Tuesday, December 8, 2015

Pindang Maranjat

 

Masih melanjutkan icip-icip kuliner menu ikan dari luar Jawa. Kali ini kita cicipin Pindang Meranjat yuk teman-teman. Masakan khas Sumatra Selatan ini kiriman mba Riri. Kata beliau ini merupakan menu favorit keluarga. Pindag ini mirip sama pindang bandeng kalau di Jawa, tepatnya dari Betawi. tapi bedanya, kalau Pindang Meranjat ini memakai ikan Patin, sedang Pindang Bandeng Betawi pakai ikan bandeng, dan ada uniknya, karena bumbunya di bakar dulu. Sedang pindang Maranjat ini bumbunya langsung cemplung ke kuahnya. Kalau rasanya..sama-sama enak dan seger. Jadi suka dech menu-menu ikan berkuah seperti ini. Lumayan bisa buat variasi menu jika lagi bosan sama menu ikan goreng atau ikan bakar.

Ikan Patin, adalah jenis ikan yang berdaging banyak dan nggak banyak durinya nich teman-teman..jadi cocok buat menu anak-anak. Apalagi jika di masak kuah seperti ini lebih sehat ya. Jika untuk anak-anak, mungkin jumlah cabenya saja yang di kurangi. Alhamdulillah dapat resep baru lagi olahan patin..secara selama ini jika ke pasar..kalau di tawari ikan patin oleh penjual ikan langganan..selalu lewat aja..hihi. Beda..jika di tawari ikan tenggiri..langsung dech..berhenti dan semangat melihat ikannya..bagus atau tidak. Jadi buat mba Riri...makasih banyak kiriman resepnya....enak dan seger rasa pindangnya.

Tapi jika nggak suka ikan patin, bisa juga tak kira di ganti ikan bandeng ya mba Riri..:)..*ngarang. Kayak aku kemaren..karena waktu aku masak ikan Pallu Mara kuahnya abis, ikan bandengnya masih..aku campur aja ke kuah Pindang Meranjat..hihi..enak juga kok..waktu di panasin. Kan masih setipe masakannya..hihi. Jadi buat lauk sore, Pindang Maranjat..isian dari Ikan Pallu Marra..hahah. Bingung nggak teman-teman..?..Gak usah bingung..nggak penting kok..buat di bingungin..semua enak..:D

Oke..ini dia resep Pindang Meranjat kiriman mba Riri..selamat mencoba jika suka ya teman-teman..:)

Pindang Meranjat

Bahan :
1 kg ikan patin
250 gram bawang emrah
15 buah cabe merah
2 - 3 butir gula merah bulat kecil
5 batang daun bawang, potong-potong
3 cm kunyit
1 sendok makan terasi ( aku bakar dulu sebentar )
2 buah tomat
3 batang sereh
3 cm lengkuas
1 genggam asam kandis ( aku asam Jawa )
1 buah nanas kecil
Daun kemangi secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuat :
Potong ikan patin, lumuri dengan setengah bagian nanas yang di parut agar ikan tidak amis
Haluskan bawang merah, cabai rawait, cabe merah, terasi, kunyit, geprek lengkuas dan sereh
panaskan air setengah panci ( kira2 2 liter ), masukkan bumbu, asam, gula, sereh, lengkuas, tomat. Didihkan hingga bumbu matang.
Setelah mendidih dan bumbu matang, masukkan ikan patin dan nanas . Masak hingga ikan empuk. Koreksi rasa sudah pas belum.
Masukkan daun bawang dan kemangi. Siap di sajikan.



5 comments :

  1. Hmmm lezaat sy jg penggemar patin daging nya lembuut, tp mba didi itu bawang merah nya harus seperempat ya apa ga kebanyakan mba hehehe....

    ReplyDelete
  2. Bawang merah sebanyak itu bisa bikin soto ikan hahahaa...

    ReplyDelete
  3. Bawang merah di sesuaikan selera mba2..kalau resep asli kiriman mba Riri segitu..jadi Sy nggak ubah di tulisannya...:)

    ReplyDelete
  4. Ak ga suka ikan patin mba diah. Jd kalo dirumah bunda suka masak pindang nya pke ikan nila. Enak kokkk. Tp saran jangan gunain ikan laut. Sebaiknya pke ikan air sungai gitu. Biar aroma pindang nya ga berubah hehe

    ReplyDelete
  5. Terima kasih banyak mbak Didi untuk resepnya. Sudah dipraktekin, enak banget cocok dengan selera saya.. dan ternyata gak susah ya bikinnya.. -nina-

    ReplyDelete