Thursday, December 24, 2015

Sari Kacang Hijau Jahe


Hari ini libur masak dulu ya teman-teman. Dari tadi malam sibuk..ada acara di luar, terus ponakan datang dari luar kota, jadi seharian tadi jalan ke sana kemari. Terus sampai rumah masaknya sup iga, favorit ponakan. Jadi udah pernah aku posting kan..jadi besok ya, baru aku lanjut menu give awaynya.

Sekarang kita buat minuman dulu ya. Kita buat sari kacang hijau sendiri yuk teman-teman. Dari pada beli kan mahal yo. Kalau beli sendiri, selain lebih hemat, juga leih fresh, dan bisa di buat baru terus, tanpa was-was pemanis buatan atau pengawet. Aku suka nyetok minuman sari kacang hijau ini di rumah, Jika masuk kulkas bisa tahan beberapa hari kok. Tapi sebaiknya jangan lebih dari 3 hari ya, karena kan ini fresh tanpa pengawet.

Takut minum yang manis-manis ?..Jangan khawatir, sekarang ada Gulanas, Gula Tebu cair yang lebih sehat. Karena gula ini langsung di proses cair, jadi lebih sehat, kandungan  unsur dalam gula : Fruktosa, Glukosa, dan Sukrosa masih komplet. Kelebihannya..karena masih terdapat ketiga bahan tersebut dan alami, maka menurut penelitian gula cair ini tidak akan memicu gula darah. GULANAS ini di produksi oleh PT. GULA ENERGI NUSANTARA, perusahaan lokal Jawa tengah dengan berbagai produk gula yang sudah terjamin kualitasnya.Gulanas ini sekarang mudah di temui di supermarket, seperti Carefour teman-teman.

Gulanas gula tebu cair ini, fungsinya sebagai pengganti gula pasir biasa. Ini juga bersih, dan praktis banget. Jika mau buat minuman, tinggal tuang dech..jadi kayak simple syrup gitu lho teman-teman. Misal untuk membuat es teh, es jeruk, jus, dll..jadi lebih cepat dan praktis,  karena lebih mudah larut.

Aku buat minuman sari kacang hijau ini juga pakai Gulanas, praktis dan enak, nggak terlalu menggigit gigi manisnya. Hasil sari kacang hijaunya jadi cantik dech..berwarna kehijauan soft alami. Rasanya juga manteb..rasa kacang hijau yang khas berpadu aroma jahe dan pandan..enak...seger, apalagi jika sudah di dinginkan di kulkas..hemm...nggak perlu beli sari kacang hijau kemasan lagi dech sekarang.

Oke..teman-teman yang mau coba, silahkan ya, ini aku share resepnya :

Es Sari Kacang Hijau jahe Gulanas

Bahan :
250 gram kacang hijau, cuci bersih, lalu rebus hingga empuk
300 ml Gulanas
5 sendok makan gula pasir
2 lembar daun pandan
50 gram jahe, bakar, kupas, memarkan
Garam 1/2 sendok teh

Cara membuat:
Blender kacang hijau dengan di tambah 1500 ml air, saring
Rebus air saringan kacang hijau dengan gula, garam, daun pandan dan jahe, dengan api kecil hingga mendidih. Koreksi manisnya..udah pas atau belum.
Dinginkan. Sajikan dingin atau simpan di botol tertutup dan taruh kulkas..sari kacang hijau bisa bertahan hingga beberapa hari.


4 comments :

  1. Alhamdulillah, terimakasih Mbk Di,jangan ragu unt sharing resep/ide sesederhana apapun.Insya Allah bermanfaat. Bnyk fans/silent readers:) .Alhamdulillah sdh niat mau bikin rempeyek kc hijau,msh ada lebihnya unt minuman sehat yg terlupakan ini.Krn Gulanas jauh jangkauannya,di skip ganti madu dr peternakan lebah di daerahku.Ditunggu dingin dulu,baru dimasukkan madunya.Alhamdulillah sbgai tambahan asupan gisi di musim dingin ini.Jazaakillah khoir.(Salam dari Omi van Obien).

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah konsumsi gulanas. Segeer ya sari kacang hijaunya, Mbak. Taruh di kulkas bntar, tambah segaar. :D

    ReplyDelete
  3. halo mba diah...mau share dikit ya...glukosa dan teman2 nya itu meningkat kan gula darah mbak, jadi sama saja seperti konsumsi gula pasir biasa. semoga membantu.

    ReplyDelete
  4. Dear Mbak Elly Yuliana, sekedar informasi untuk produk gulanas adalah gula cair dari tebu yang masih mengandung 3 serangkai; yaitu: Glukosa, Fruktosa dan Sukrosa. Jika 3 unsur tersebut masih bersama-sama maka tidak memicu IG (index glikemik) atau bisa dikatakan tidak memicu gula darah dan ini sudah melalui uji lab oleh Gulanas. Tetapi jika mereka berdiri sendiri-sendiri, glukosa (gula singkong) akan menimbulkan obesitas, fruktosa (gula jagung) bisa menimbulkan masalah jantung dan sukrosa (gula pasir) menimbulkan kadar gula dalam darah tinggi. Perlu diketahui, yang bisa dikristalisasi adalah sukrosa, sementara glukosa dan fruktosa akan dalam bentuk cair. Dalam proses produksi gula pasir, glukosa dan fruktosa atau yang disebut dengan mollase yang merupakan sisa produksi gula dimanfaatkan untuk produksi lain, misalnya: bioethanol. Semoga informasi ini membantu.

    ReplyDelete