Saturday, December 19, 2015

Bakwan Daun Singkong Dan Tahu


Menu selingan dulu ya teman-teman. Karena aku belum belanja bahan-bahan. Dari pagi mendung gerimis, mau ke pasar kok malas. Akhirnya sepagian malah bersih-bersih dapur basah bawah. Gara-gara mba artku yang suka naruh barang di tumpuk-tumpuk..bingung dech..kalau nyari alat-alat aku. Akhirnya ngalahin nata sendiri dan milah-milah barang sendiri tadi..tau-tau udah siang aja tadi. Eh belum masak. Ya udah..akhirnya buat makan siang beli Sop ayam aja..lanjut bersih-bersih sampai jam 2 an tadi..hihi. *Sukses nginem seharian..* karena mba art ku hari ini nggak datang.

Tapi ya..memang..cari art yang serba bisa seperti kita itu ya nggak bakal ada..jadi kalau aku..kuncinya saling pengertian aja. Karena kalau kita cari yang sempurna malah nggak dapet ya repot sendiri keteteran kerjaan rumah. Walau suka teledor dan suka lupa naruh barang, misal..sendok garpu sudah sering ku minta taruh kembali ke tempat jika sudah di cuci, ya nggak di lakukan, jadi kadang-kadang sendok garpu unik kecil-kecil properti fotonya suka ilang..huhu. Yo wislah..yang penting dapat art jujur dan lugu tuch udah bersyukur aku. Yang penting ada yang nyapu halaman rumah aku yang luas. Soalnya paling malas aku nyapu halaman..hihi.

Walah..malah curhat soal mba art..hihi. Moga ndak baca mbake artku nich..hahah. Peace ya mba..! I love you apa adanya dech.....:D. Soalnya kemaren habis tak kasih smart phone kecil, katanya jadi suka buka internet mba artku..hihi.

Okeh dech, menu selingan hari ini gorengan favorit di rumah..Bakwan daun singkong dan tahu. Yodha dan papinya suka banget. Aku juga dong. Resep bakwan ini mudah banget..bisa pakai adonan bakwan biasa, tinggal di cemplungin daun singkong rebus dan tahu yang di iris kecil-kecil ya teman-teman, atau pakai adonan mendoan juga enak. aku kadang malah pakai tepung mendoan yang aku jual..praktis..hihi.

Jadi kuncinya agar bakwan daun singkong ini bisa kriuk, adonan tepungnya sedikit saja, sekedar cukup membalut daun singkong dan tahunya. Jadi nanti ketika di goreng, daun singkongnya bakal renyah kriuk.Adonan seperti ini ya teman-teman, jangan terlalu lembek ya..nanti nggak bisa cantik bentuknya dan nggak bisa kriuk.


Hasilnya..cantik kan bakwannya, bisa keriting lucu..hihi. Menggorengnya juga di minyak terendam dan agak banyak ya, agar matang sempurna hingga bagian dalam. Di makan hangat-hangat sambil nyeplus cabe rawit..hemm..enak banget. Pilih tahu yang gurih ya teman-teman..biar lebih enak. Jangan yang tahu pasar yang asam ya..nanti merusak rasa semua..hihi.


Bakwan Daun Singkong

Bahan :
250 gram daun singkong yang udah di rebus, peras airnya, potong-potong, 2 buah tahu, potong kecil-kecil
150 gram tepung terigu protein rendah 
100 ml air ( secukupnya )
1 siung bawang putih, haluskan
1/4 sendok teh ketumbar, haluskan
1/4 sendok teh gula pasir
1 sendok teh  kaldu bubuk
Garam sesuai selera

Cara membuat :
Campur semua bahan kecuali daun singkong dan tahu, aduk rata dengan sendok saja, jangan di uleni dengan tangan ya..nanti alot bakwannya. Masukkan daun singkong dan tahu, aduk rata
Goreng di minyak yang di panaskan hingga matang kering.
Sajikan hangat


Oh ya..sekalian kasih pengumuman..buat teman-teman yang pesan tepung kentang, yang kemaren kehabisan tepung kentang flakesnya, sudah ready lagi nich. Wa atau sms aja ke 089654712500 jika mau order ya..:)

4 comments :

  1. Halo mbak diah..btw daun singkong bisa ganti yg laen gak..bayam misalnya..coz hubby-qu gak bisa makan daun singkong..tjanks mbak b4..sherly liphandika

    ReplyDelete
  2. Halo mbak diah..btw daun singkong bisa ganti yg laen gak..bayam misalnya..coz hubby-qu gak bisa makan daun singkong..tjanks mbak b4..sherly liphandika

    ReplyDelete
  3. Mba kalo pake tepung terigu protein sedang bisa ga?

    ReplyDelete