Google Ad

Friday, December 18, 2015

Baceman Bawang


Menu give away kali ini spesial..karena bukan berupa masakan..tapi bumbu dasar yang bisa di gunakan untuk membuat aneka tumisan dan masakan. Sebenernya..sudah dari beberapa waktu lalu mau mencoba membuat Baceman Bawang resep kiriman dari mba Ocha ini, tapi lupa terus...karena tertimbun jadwal masak menu lainnya. Baru kemaren setelah melihat bawang putih bagus-bagus di bakul bumbu langganan di pasar..jadi ingat Baceman Bawang yang unik ini harus segera di coba. Akhirnya aku coba dan berhasil. Lumayan mengobati rasa penasaran..setelah beberapa waktu lalu membuat tempoyak, tapi gagal..karena jamuran..hahah. Mungkin kualitas durennya yang belum matang banget kali ya. Lain kali aku coba lagi. Nah..kalau Baceman Bawang ini lebih mudah dan nggak perlu waktu lama...cukup dua hari sudah bisa di gunakan untuk memasak.

Membuat baceman bawang ini sangat mudah sekali. Bawang putih cincang, kemiri halus di campur dengan minyak dan minyak wijen, lalu di kemas di wadah kedap udara, diamkan dua hari, jadi dech. Baceman bawang ini..bukan bawang putih yang di bacem ya teman-teman..hihi. Tapi bawang putih mentah yang di fermentasi. Jadi Baceman bawang ini semacam bumbu dasar untuk tumisan, khas dari daerah mba Ocha Kediri Jawa Timur. Baceman Bawang ini, semakin lama di simpan, akan semakin kuat rasanya. Bisa di gunakan untuk aneka nasi goreng, mie goreng, tumisan dan masakan lain. Aku sangat penasaran rasanya. Dan hari ini, tibalah saatnya aku membuka Baceman bawang yang sudah aku buat 2 hari lalu.

Untuk uji coba pertama aku tadi buat nasi goreng aja  yang simple..wah...ternyata rasanya memang jadi lebih harum. Jadi Baceman Bawang ini di pakai untuk menumis bumbu nasi goreng, tentunya udah nggak perlu bawang putih lagi, karena sudah memakai Baceman Bawang ini. Hemm aromanya semerbak membuat perut lapar dech, waktu lagi menumis bumbu. Yodha yang udah laper langsung melongok ke dapur. "Masak apa Mi ?"..tanyanya..hihi. Aromanya itu khas ketika Baceman Bawang ini di panaskan teman-teman. Rasa nasi gorengnya jadi seenak jika pakai angciu lho. Tapi beda aroma ya..yang ini ya harum bawang. Wah..jadi nggak sabar mau mencoba aneka masakan lain memakai Baceman Bawang ini besok.

Karena membuat Baceman Bawang ini memakai bawang putih mentah, kuncinya agar aman, kata mba Ocha itu harus memakai bawang putih kualitas bagus yang masih segar. Jangan yang udah kisut-kisut atau menghitam sebagian ya teman-teman..itu udah jamuran bawangnya..kalau ada yang hitam. Cuci bersih, lalu keringkan hingga benar-benar kering. Jangan di goreng ya..karena kalau di goreng malah kurang kuat aromanya dan jadi tengik jika di simpan lama. Beda dengan bawang mentah yang di simpan lama di campuran minyak goreng dan minyak wijen ini, semakin lama di simpan, maka akan semakin enak dan kuat aromanya. Tapi tetap, kita sebaiknya kita membuat dalam jumlah sesuai kebutuhan saja ya teman-teman, takutnya kita sendiri kadang kan teledor, misal mengambil sebagian, lupa nutup atau menyimpan nya kurang bersih dll, takut ada masalah. Jadi lebih baik, bikin baru aja misalnya mau nyetok terus tiap minggu gitu. Waktu mengambil Baceman Bawang dari botol / wadah juga harus memakai sendok bersih dan kering ya.

Kayaknya aku bakalan sering nyetok baceman bawang ini dech di dapur. Pas kebetulan kemaren beli minyak wijen mahal..masih banyak. Aku memang kalau pakai minyak wijen cuma dikit, jadi pas ketemu resep mba Ocha ini, jadi bisa memakai minyak wijen mahal yang udah terlanjur kebeli. Jadi kata mba Ocha lagi, pakai minyak wijen kualitas bagus ya teman-teman agar rasanya makin sedep.

Waktu pertama aku buka, di toples Baceman Bawang ini seperti muncul gelembung-gelembung seperti foto di bawah ini. Tapi nggak masalah ya...namanya juga bumbu yang di fermentasi. Kata mba Ocha juga jika semakin lama di simpan, rasa bawangnya sedikit asam, itu tidak masalah, tapi nanti aromanya akan semakin kuat. Coba dech nanti aku simpan hingga seminggu, nanti aku laporkan lagi hasilnya ya teman-teman. Oh ya..Baceman Bawang ini harum banget aroma bawangnya, jadi jangan taruh kulkas ya..jika nggak mau semua makanan di kulkas bau bawang..hihi.


