Thursday, December 10, 2015

Soto Kuning Bogor



Lanjut yukk masak-masak menu Nusantara teman-teman. Kali ini kita mau pelesir ke Bogor. Ngomong-ngomong Bogor udah sering hujan belum ya ? Nich lagi galau..Yodha libur akhir tahun pengen ke Bandung atau ke Bogor..kalau mau ke Bogor sering hujan..kan sayang ya..hihi...soalnya tujuan utama pasti wisata alam..kalau Bogor. Sama mau nyicip Soto Kuning Khas Bogor. Tapi jika nggak jadi ke Bogor ya nggak apa-apa..soalnya udah ada yang kirim resepnya nich, jadi sudah nyicil nyicip Soto kuningnya duluan tadi..buat makan siang..:D

Soto kuning khas Bogor ini kiriman mba Dian dari Bogor. Sepintas mirip sama Gulai ya teman-teman. Tapi percayalah..ini enak dan seger. Soalnya waktu makan di kucuri air jeruk nipis, sambal rawit yang banyak, serta tambahan kecap sedikit..hemmm..beneran enak. Rasanya seperti Soto Betawai tapi versi kuning..hihi. Untuk isian juga harusnya komplet, daging dan aneka jerohan, tapi karena aku cuma punya tetelan dan kikil, ya aku pakai itu aja. Sebelunya kikil aku rebus terpisah agar kuah soto nggak amis, baru setelah itu di rebus sama santan dan bumbu bareng tetelan. Jika pakai jerohan lain, juga di rebus dulu ya teman-teman, agar aromanya nggak amis kuahnya.

Akhirnya bisa mencicipi menu khas Bogor ini. Kata mba Dian..menu ini banyak di jual di Bogor, dan menjadi salah satu icon wisata kuliner di Bogor. Ada beberapa warung Soto Kuning yang terkenal di Bogor. Hemm..mudah-mudahan nanti bisa mencicipi langsung di sana ya mba Dian. Tunggu keputusan Yodha dech..mau liburan ke mana nanti..jangan-jangan malah cuma minta ke Yogya..hahah.

Okeh dech yang suka menu daging berkuah..Soto Kuning khas Bogor iniu layak di coba..enak..! Ini dia resepnya ya..aku salin dari kiriman mba Dian.

Soto Kuning Khas Bogor

bahan :
250 gram daging bagian tetelan, potong-potong
250 gram jerohan campur, babat, iso, ati ( rebus dulu hingga setengah empuk ), potong-potong
1500 ml santan kental
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun jeruk, buang tulang
2 cm jahe, memarkan
1 sendok teh air asam Jawa
2 sendok teh garam ( secukupnya )
1 blok bumbu kaldu rasa sapi
1 sendok makan gula pasir

Bumbu halus :
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
1 sendok teh ketumbar sangrai
3 cm kunyit, bakar
1/4 sendok teh merica butiran

Pelengkap :
2 batang daun bawang, potong-potong
2 batang sledri, potong-potong halusEmping melinjo secukupnya
Sambal rawit, kecap, secukupnya 
Bawang goreng secukupnya

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
Masukkan daging dan jerohan
Masukkan santan dan semua bumbu lain
Masak hingga bumbu meresap dan daging empuk
Masukkan daun bawang dan sledri
Sajikan dengan nasi putih, dan pelengkap sesuai selera



11 comments :

  1. wah saya jadi kangen Bogor mb..,sy dulu kuliah di Bogor,sotonya bikin kangen masa-masa kuliah,
    Bogor kan kota hujan mb,kemungkinan sudah musim hujan ya, disini(jogja) hampir tiap hari hujan..
    sahla

    ReplyDelete
  2. Hihi..iya ya mba..nich Yodha ngajak ke taman safari..lha kok musim hujan..:D

    ReplyDelete
  3. Tq resep'y mbak.... Nanti coba bikin... Bisa'y cuma makan aja klo ke Bogor d soto kuning H yusuf..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..iya yg terkenal itu ya di Bogor :)

      Delete
  4. hampir tiap hari bogor ujan mbak, plus petir, hehe seru ....klo saya tetep sukanya soto bening, krn sy kan asli wong jowo. cm krn dapat suami orang bogor jd aja hijrah kebogor, hehe....hayuk mbak kabarin klo maen ke bogor ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nich masih galau mau ke mana Yodha mba..:D Wah kalau aku suka semua Soto mba..hihi..mau bersantan..bening..*penggemar Soto..*

      Delete
  5. Joss neh..
    mantap bener masakannya

    ReplyDelete
  6. Ass.MBA sblmnya sy fans berat MBA resep2 yg MBA Sajian benar2 Sgt bermanfaat terimakasih MBA Semoga Allah selalu melimpahkan Kesehatan utk MBA sekeluarga

    ReplyDelete
  7. sudah mulai hujan, kayanya nyobain resep sto kuningnya mba Diad Didi ini cocok banget. ijin nyontek resepnya ya mba . makasi

    ReplyDelete
  8. Salam kenal mbak diah,,saya kebetulan dari bogor,,Bogor skrg hampir tiap pagi hujan,,saya mau coba resep nya ah,,kebetulan pecinta soto kuning juga. Oya kalo mau icip soto bogor nanti cobain soto pak salam di sebrang apotik budiman di surken,ato ada juga soto a adam di bondongan deket jalan mau ke jungle waterpark. Selain yg 2 itu saya ga rekomen mbak,,

    ReplyDelete
  9. Hai mba Diah..salam kenal aku Jill. Aku sudah coba resep Soto Kuning ini, rasanya sedap sekali. Kebetulan saya waktu itu lagi kangen masakan Soto Kuning ibuku, lalu aku googling ketemu resepnya mba Diah ini. Resepnya aku recook dan aku post di blog aku. Semoga berkenan mampir ya mba, thanks :)

    jill-kitchenbaking.blogspot.com

    ReplyDelete