Monday, December 28, 2015

Telur Kukus


Alhamdulillah bisa posting dua menu hari ini. Menu kedua Give away, kiriman mba Rika..dari Kalimantan. Menunya telur kukus, yang kata beliau merupakan menu yang terkenal di masyarakat Tionghoa di Kalimantan Barat. Hemm..unik dech..aku taunya telur kukus ala Korea, yang mirip-mirip gini, tapi taburannya daun bawang. Jadi iseng tadi biar nggak sepi..aku taburi daun bawang juga selain ebi..hihi. Maaf ya mba Rika..nyalahin aturan..:D

Telur kukus ini unik..karena bukan hanya telur di kocok, terus di kukus gitu aja ya..tapi telurnya di campur air terlebih dahulu, jadinya setelah di kukus itu jadi lembut banget, mirip kembang tahu, dan nggak amis lho. Telur kukus ini paling enak di nikmati ketika masih hangat, jadi aku tadi buatnya dadakan sore waktu udah gelap, pas suami pulang, jadinya fotonya rada burem dikit gak apa-apa ya teman-teman. Soalnya di rumah pecinta telur kan suami..nah..aku test rasa ke suami..katanya enak..dan suka. Jadi buat penggemar telur..rasa telur ini lembut, soft dan netral aja..gurihnya dari tumisan ebi dan bawang. Aku cicip sedikit tadi memang lembut sekali. Jadi cocok juga nich buat menu anak-anak teman-teman pastinya. Mungkin topping bisa di ganti kali ya jika anak-anak kurang suka ebi, mungin ganti daging cincang tumis, atau sosis, dll..pasti enak juga.

Walau judulnya telur kukus, tapi cara masaknya lebih seperti di tim. Jadi adonan di letakkan di panci tahan panas, dan di letakkan langsung di air yang mendidih, jadi akan lebih cepat matang. Jika di kukus biasa, lebih lama matangnya...karena adonan telurnya kan cair.

Oke..jika suka menu selingan bergizi buat keluarga..cobain yuk teman-teman...bukan buat lauk tapi ya..karena kurang cocok jika buat lauk...:D Oke, aku copiin resepnya langsung dari mba Rika ya.....selamat mencoba..:)


Telur Kukus

Bahan:
2 butir telur
200 ml air
2 sdm udang ebi kering, rendam hingga lunak, tiriskan
2 siung bawang putih
Garam secukupnya
Merica secukupnya

Cara Membuat:
- Masukkan telur ke dalam mangkuk, aduk dengan menggunakan garpu. Tambahkan air, aduk rata. Beri garam dan merica.
- Masukkan mangkuk ke dalam dandang, beri air sebatas tinggi 1/2 mangkuk. Tutup dandangnya. Kukus selama 10 menit.
- Cincang udang ebi dan bawang putih. Tumis cincangan ebi hingga harum, tambahkan sedikit garam. Tuang ke atas telur kukus yang sudah matang.
- Sajikan.


14 comments :

  1. Kykny ckup simple y mb buatny tp gak pny mgkok anti panasny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai mangkuk apaa aja yang penting keramik mba :)

      Delete
  2. mbak, kalau ditim saat airnya mendidih, airnya muncrat2 ke mangkok telurnya gak ya?

    ReplyDelete
  3. Wah ini makanan favorit saya, alm nenek pasti masak ini kalau bikin kue dan bacang karena banyak sisa putih telur. Putih telur saja ditambah jamur cincang udah enak... Nyaam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..mksh infonya..wah putih telur aja juga bisa ya..sipp bisa buat alternatif jk lagi punya stock putel byk ya..:)

      Delete
  4. Hmmm...simple & sepertinya enak, patut dicoba nih mba Di..^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..menu selingan ringan yang bergizi..:D

      Delete
  5. wah kayak chawan mushi ya mba..

    ReplyDelete
  6. Kl disini (jpn) namanya cawan Mushi, airnya pake kaldu ikan dan diisi seafood atau ayam dan jamur shitake. Ada versi Indonesia dan keliatannya enak juga. Kapan2 saya coba. Makasih Mba Didi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh infonya mba, kapan-kapan ku coba juga :)

      Delete
  7. Mba klo pake mangkok alumunium foil gtu bisa gak yaa

    ReplyDelete
  8. di tambahin kecap asin waktu ngukusnya enak mb...cocok buat balita yaa.

    ReplyDelete