Sunday, December 20, 2015

Udang Masak Sedap Wangi


Masak-masak lagi yuk teman-teman. Kali ini resep kiriman dari mba Deny. Mba Deny berasal dari Blitar Jawa Timur. Nah..saat ini lagi mengadu nasib di negeri orang, tepatnya di Hongkong, sebagai assisten rumah tangga. Nah..ceritanya mba Deni punya resep andalan keluarga nich...warisan dari Ibunda beliau. Selama kerja di Hongkong, mba Deny juga sering masak menu ini untuk keluarga di tempat mba Deny kerja, dan ternyata di sukai keluarga di sana. Sampai-sampai..kalau ada acara keluarga atau pesta, menu ini pasti di request agar mba Deny buat untuk mereka. Dan kata mba Deny..memang menu-menu Indonesia..malah di sukai keluarga tempat mba Deny kerja di Hongkong. Wah..sipp dech..semangat ya mba..semoga bisa segera menyelesaikan kontrak kerja dan bisa berkumpul lagi dengan keluarga tercinta ya di Blitar.

Resep kiriman mba Deny ini namanya Udang Masak Sedap Wangi. Setelah aku coba..memang wangi aromatik gitu. Khas..ada aroma serai, daun jeruk, dan kemangi. Serta rasa pedas dan gurih manis, dari udang segar..hemm..enak lho ternyata. Pertama baca resep aku agak bingung, karena memakai santan, tapi memakai saus tomat juga..tapi setelah aku coba..masih nyambung kok rasanya..pedes seger dan gurih campur jadi satu..:) Aku jadi suka masakan berkuah yang di cemplungin kemangi sekarang..jadi tambah sedep.

Kunci memasak masakan udang berkuah itu...sebaiknya memakai udang yang masih seger ya teman-teman, agar citarasanya manis dan gurih, nggak amis. Memasak udang juga jangan terlalu lama, jadi masukkan terakhir aja, lalu masak sebentar, jadinya udang akan empuk..manis dan enak..nggak alot atau sepo. Udang yang kurang segar, jika di masak akan muncul bercak-bercak hitam di ekornya. Coba dech cek, kalau makan di restoran dan udangnya ada bercak-bercak hitam, itu pertanda, udang yang di pakai udah nggak segar lagi. Kalau udang segar, di masak seperti ini nich..mulus, warna orange cantik..dan nggak ada bercak-bercak di ekornya kan.


Oke..yang mau coba,  silahkan..catat resep kiriman mba Deny ini ya :)

UDANG MASAK SEDAP WANGI
Bahan: 
250 gram udang ukuran sedang,kupas buang kepala dan belah punggungnya
1 batang serai (memarkan)
1 cm kunyit bakar dulu diatas kompor, haluskan
2 siung bawang putih haluskan
8 buah cabai rawit haluskan (bagi yg suka pedas bisa ditambah)
3 lembar daun jeruk
2  lembar daun salam
1 buah tomat
3 sendok makan saus tomat
Kaldu bubuk,garam,gula secukupnya
Kemangi secukupnya
Santal kental 50 ml
Cara Membuat :
Tumis bawang putih sampai harum..tambahkan cabai halus,kunyit,daun jeruk
Tambahkan daun salam,tomat,saus tomat 
Tambah sedikit air ( kira2 100 ml )
Setelah mendidih tambahkan udang, garam, gula kaldu bubuk serta santan kental aduk rata.
Tambahkan kemangi, aduk rata.
Koreksi rasa, sajikan hangat.


5 comments :

  1. Waah gampang banget bikinnya ya Mb Didi..., kudu nyobain nih..

    ReplyDelete
  2. Wih mantep banget yaa sampai orang hongkong suka dimasakain masakan indonesia ini, santen gitu enak yaa mbak, mau besok2 trial masak :D

    ReplyDelete
  3. Udah praktek, sedeep bgt. Wangi daun jeruk + seger kemanginya mantaaap. Padahl tanpa kaldu bubuk loh.. Sukaaaa bgt.

    ReplyDelete