Friday, December 18, 2015

Ayam Bekakak Khas Sunda


Menu Ayam lagi..nich Yodha lagi suka ayam...jadilah harus kreatif mengolah ayam. Biar nggak bosan. kali ini menu selingan ala aku sendiri ya teman-teman bukan resep give away, ini ayam Bekakak ala Sunda. Ayam Bekakak ini biasa di sajikan di acara istimewa. Intinya seperti ayam bakar bias di ungkep dulu bumbu komplet ada pedasnya gitu dan pakai santan, Keistimewaan ayam bekakak ini karena di sajikan dalam kondisi utuh, jadi lebih menarik gitu. 

Membuat ayam bekakak ini mengungkepnya jangan terlalu lama, agar tidak remuk dan bentuknya masih utuh gitu. Jika terllau lama mengungkep, nanti jadi kurang cantik penampilannya. Tapi agar bumbu-bumbu tetap meresap, maka mengungkepnya harus pakai api kecil ya teman-teman. Santan juga secukupnya saja,, hingga ayam hampir terendam, jadi nggak perlu waktu berjam-jam agar kuah mengental menyelimuti ayam.

Rasa ayam bekakak ini enak sekali, gurih, manis dan pedas. Tapi karena untuk Yodha..aku hilangkan pedasnya sedikit, Tetap pakai cabai, tapi bijinya aku buang, jadi ada rasa cabai, tapi ngga terlalu pedas gitu. Jadi buat teman-teman yang nggak suka masakan pedas, begitu ya, caranya menghilangkan rasa pedas cabe. Karena rasa pedas cabe itu terdapat dalam kandungan bijinya. 

Untuk aya bekakak ini lebih enak menggunakan ayam kampung ya teman-teman agar citarasanya bertambah gurih manis alami. Atau bisa juga pakai ayam pejantan. Namun jika mau pakai ayam biasa, pilih ukuran yang agak kecil agar penampilannya tetap cantik. Oke dech..ini dia resepnya ya...semoga bermanfaat buat teman-teman yang mau nambah koleksi menu ayam untuk menu harian..atau mau buat acara bakar-bakaran di tahun baru..hihi. Bakar ayam maksudnya ya..bukan bakar yang lain..:D

Ayam Bekakak

Bahan :
1 ekor ayam kampunga tau pejantan
1000 ml santan kental
3 lembar daun salam
3 cm lengkuas
1 batang serai
50 gram gula merah
1 sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera

Bumbu halus :
12 butir bawang merah
4 siung bawang putih
6 butir kemiri sangrai
1/2 sendok makan ketumbar sangrai
2 cm jahe
2 cm lengkuas
6 buah cabai merah besar, buang biji ( jika mau pedas paai cabai nmerah keriting secukupnya )

Cara Membuat :
Masukkan semua bahan ke dalam panci, tutup rapat dan masak dengan api kecil hingga kuah mengental dan habis menyelimuti ayam. Jangan lupa koreksi ras di tengah waktu memasak. Dinginkan ayam terlebih dahulu sebelum di bakar.
Bakar di atas bara api atau panggang dengan teflon sambil di oles sisa bumbu.




4 comments :

  1. hemmm bikin laperr ayamnya , bun bikin talua pecah masak lemak dong , soalnya kalo aku bikin poacheegnya pasti ga bagusss kalo udahh masuk santanya ,dicoba y bun biar bisa nyontek hihihi salam kenall dr akuu di wonosobo :)

    ReplyDelete
  2. Kalo ayamnya pakai ayam negeri bisamba? :)

    ReplyDelete
  3. Mba diah, ini gimana caranya biar ayamnya bisa gepeng gt??

    ReplyDelete
  4. Udah tak coba mbak. Ibu q seneng. Wenak rasane mbak :D

    ReplyDelete