Nah..buat yang penasaran rasanya..cobain yuk..enak harum wangi bener, masakan yang memakai Baceman Bawang ini. Berikut resepnya aku copiin dari resep kiriman mba Ocha dari Kediri ya. Aku cuma buat 1/4 resep aja. Kapan-kapan jika habis, tinggal buat lagi.

BACEMAN BAWANG


Bahan:
400gr bawang putih
4butir kemiri besar
4sdm minyak wijen
600-750ml minyak sayur kualitas baik

Cara membuat:
-Kupas bawang putih,cuci lalu tiriskan hingga benar2 kering
-tumbuk kasar lalu sisihkan
-tumbuk kemiri sampai benar2 halus lalu campurkan ke tumbukan bawang putih
-letakkan adonan bawang ke toples yang bertutup rapat,campurkan dengan minyak wijen dan minyak sayur (untuk bnyaknya minyak sayur tergantung toples masing2 ya,jika nanti bawang masih bnyak tp minyaknya sdah habis bisa ditambahin minyak lg ke toplesnya)
-aduk sampai benar2 rata,pastikan bawang terendam sempurna
-tutup rapat,dan gunakan 1-2hari kemudian

NB:
-tidak ada patokan utk komposisi bahan,silahkan sesuaikan dng kebutuhan,bisa bikin 1/2 atau 1/4 resep dulu
-pastikan bawang dan kemiri benar2 kering,jgn sampai ada air setetespun yg masuk,ini bertujuan agar bawang tetap awet dan terjaga rasanya
-gunakan minyak wijen yg berkualitas baik (misalnya merk pagoda/lowo),ciri minyak wijen yg baik jika ditaruh dikulkas dia tdak akan membeku,kalo ditaruh kulkas beku itu artinya minyak wijen kualitasnya kurang bagus
-gunakan minyak sayur yg berkualitas baik,tdak disarankan utk menggunakan minyak curah/los tg dijual dipasar,karna akan menyebabkan bawang jadi tengik
-bawang yg disimpan dlm minyak tdak akan pernah busuk,smakin lama disimpan makin harum dan kuat
-baceman bawang ini sebagai pengganti bawang putih segar,jadi saat ditumis bisa ditambahkan dengan bawang merah,cabai,rempah2,dll






45 comments :

  1. baru tahu baceman bawang, mba Didi. Ini bisa buat bikin nasi gila ya, mba?

    ReplyDelete
  2. Mba diah, selain bikin nasgor bisa untuk masakan apa lagi ya mba ? Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa aja bs mba..pokoke yang di tumis-tumis dan berbumbu bawang putih bisa pakai ini :)

      Delete
    2. Itu numisny masih pakai minyak goreng ato minyak dari bacemannya ya mb?

      Delete
    3. sama mb...sy juga tanya yg buat numis bumbu itu minyaknya dari baceman bawang ato yg lain? trus untuk bumbu2 lainnya gmn cara numisnya? apakah bareng sama baceman bawang ato dipisah?

      Delete
  3. mbak didi, bawang putihnya kira2 berapa biji ya? belum punya timbangan soale

    ReplyDelete
  4. Makasih mba... Kayanya bisa jadi bumbu serbaguna ini... Hehe

    ReplyDelete
  5. Waahhh saya udah lama banget mba tau adanya bumbu baceman bawang...sudah jadi bumbu wajib di dapur dan harus ada hehhee. Saya tiap minggu bikin bumbu ini pakai 1/4 resep...pas banget untuk jatah seminggu mba.
    Coba masak mie goreng atau mie rebus pakai bumbu ini deh mba Diah, jadi mantap banget rasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp mba..ku baru tau..setelah dapat kiriman resep dr Mba Ocha..:D

      Delete
  6. kalau ga ditaro kulkas, tahan di suhu ruang sampai brp lama mba? ..

    ReplyDelete
  7. salam kenal mnak diah, wah bermanfaat banget ini si baceman bawang. minyak sayur itu minyak goreng ya mbak?

    ReplyDelete
  8. Hallo mbak, saya ijin Print resep resepnya ya...mau saya coba dirumah untuk menu keluarga, Sukses selalu mbak..Terima Kasih..
    *Didi Serang*

    ReplyDelete
  9. Saya malah sampai 2 bln mbak, aromanya tambah kuat dan smakin enak ... salam kenal ya mbak di ... blognya kueren pake bingits .. ely mojokerto

    ReplyDelete
  10. salam mba Didi, saya silent readernya mba nih...seneng baca blognya buat inspirasi emak2 kaya saya yang ga pinter masak :)
    Kalo gak pake minyak wijen bisa gak mba?

