Wednesday, June 3, 2015

Tips Memakai Panci Presto


Hai teman-teman..aku masih di sini..hihi..maaaf banget dua harian *Bakule tepung sama buku error..hihihi..ketimbun packingan. Jadi agak telat2 posting. Dan mohon maaf juga jika ada yang agak telat kiriman. Kalau biasanya packing orderan tepung harian tepung masih oke hingga 20 paket sendiri gitu ya..ini ketambahan orderan buku..alhamdulillah..tapi kok ya keteter sendiri ternyata. Baru nyadar..sekarang dulu aku sempat heran ke teman2 yang punya online shop kok pada sampai punya banyak karyawan..ternyata memang perlu kali ya..huhu. Siapa hayo..mau jadi assitenku...?..hihi. Jadi ini aku masih lembur terus ya..belum sempat masak macam2..:)

Buat teman2 yang mau cek status orderan buku atau tepung yang kirim beberapa hari ini silahkan sms langsung ya..ke no 089654712500, sms only ya..jadi aku masih bisa cek resi dll yang menumpuk....kalau di telp kan gak bisa langsung kasih tau statusnya...kan sayang pulsanya teman2..^^

Oke dech cuap2 nya di sambung lagi ntar jika udah kelar semua kerjaan ya..ini aku setor satu resep sederhana aja dech yang ku masak kemaren..buat obat rindu....sama teman-teman..hihi. *baru dua hari nggak posting...ya..*
Kali ini aku mau kasih tips memasak menggunakan panci presto. Menu yang menggunakan panci presto itu seperti bandeng presto, pasti sudah tau ya teman2..nah sebetulnya..jika mau kita maksimalkan fungsinya bisa kita pakai untuk masakan sehari-hari. Sangat menghemat waktu dan bahan bakar gas lho. Jadi jika di rumah punya panci tekan atau panci presto..jangan di anggurin ya.
Tips memakai panci presto 
Untuk masakan berkuah, sebelum kita presto, bisa kita didihkan terlebih dahulu tanpa di tutup masakannya. Koreksi rasa terlebih dahulu hingga pas rasanya. Baru dech di tutup rapat dan masak dengan panci presto. Sehingga ketika masakan matang..bumbu-bumbu tetap meresap..dan nggak kurang garam atau apa. 
Atau bisa sebaliknya. Presto masakan dengan bumbu garam dan gula secukupnya dulu. Jika sudah matang, koreksi rasa. Jika belum pas rasanya. Panaskan kembali panci tanpa di tutup sambil di koreksi rasanya. Dalam proses ini juga bisa menjadi proses pengentalan kuah..misal mau buat masakan semur..terik.dll. jadi panci prestonya memotong proses pengempukan bahan aja..selanjutnya tetep bisa di kentalkan biasa sebentar saja masakannya. Jadi untuk menghidnari gosong atau terlalu kering.
Tutup rapat panci presto sampai terdengar bunyi klekk..agar suhu tekanan bisa maksimal. Biasanya sich di lengkapi tanda katup udara yang bunyi..nguing..nguing gitu..itu tandanya, tekanan udah tinggi. Nggak perlu ya..kan tertup rapat pancinya. Kalau nggak rapat tandanya malah nggak ada tekanan maksimal kok...jadi kayak panci bertutup biasa.

Biarkan panci presto dalam kondisi suhu menurun dulu senelum di buka, jika mau cepat..siram aja pakai air mengalir..pasti langsung turun tekanannya dan mudah di buka pancinya. Siram permukaan atas tutup panci prestonya.nanatiakan terdengar bunyi..Cess..itu tandanya tekan udah turun dan ama untuk di buka. kalau tekanan masih tinggi susah di buka dan    biasanya bunyi kayak letupan gitu jika kita paksa buka..jadi jangan mencoba di rumah ya..hihi. Lebih baik diamkan dulu hingga dingin dengan sendirinya panci prestonya. atau jika mau cepat ya langsung siram aja pakai air dingin atasnya. Air bakal menetes masuk ke dalam masakan ?..Nggak kok...kan rapat tutupnya. Jadi aman...^^

