Saturday, December 5, 2015

Ayam Pop


Menu minggu ini campur-campur dulu ya teman-teman..menyesuaikan bahan yang ada di freezer. Tadi mau ke pasar..eh kok udah siang. Suami musti tenis pagi-pagi...pulang siang, jadi pasti udah nggak dapat apa-apa jika ke pasar. Jadinya tengok  freezer aja, masih ada 1 ekor ayam kampung beli di supermarket. Jadi menunya ayam lagi ya teman-teman. Kali ini menunya jauh asalnya..nyebrang ke Sumatra Barat, kiriman dari mba Dita. Nama menunya..Ayam Pop. Sudah pernah coba Ayam Pop teman-teman ? Pasti sudah ya..di beberapa resto Padang ada ya menu ini. Aku sich kayaknya dulu pernah makan..tapi lupa rasanya. Seingatku ayamnya putihan gitu. Dan setelah baca resep dari mba Dita, baru tau..ternyata memang cara masaknya sederhana banget, dengan bumbu minimalis. 

Pokoknya..buat teman-teman yang biasa malas mengulek bumbu rempah buat ayam goreng..bikin ayam pop ini pasti happy..hihi. Karena nggak ada acara mengulek bumbu segala. Bumbu utama Ayam Pop ini adalah air kelapa. Bumbu lainnya hanya garam, gula, merica dan sedikit cuka aja..udah..gitu aja..simple banget kan. Menurut mba Dita yang aslinya Jawa Barat dan bersuamikan orang Sumatra, menu Ayam Pop inilah menu yang paling mudah di kuasai waktu belajar masakan Sumatra dari Ibu mertua beliau. Dan serunya..Ayam Pop olahan tangan mba Dita ini..justru jadi salah satu menu favorit keluarga besar suami di Padang jika ada acara keluarga.



Tapi memang..asal ayam kampung, di masak apa aja pasti enak. Seperti tadi..aku masak Ayam Pop mendadak sebelum waktu makan siang..jadi terasa enak dan fresh. Suamiku suka banget..Yodha juga lahap makannya. Ayam Pop ini memang rasanya sederhana saja..gurih manis alami rasanya ya dari citarasa ayam kampungnya. Di lengkapi dengan sambal petai yang unik dan fresh. Aku suka dech sambalnya itu unik. Kata mba Dita..cara membuat sambalnya urutannya harus sesuai resep ya teman-teman..kalau nggak nanti hasilnya beda kata beliau. Tapi sambalnya itu memang unik dan seger fresh rasanya. Lumayan bisa buat alternatif sambal nich, jika lagi bosan sambal tumis yang manis ala Jowo..hihi. Kapan-kapan coba sambal seperti ini, tapi pakai terasi ahh..hihi..pasti unik..!


Okeh dech..buat yang suka menu ayam simple dan mudah..cobain yukk ayam pop ini. Saran aku..jika bisa pakai ayam kampung ya..agar rasa gurih dan manis alami ayam lebih terasa. Ini dia resep kiriman mba Dita..aku copiin ya..makasih mba..jadi nambah ilmuku tentang aneka jenis resep ayam khas daerah.

Ayam Pop ( Resep Kiriman Mba Dita )
o   Bahan Bahan :
§  1 Kg Ayam
§  2 Butir air kelapa muda
§  Cuka
§  Gula Putih
§  Garam
§  Merica
§  Bahan utk sambal nya :
§  6 siung Bawang putih geprek dan iris halus
§  2 buah tomat di iris 4
§  8 buah cabe keriting yg di haluskan
§  1 papan petai muda
§  Air secukup nya
o   Cara Memasak :
§  Masukkan Ayam yg sudah di bersihkan ke dalam rendaman air kelapa diatas api sedang
§  Masukkan 1 sendok teh cuka, 1 sendok makan gula pasir, ¼ sdt merica dan ½ sdt garam ( aku suka gurih, jadi 1 sendok teh tadi garamnya..)
§  Biarkan sampai air hampir habis dan ayam berubah warna menjadi putih
§  Matikan api
§  Sediakan minyak goreng (secukup nya sampai kira kira potongan ayam bisa terendam) dan nyalakan di api sedang
§  Setelah minyak panas, masukkan ayam tadi sebentar saja (5 detik) dan langsung angkat. Ayam Pop ini tidak dalam keadaan kering ataupun basah,,,lembab lembab gimanaaa gtu tapi cukup gurih dengan air kelapa nya sendiri
o   Cara Membuat sambel :
§  Panaskan 5 sdm minyak
§  Masukkan bawang putih sampai harum
§  Masukkan tomat yg sudah di iris sampai layu
§  Masukkan cabe keriting halus
§  Masukkin air putih secukup nya
§  Beri Garam secukupnya
§  Masukkan petai dan kecilkan api sampai air sedikit menyusut


9 comments :

  1. ayam pop..can not tahan mbk!!!,terlebih plus nasi lemak,bestlah..masa tk ada aym kmpung,biasanya kami pakai aym bulat mbk..itu ayam yg dah kopek semua kulitnya..

    ReplyDelete
  2. Mbak resepnya kok kepotong ya... ada kalimat yang nggak selesai di bagian cara memasak :) Bisa minta tolong diedit? Pengen nyontek niii keknya gampang banged. Hehehe. Makasih Mbak Didi udah berbagi :)

    ReplyDelete
  3. Mbak Didi, ini ayam anyep yang biasanya ada dipenjual bubur ala kampung pagi-pagi bukan sih? Kok tampaknya mirip ehehe...

    ReplyDelete
  4. hmmm...ngiler nih,,simple sangat ya bumbu na mb,,klo ibu aku prnah bkin jg,,,tp ttp aja dikasih bawang merah putih,,,hihi...endess jg tp...*bunda CheRa

    ReplyDelete
  5. kalo pakai ayam negri bisa ga mba?

    ReplyDelete
  6. Mbak Didi, aq barusan eksekusi resep ini step by step g ada yg terlewat. Tp knp ya pas diungkep dgn air kelapa jd kecoklatan? G bs putih ya Mbak.. smp di protes "ini mah bkn ayam pop".... hiks... ada yg salah kah Mbak dlm prosesnya?

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. MbDidi...salam kenal, saya sudah coba beberapa resep dari mbakDidi, Ayam Pop, Steak Crispy, Siomay, dll, anak dan suami sukaaaaa....hihi...jadi semangat tuk cobain lagi lainnya, terimakasih mbak sudah berkenan share ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba diah, sayam kenal ya :)
      aku udh coba bbrp resepnya mba diah (tumis tempe, tongseng, ayam pop), dan semuanya suamiku suka. malah ayam pop ini dibilangnya lebih enak drpd di rumah makan padang :D
      makasih mba udh share resep2 makanan aku jadi semangat masak menu br terus nih nyontek dr resepnya mba diah hehe

      Delete