dan air
Tutup rapat dan ungkep dengan api kecil hingga air habis ( jangan lupa koreksi rasa di tengah waktu memasak agar tahu kurang asin atau tidak )
Angkat ayam, dinginkan 

Siapkan sambal dadak terlebih dahulu sebelum menggoreng ayam :
5 cabai merah
5 cabai rawit
2 butir bawang merah
1 butir tomat kecil
1 sendok teh terasi bakar
1/2 sendok teh gula merah ( sesuai selera )
1/4 sendok teh garam
Cara membuat sambal :
Ulek semua bahan, cicipi rasanya hingga pas
Goreng ayam sebentar saja di minyak yang sudah dipanaskan
Sajikan hangat dengan sambal dadak dan aneka lalapan sesuai selera, serta tahu tempe goreng   jika suka.


3 comments :

  1. Salam kenal mba diah,resepnya boleh.dicoba nih.kebetulan td beli ayam tp ayam negri.ya ngkpp deh.sy bosen sejak tinggal.di wonogiri seringnya makan ayam bacem..dan sy ngk pernah buat ayam goreng.maklum dulu kerja.skrg jd irt,ngurus 2 anak,yg satu masih 2 thn.kdg masak ditunda at disambi haha.makasih resepnya ya mba.sy sering baca resep mbak.dan suka menu nya

    ReplyDelete
  2. nyammmeehh!! aku suka coba resep ayam mba didi lo...

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel