Wednesday, December 2, 2015

Crackers Isi Tape


Menu snack ringan selingan dari aku ya teman-teman..biar nggak bosan dengan menu masakan terus. Tadi pas kebetulan buat snack untuk tukang yang kerja di rumah. Seperti biasa..*gresek-gresek ( cari sisa-sisa bahan )..cari apa yang ada di kulkas. Dan ketemulah...tape mentega yang aku beli di supermarket beberapa hari lalu. 

Beberapa hari lalu pas lihat tayangan di tivi ada liputan tentang biskuit tape. Aku kira tuch snack model baru apa gitu..ternyata setelah melihat cara pembuatannya, ternyata hanya biskuit crackers yang di isi tape dan di goreng. tapi uniknya..menggorengnya nggak di lapis adonan tepung seperti jika aku buat Crackers isi, tapi langsung di goreng aja..setelah di isi. Aku pikir apa nggak lumer tapenya. Tapi lihat di tivi aman-aman aja..aku jadi penasaran untuk mencobanya. Dan ternyata aman-aman saja, tetap utuh biskuit dan isian tapenya. Kuncinya, minyak harus benar-benar sudah panas ketika biskuit isi tape nya masuk ke minyak.

Hasilnya..enak..jadinya kayak prol tape goreng..hihi..kata pak Tukang yang kerja di rumahku. Tips dariku, gunakan tape yang benar-benar manis dan keset. Jadi aku pilih tape jenis mentega ( tape kuning ). Biasa bisa di dapat di supermarket tuch..di kenal juga dengan tape madu. Itu keset, dan nggak terlalu berair...dan rasanya manis legit beraroma kuat tapenya. Agar nggak berminyak isinya, campur tape dengan sedikit tepung terigu dan sedikit garam. Jika tape sudah manis, nggak perlu gula. Jadi cicipi dan sesuaikan sendiri ya..mau manis alami dari tape atau pakai tambahan gula. kalau aku karena tapeku udah manis, jadi nggak perlu gula lagi.


Okey, ini dia resepnya, mudah banget..:)
Crackers Isi Tape

Bahan :
8 buah crackers tawar
250 gram tape mentega
Sejimpit garam ( dikittt aja..seujung jari..hihi )
1 sendok makan munjung tepung terigu

Cara Membuat :
Campur tape, tepung terigu, garam, aduk rata. Koreksi rasa..kurang manis atau tidak.
Ambil satu buah crackers, isi dengan adonan tape
Tutup dengan satu buah crackers lain
Padatakan dan rapikan pinggirnya
Panaskan minyak hingga benar-benar panas dengan api sedang
Masukkan crackers isi
Goreng sebentar saja hingga kecoklatan luarnya agar tidak gosong.
Jangan di bolak balik agar tidak menyerap minyak.
Cukup balik sekali, goreng sebentar angkat dan tiriskan di tisu dapur.



16 comments :

  1. Itu jajanan warung kesukaanku mba Di... dulu tetanggaku punya warung dan suka bikin sendiri biskuit tape, biasanya gak sampe ditaruh di warung sudah habis duluan dibeli tetangga..hehe. Kalau di jakarta setahuku warung2 sebagian besar pada jualan tuh biskuit tape, sengaja ada yg titip jual. Karena penasaran pernah aku beli dan rasanya kurang enak..mungkin pengaruh dari minyak gorengnya jg kali ya. Aku jg pernah nyoba bikin sendiri mba...resepnya persis seperti punya mba Diah tapi aku tambahin terigu dan sedikit SKM... dinikmati sambil nyruput kopi pahit klop deh.. hehe ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..jadi memang namanya biskuit tape ya mba..hihi. Di sini jarang yang jual..makanya waktu lihat di tivi namanya biskuit tape tak kira tuch makanan beda lagi..hihi.

      Delete
  2. Wah siip. Aq suka tape singkong. Suka beli cracker juga. Mau coba deh...thx tips nya ya mah..

    ReplyDelete
  3. enak bener... saya suka tape crackers ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..buatnya juga super mudah ya..:)

      Delete
    2. crackers tawarnya mba pake yg merk apa mba diah....??

      Delete
  4. Mba diah... kotak searchnya emang lagi gak bisa dipakai ya.. soalnya kmrn2 uda nyoba,ttep gk bs disearch.. lagi pengen nyoba resep jajanannya mba nih... xixixixii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya je mba..aku mau cari ya nggak bs kmrn..mau kasih link ke temen..coba dari google aja mba..misal..mau cari resep pastel. Di google..ketik aja...*Pastel Diah Didi* gitu. Kalau dari google selalu bs,,nanti muncul linknya..di klik dech,

      Delete
    2. Oo gt ya mba... alhamdulilah msh ad cara cepet yg lain buat nyari resepnya mba diah.. soalnya kadang kalo masak suka bingung mau masak ap, biasanya lsg ketik disearchnya mba.. hehehe

      Delete
    3. Oo gt ya mba... alhamdulilah msh ad cara cepet yg lain buat nyari resepnya mba diah.. soalnya kadang kalo masak suka bingung mau masak ap, biasanya lsg ketik disearchnya mba.. hehehe

      Delete
  5. Mbak..kalo biskuit tape banyakan di jakarta,tp pas di batureto wonogiri sini namanya mangkrik,isinya wortel kentang,daun bwg.terus kl dah diisi biskuitnya dilapisin telur kocok pake terigu dikit gt,enak loh.makan pake lombok..coba deh mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya mba..kalau yang isi gurih aku suka banget itu..seperti pastel ya..aku sering buat juga..tapi versi yang isiannya banyak..kayak ragout pakai susu, dll..kapan2 coba yang ndeso isi tumisan wortel dama kentang dech..:)

      Delete
    2. Ok mb.nanti di post ya..lagian irit bahan kl lg gak ada susu ;-)

      Delete
  6. ahh, opsi lain menyajikan tape nih. Secara suamiku suka banget tape dan selama ini cuma digoreng campur terigu aja. Terima kasih idenya, mba Didi

    ReplyDelete
  7. mba.. menteganya dmasukinnya pas kapan??

    ReplyDelete