Monday, December 7, 2015

IKAN MASAK (PALLU MARA)


Tadi pagi udah masak pagi-pagi..eh kok ya baru sempat posting jam segini..harap maklum ya teman-teman..kalau hari Senin lembur packing, karena ketumpukan orderan hari Minggu. Pagi tadi aku udah masak 2 macam menu ikan..dua-duanya dari luar Jawa. Yang pertama resep kiriman mba Siti Lestari. Beliau asli Jawa..tapi sekarang tinggal di Makassar. Resep ikan ini..namanya Ikan masak ( Pallumara ). Resep aslinya dari art mba Siti yang asli orang Bugis. Olahan ikan ini sering di masak art mba Siti untuk menu makan siang anak-anak di rumah, akhirnya jadi salah satu menu favorit keluarga. Ikan masak ini, salah satu menu masakan Bugis yang di terima lidah Jawa mba Siti..hihi. Aku jadi penasaran dech rasanya. 

Setelah aku coba, memang rasanya itu ringan..dan seger. Serta nggak amis lho..walau ikannya di masak dengan bumbu minimalis. Buat teman-teman yang baru belajar masak..nich menu simple, cara memasaknya mudah dan rasanya enak banget, seger. Yodha aja suka tadi. Pertama sich dia malas-malasan..makan ikan yang di masak kuah gini..hihi. Biasa di goreng kan gurih ya ikan..pakai sambel. tapi setelah tahu rasanya, dia jadi suka. Memang..kalau di Jawa ikan cenderung lebih banyak di goreng kering dan di makan bersama sambel. Sementara jika di luar pulau Jawa, banyak ikan di masak dengan berbagai macam variasi masakan. Hemm..jadi penasaran mencoba aneka olahan ikan lain dari luar Jawa nich. 

Tips agar ikan di masak kuah nggak amis, lumuri terlebih dahulu dengan air jeruk nipis ya teman-teman. Dan sebisa mungkin, gunakan ikan seger, yang baru beli. Jangan yang udah masuk freezer berhari-hari, kadang aroma kesegarannya berkurang. Jadi..jika mau masak ikan kuah begini, ngalahin ( menyempatkan diri ) ke pasar pagi-pagi..pasti masih dapat ikan seger, terus langsung di masak dech. Jadi citarasa masakan ikannya nggak bakal amis dech. Yang paling aku suka dari masakan ini, bisa di nikmati semua keluarga, karena cabainya di utuhin, jadi nggak pedas kuahnya buat anak-anak, sedangkan orang tua yang suka pedas, tinggal nyeplus cabe rawitnya dech..hihi. Aku suka ranjau cabe rawitnya yang banyak..jadi pedas seger banget.

Okeh..ini dia resep kiriman mba Siti ya teman-teman..selamat mencoba, semoga bisa menambah varian menu resep harian untuk keluarga di rumah ya.:) Tips dari mba Siti, jika tidak habis, sisa ikan yang di masak ini, bisa di goreng esok harinya, rasanya semakin enak.

 

IKAN MASAK (PALLU MARA)
Bahan :
2 ekor ikan bandeng, potong masing2 3 bagian (bisa juga diganti ikan kembung atau ikan layang)
1 buah tomat (potong2)
Daun kemangi (resep asli tidak pake, modifikasi saya saja)
1 buah jeruk nipis
Bumbu :
4 buah bawang merah, iris
2 buah bawang putih, iris
10 Cabe rawit, biarkan utuh
1/2 sdt garam
1 sdt gula
Penyedap (optional) ( aku pakai 1/2 sendok teh kaldu )
1/4 sdt kunyit bubuk
5 sdm air asam jawa
200 ml air

Cara memasak :
1. Bersihkan ikan, jangan lupa buang ingsangnya. Lumuri dengan air jeruk nipis untuk 
    menghilangkan bau amis
2. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan air.
3. Setelah itu masukkan kunyit bubuk, air asam dan ikan
4. Jika sudah mendidih, masukkan gula dan garam.
5. masukkan daun kemangi, cabe rawit utuh, masak dengan api kecil dan biarkan hingga ikan
    masak
6. Terakhir, goreng bawang merah hingga harum dan berwarna kecoklatan.
6. Masukkan bawang merah goreng ke dalam kuah ikan. Koreksi rasa.
7. Ikan masak siap dihidangkan

6 comments :

  1. Hmmm... simple banget bikinnya, ditambah kemangi jadi tambah segerr... sepertinya harus dicoba nih mba Diah.. ^_^

    ReplyDelete
  2. Met sore mba didi..aq dah bnyk Baca resep masakan mba didi smuAnya mantap..aq jd penasaran dng produk yg mba jual..aq pingin pesen macem2 tepung yg mba jual,perbungkusnya brp ya..?

    ReplyDelete
  3. lebih enak kalo ikan kakap mba, durinya sedikit

    ReplyDelete
  4. Ini menu setiap hari di rumah kami bugis makassar...

    ReplyDelete
  5. mba diah yg ditumis cm bwg putih aja?bwg merah dimasukkan terakhir sbg taburan?

    ReplyDelete
  6. sy biasa pakai ikan tongkol/tuna trs di tambahin daun serai/sereh tambah enak...

    ReplyDelete