Thursday, December 17, 2015

Sambal Lele Kemangi


Dingin..hujan gerimis dari pagi tapi awet. Nengok rice cooker nasi udah matang. Tapi kok belum masak lauknya..hihi. Aku jadi ingat kemaren beli lele, belum jadi aku goreng. Rencana kemaren mau mencoba resep kiriman mba Ririn dari Surabaya. Tapi kok udah masak Ayam Bekakak juga, akhirnya lelenya di simpan dulu dech. Walau sebaiknya..lele lebih enak segera langsung di goreng setelah mati ya teman-teman..agar citarasanya masih manis dan gurih. Tapi kalau cuma lewat sehari dan langsung masuk freezer sich nggak apa-apa juga. Akhirnya..menu sarapan yang sangat simple..enak dan cepat membuatnya. Resep kiriman mba ririn ini berbahan utama Lele..namanya Sambal Lele Kemangi. Aku penasaran, karena belum pernah membuat sambal berbahan lele. 

Resep ini merupakan resep warisan dari Nenek mba Ririn, yang hingga sekarang masih di masak ibunda beliau dan jadi menu favorit di rumah. jadi ceritanya..dahulu di keluarga nenek mba Ririn keluarga besar, jadi dengan di buat sambal ini, jadi bisa di bagi rata gitu lelenya ke semua anggota keluarga. Wah..sama mba..aku yo pernah ngalamin di keluarga besar   gitu..karena aku saudara bertujuh, jadi dulu masih ingat kalau kecil, goreng ikan kuthuk satu ekor besar gitu, di potong-potong jadi 7, biar kebagian semua..haha. Masak kecil yang indah, walau sederhana..makanan apa-apa memang terasa nikmat..soalnya harus berbagi.

Setelah aku mencoba Sambal Lele kemangi ini..enak lho..rasanya gurih banget. Karena memang citarasa lele itu gurih alami dari sononya..jika masih seger. Di bumbu garam aja udah gurih..apalagi di sambel bawang yang pedes, dan di bejek harum aroma kemanginya. Di makan pas hujan-hujan gini..bersama nasi anget ngepul..hemmm...enak..! Pedas gurih memanjakan lidah..hihi. Ok..biar nggak pada penasaran rasanya..yukk..cobain..menu ini ya..pas banget sama musimnya..musin hujan...jadi musim laper terus nich..hihi. Ini resepnya aku copiin dari kiriman mba Ririn ya :

Sambal Lele Goreng Kemangi

Bahan sambal :
- 2 ekor lele sedang (iris menjadi 2 bagian)
- 2 genggam kemangi
- 1 buah bawang putih (bisa digoreng atau tidak)
- 10 buah cabai rawit
- Garam secukupnya
Bumbu untuk menggoreng lele :
- 2 buah bawang putih
- 1 sendok teh ketumbar
- 2 cm kunyit
- Garam sedikit saja (karena nanti disambalnya sudah pakai garam)
- Sedikit air untuk menyelupkan ikannya ke bumbu

Cara membuat :
- Haluskan bumbu lele goreng, masukkan lele, celup-celupkan lele ke bumbu sampai merata lalu goreng lele sampai matang, setelah lele dingin, suwir-suwir lele, sisihkan
- Haluskan bawang putih, cabai dan garam sampai halus
- Kemudian masukkan kemangi dan ulek kasar (jangan sampai halus)
- Terakhir masukkan lele suwir dan ulek kasar sampai lele dan sambal tercampur rata


5 comments :

  1. kalau kemangnya di ganti bisa gak mbak?

    ReplyDelete
  2. Aduh aku paling ga pinter suwir2 ikan. Selalu ada aja tulang kebawa hiks.. ada cara mudah ga buat suwir2 ikan. Atau lele nya di ganti ikan lain enak gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti ikan cue atau ikan keranjang ya enak mba :)

      Delete