    ReplyDelete
  11. Baru baca artikel inii huhuhu... Bawangku sepertinya berjamur.. Padahal minyaknya banyak.. Jadi trauma mau buat lagi.. Padahal baru skitar 12 jam.. Masi bisa diselamatkan nggak ya mba minyaknya.. Hiks hiks

    ReplyDelete
  12. Dear mbak diah, penyimpanan bacem bawang ini harus di toples kaca apa bisa pakai wadah tupperware?

    ReplyDelete
  13. Terima kasih sudah berbagi resep. Saya udah coba bikin, mba. Wahh ini bumbu serbaguna banget. Semenjak kenal baceman bawang, masak jadi lebih praktis karena bisa skip proses bergulat dengan bawang. Tinggal nyendok dari toples aja. Aroma masakan apapun jadi suedapppp :)

    ReplyDelete
  14. Mba kalau sudah 2 hari baru masukin minyak wijen dan kemiri nya boleh tidak?

    ReplyDelete
  15. Mba kalau sudah 2 hari baru masukin minyak wijen dan kemiri nya boleh tidak?

    ReplyDelete
  16. Mba, cara penggunaan baceman bawangnya gimana ya? Maksud saya, berapa sendok baceman bawang untuk 1 porsi nasi goreng begitu?

    ReplyDelete
  17. Saya udah Buat Baceman Bawangnya, sekitar 2 Hari Rasanya jadi Asam Baceman Bawangnya..apa itu tidak apa2 Mba?

    ReplyDelete
  18. Mba baceman bawangku kan ku taruh kulkas,tapi kenapa beku ya,jd setiap beku sy kluarkn dari kulkas,jika sdh tdk beku saya kekuarkan,

    ReplyDelete
  19. Mba baceman bawangku kan ku taruh kulkas,tapi kenapa beku ya,jd setiap beku sy kluarkn dari kulkas,jika sdh tdk beku saya masukkan kulkas lg

    ReplyDelete
  20. aku udah coba,buat nasi goreng sama tumis2an tambah sedap.

    ReplyDelete
  21. Adduh aku pny minyak wijen yg taro dikulkas jadi beku, pngn pake pas mencair jadi takut gak enak, merk yo guan heng. Mau beli sayang2 dipake cm sedikit, mana hrganya mahal huhuhuhu.kalo pake minyak goreng aja enak gak yaa ka?

    ReplyDelete
  22. Mau tnya. .Minya ny gk usah d masak dulu / d panasin dlu .Atau gtu aj lngsung d campur bwang ?

    ReplyDelete
  23. Kalo buaymt nasgor masih perlu bumbu bawang lagi apa bisa pake bawang yg diminyak?

    ReplyDelete
  24. Perlu ditambahkan bawang merah gak untuk nasi goreng

    ReplyDelete
  25. Saya sudah coba kok malah takut ya mba. Akhirnnya tak buang. Setelah baca2 sana sini, baru nemu artikel ada bakteri yg bisa berkembang dalam keadaan tanpa udara terlebih dalam minyak. Bakteri tersebut mengeluarkan toksin yg bisa merusak syaraf.
    Akhirnya kembali ke cara lama, tumis sebutir bawang dalam sesendok minyak dan langsung dimasak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakteri botulinum jadi tetanus gitu.. kena saraf, sy jg lagi cari sumber yg bisa dibuktikan secara ilmiah, manfaat / ruginya

      Delete
  26. Bisa di campur bawang goreng ga mba??

    ReplyDelete
  27. Aku udah bikin, simpen sampe 2hr. Pas hari pertama buka ada gelembung2 seperti itu, trs aku tutup rapat lagi. Besokannya pas di buka, berbusa sampe keluar2 gitu mba. Itu tanda nya masih bisa di pakai atau gak ya? Soalnya akhirnya ku buang.

    ReplyDelete
  28. Mbak mau tanya
    Kalau tempatnya boleh menggunakan yg bukan toples kaca gak ya misalnya tupperw*** gt?

    ReplyDelete
  29. Baik nya, umur penyimpanan nya, berapa lama ?

    ReplyDelete
  30. Halo
    orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH terpuji, nama saya Mahmud Simon, warga negara INDONESIA tetapi saya berbasis di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ibu Nurliana Novi, pemberi pinjaman pinjaman yang benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ALL GRANT ELINA JOHNSON LOAN , setelah saya ditipu oleh  pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu harus berbuat apa dan siapa yang harus dipercaya, kemudian dia datang dan memberikan senyum lebar di wajah saya sebagai kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga pernah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya,

    Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman darinya, saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya, saya telah melihatnya dan saya bagian dari pengalaman, hari ini hidup saya mendapat giliran baru berkat ibu Elina, ya mungkin Anda takut karena kesaksian palsu yang Anda dengar tetapi saya adalah saksi dan jika saya berbohong semoga ALLAH mengambil nyawa saya, saya ada orang jika Anda mau pinjaman asli dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percaya,

    Nyonya Elina Johnson dari ALL GRANT ELINA JOHNSON LOAN hubungi saja dia hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran cara mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH terpuji.

    ReplyDelete
  31. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  32. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel