Wednesday, December 23, 2015

Mie Ongklok Ayam


Judulnya unik ya..Mie Ongklok Ayam..teman-teman. Aslinya sich resep kiriman Ummu Salma ini ya Mie Ongklok, tapi untuk membedakan dengan resep Mie Ongklok yang udah aku posting dulu, aku kasih judul Mie Ongklok Ayam. Mengapa demikian..karena Mie Ongklok kiriman Ummu Salma ini, memakai daging ayam yang di potong kecil-kecil, dan di sajikan bersama kuah mie ongkloknya. Sedang yang aku buat dulu..Mie ongkloknya nggak pakai ayam tapi di sajikan bersama sate daging sapi. Semuanya enak sich menurutku, jadi sesuaikan selera saja ya teman-teman.


Jadi..Mie Ongklok itu adalah kuliner khas dari wonosobo. Aku dua kali makan Mie Ongklok di Wonosobo, yang pertama di warung yang terkenal..yang dulu sering masuk tivi yaitu Mie Ongklok Longkrang, jika habis turun dari Dieng itu jika mau balik ke Semarang pasti akan melewati warung makan Mie Ongklok ini. Tapi dulu aku puny apengalaman kurang menyenangkan makan di sini..masak antri hingga satu jam..belum dapat juga Mie Ongkloknya karena pelayanannnya yang emot sementara pengunjung banyak..hihi. Akhirnya kenyang duluan makan mendoan dech waktu Mie Ongkloknya datang. Tapi Mie Ongkloknya enak memang di situ, Mie nya hanya isi mie dan kol serta kucai dan kuah kental bumbu ebi, lauknya baru pesan terpisah, sate sapi..hihi.


Yang kedua kali makan Mie Ongklok di warung tenda di pusat kota Wonosobo,  di sini Mie Ongkloknya juga hanya mie dan sayuran, sedang lauknya sama sate sapi juga..yang citarasanya gurih manis. Jadi begitu dapat kiriman resep dari mba Ummu Salma. Mie Ongkloknya pakai ayam kampung, wah perlu di coba nich, karena beda cara masaknya. Jadi kalau resep Mie Ongklok Ummu Salma ini, ayamnya langsung di masak bersama kuah. Jadi penyajiannya mirip Mie ayam, tapi kuah kental dan coklat. Ebinya juga nggak di sangrai dan di haluskan seperti jika di warung Mie Ongklok di Wonosobo, tapi langsung masuk kuah. Kalau di Warung Mie Ongklok yang pernah aku makan dulu, ebinya itu di jadikan bubuk dan di pakai sebagai toping Mienya..enak banget juga itu, jadi harum ebinya..lebih terasa. Jadi, silahkan sesuaikan selera ya teman-teman..mau buat toping atau di campur kuah, silahkan ebinya. Sama-sama enak kok.

Resep Mie Ongklok dari Ummu Salma ini adalah resep Kakak beliau, favorit keluarga dan di sukai banyak teman yang mencobanya. Tapi beneran, memang enak kok mba Mie Ongklok yang versi pakai Ayam Kampung ini, lumayan bisa jadi menu variasi nich untuk Yodha. Aku tanya dia tadi..enak..! katanya..:D

Oke..ini dia ya resepnya aku copiin dari resep Ummu Salma ini dan jangan lupa di temani mendoan bersayap lebih mak nyuss..hihi. Iya ..mendoan tapi tepungnya melebar, kalau aku bilang mendoan bersayap. Cara membuatnya nanti aku posting terpisah, ini beda sama mendoan biasa..:)


Mie Ongklok

Bahan:
500 gram ayam kampung, potong2 dadu, rebus di air dgn api kecil sampai empuk
Mie telor
3 biji bawang putih, ulek
1/2 sdt merica, ulek
3 sdm ebi
Gula secukupnya
Garam secukupnya
Kecap manis secukupnya
2 sdm meizena, larutkan dgn air
Bahan pelengkap:
Kol iris2
daun kucai iris2
Bawang goreng
Cabai rawit rebus

Cara memasak:

•panaskan minyak, tumis bawang putih dan merica sampai harum
•masukan ebi, masak sampai kering dan tercium aroma gurihnya ebi
•masukan ke rebusan ayam tadi
•aduk2, masukan gula garam dan kecap. Tes rasa
•tambahkan larutan meizena
•aduk terus, tunggu sampai meletup letup kemudian matikan api.
Cara meracik:
Pertama rebus kol dan mie, lalu diongklok ongklok dgn saringan bambu (kawat jg bisa), tata di mangkuk. Taruh ayam yg sudah dimasak tadi secukupnya, taburi potongan daun kucai, bawang goreng, dan cabai rawit rebus yg sudah diulek.. Mie ongklok siap dinikmati selagi hangat.






3 comments :

  1. bahannya sederhana ya gak rumit, coba ahh bikin buat hari libur besok :-)

    ReplyDelete
  2. kalo di wonosobo namanya tempe kemul mba, bukan mendoan hihi

    ReplyDelete
  3. kalo di wonosobo namanya tempe kemul mba, bukan mendoan hihi

    ReplyDelete