Tuesday, December 15, 2015

Bothok Rempelo Ati


Bothokkkkk ( baca Bothok biasa ya..hihi )...aku kok suka banget ya. Menu ini sehat..karena di kukus..tapi rasanya itu enak dan tetap sedep berbumbu kuat rempah, pedes dll..komplet. Jadi sebenernya menu sehat itu tetep bisa enak lho..bikin aja menu aneka pepes dan bothok gini..di jamin..tetep ngabisin nasi..hahah. Gak jadi sehat dong ya. Tenang..bisa ganti nasi merah kok. 

Bothok...ternyata banyak banget macamnya...aku udah beberapa kali bikin varian bothok ya kiriman teman-teman..enak-enak semua. Nah..kali ini tak kalah unik, bothok Rempelo Ati resep kiriman dari mba Lusi Widarto. Sudah aku coba mba..manteb dech bothoknya. Resep ini kata mba Luis adalah resep andalan ibu mertua beliau. Pertama mba Luis kira bakalan amis, karena ati ampela kan agak amis, setelah mencicipi bothok buatan ibu mertua beliau, jadi suka dech mba Luis sama rempelo ati, padahal biasanya nggak suka. Karena di masak  bothok ini, rempelo atinya jadi harum rempah nggak ada amisnya. Dan memang begitu..sudah aku buktikan..nggak amis sama sekali lho..enak..sedep aja..aku habis 2 bungkus je mba Luis sekali makan..aku gado aja..haha.


Bothok Rempelo Ati ini unik, karena memakai telur, jadi setelah matang, jadi kental menyelimuti bothoknya. wuih..tambah enak. Aku suka dech. Jadi nggak berkuah atau basah bothoknya, tapi jadi menyatu..karena memakai telur. Aku pakai rempelo ati ayam kampung, jadi rempelonya aku presto dulu agar empuk. Kalau atinya sich cepat matang, jadi nggak perlu. Kalau resep mba Luis langsung aja semua dari mentah, campur bumbu dan bahan lain, lalu di bungkus daun dan di kukus. Oh ya..biar nggak bocor, selipkan palstik tebal di antara 2 lembar daun pembungkusnya, maka telur nggak bakal lari ke mana-mana dan cantik menyelimuti  bothoknya.

Oke..jika suka aneka pepes dan bothok, cobain yukk teman-teman..respe kiriman mba Luis ini..aku copiin ya resepnya...:

BOTOK AMPELA ATI "
 
Bahan

5 buah ampela ati iris sesuai selera 
2 buah telur
4 buah cabe hijau iris serong
4 buah tomat hijau iris sesuai selera
6 lembar daun salam sebagai alas
4 lembar daun jeruk sobek kecil2
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu Halus

8 buah bawang merah
4 buah bawang putih
3 buah kemiri
5 buah cabe rawit atau sesuaikan selera
2cm lengkuas
2cm kunyit
1cm kencur
1 sdt ketumbar halus
Sedikit terasi
Gula Dan Garam Secukupmya

Cara Membuatnya

Bersihkan ampela ati potong sesuai selera 
Campur ampela ati dengan bumbu halus cabe hijau, tomat hijau dan daun jeruk
Kocok telur campurkan ke adonan ampela ati
Siapkan daun pisang  untuk membungkus alasi bawahnya dengan daun salam
Ambil adonan 2 sdm bungkus sematkan dengan tusuk gigi
Setelah adonan terbungkus semua kukus selama 30 menit
Angkat sajikan dengan nasi hangat




7 comments :

  1. Masya Allah,mantepp ya diselimuti telur.Kebayang gurih dan wanginya bumbu2+daun pisang.Alhamdulillah, terimakasih Mbk Lusi dan Mbk Di..Bersyukur bngt bahan2 nya mudah didptkan.Jerohan ayam dr toko daging halal milik org Maroko,Turki,dll.Barokallohu fikum.(Salam dari Omi van Obien).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bunda OMi..enak di nikamti hangat-hangat di musim hujan ini..:) Selamat mencoba ya :)

      Delete
  2. Wowww... mantap mb.Diah hasilnya memuaskan sama kayak aq kalo bikin persis gak beda sama sekali terima kasih banyak mb.Diah seneng ngeliatnya, semoga bermanfaat bagi temen2 yang lain juga terimakasih...(^_^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Luis..mksh juga kiirman resepnya..enyakkk,..! :D

      Delete
  3. Wah ngiler. Mbak Lusi dan Mbak Diah makasih sharing resepnya. Dimakan anget-anget pas musim hujan, enaaak.

    ReplyDelete
  4. Mbak di mau tanya nih, masakan seperti apa yg bs disinpan di frezer? buat persiapan nanti orangtua sy datang mau liburan nengokin cucunya. Kebetulan sy masih kerja, takutnya ga sempet masak kl pagi. Makasih

    ReplyDelete
  5. Mbak di mau tanya nih, masakan seperti apa yg bs disinpan di frezer? buat persiapan nanti orangtua sy datang mau liburan nengokin cucunya. Kebetulan sy masih kerja, takutnya ga sempet masak kl pagi. Makasih

    ReplyDelete