Ok..contoh memasak mudah dan praktis pakai panci presto..ini nich..jadi 10 menit aja udah matang lho. tapi semua tergantung bahan ya..biasanya kalau kita beli panci presto ada aturan waktu masing2 kok..di sesuaikan bahan yang akan di masak.
Bacem Rempelo Ati Praktis
Bahan :
Rempelo ati 8 pasang
Air kelapa 600 ml ( sampai terendam bahan2nya )
Lengkuas 2 cm, memarkan
Daun salam 2 lembar
Gula merah 50 gram
Garam 1 sendok teh ( sesuai selera )

Bumbu halus :
6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sendok teh ketumbar

Cara Membuat :
Campur dan ungkep semua bahan dengan panci presto hingga matang dan empuk, selama 10 menit. Lalu goreng sebentar di minyak panas hingga mengkilat. Jangan terlalu lama menggoreng ya..ntar jadi keras rempelo atinya..cukup sebentar saja. Sajikan.


11 comments :

  1. Hai mba diah, salam kenal ya.cerita sedikit, kalau tiap hari Belum mampir di sini rasanya ada yg kurang, hehehe. Secara resep postingan disini bisa jd inspirasi buat Q masak keesokan harinya lho. Masakan di sini so simple tapi asik terus untuk di baca dan tdk utk dilewatI serta wajib di coba gitu. Btw ini kan tips memakai panci presto, keren banget. Pas gt soalnya Q punya panci presto dan bener2 Q anggurin, hehehe. Terus mba diah pernah tau tentang slowcooker gak? Q mau dong tips nya jg kalau mba udah coba pakai slow cooker. Makasih ya dan terus berkreasi. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Ary...asyik..tiap hari di temani di dapur nich berasanya..hihi..tapi nich tulang masaknya baru jadi tukang packing permane dulu..duch kangen panci2 ku..hihi..malah curhat...abis seminggu mblenger packingan pesanan..non stop setiap hari hingga malam...:D *cur col lagi.....haha
      Ayukk semangat di pakai itu pancinya :)

      Delete
  2. dari dulu belum keturutan beli panci presto..udah liat2 di homemart sih....sptnya bnyk keuntungannya ya mbak. utk membersihkan panci presto sama ndak dg panci2 biasanya? lalu yg disiram pake air mengalir tadi..bagian mananya ya mbak?
    thx....bacem is always YUMMY.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mba Ratna..dah tak komplitin lagi tipsnya ..semoga jelas ya..:) Ayukk..jangan ragu beli ya..hihi..*tukang kompor *..merk apa aja bisa..cari yang ekonomis saja mba jika jarang2 pakai..biar nggak rugi..hihi.

      Delete
  3. Mbak diah pake presto apa ya?? Banyk merk di pasaran yg bikin bingung... makasi bnyk mba... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku beli online kmrn mba Indah ..sik lupa merk apa..hihi..apa aja ndak masalah mba..jk mau coba2 beli yang murah dulu..ad akok yg 250 rb.....:) buat maskana harian udah cukup membantu...:)

      Delete
  4. Sippp neh mb resepny..(meskipun blm pnya panci presto he.he.he)..trnyt multi fungsi jg ya..kirain cm buat masakan khusus, makany g jadi beli mulu..
    Berhub sdh dpt pencerahan ttg panci presto....jd hayuuk dehh..
    **mo daftar jd asisten mb...hi.hi.hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sini mba.bantuin aku packing mba Dewi..:D

      Ayukk di bungkus panci prestonya..hihi. aku kalau lagi malas nyalain rice cooker..masak nasi 6 menit juga matang pakai slow cooker mba..jadi misal keburu2..masak nasi tenang..:D

      Delete
  5. lagi dong mbaa resep masakan pake panci prestonya :)

    ReplyDelete
  6. iya mba diah aku setuju, pake panci presto bener2 menghemat gas dan waktu, trus hasilnya juga empuk. oya, kalo aku biar cepet turun tekanannya biasanya katup yg di atas tutupnya aku ganjel pake sendok sampe uap dan bunyinya ilang, trus langsung bisa dibuka deh....kalo nunggu turun sendiri kelamaan, hehe...

    ReplyDelete
  7. Salam kenal Mba Didi, aku suka banget baca dan ngikutin resep Mba Didi, lengkaapppp
    Mba, aku pengen beli presto, tapi masih bingung mereknya, kata temen maxim bagus, skarang harga 200-300ribu pun ada, itu apa memang beneran awet ? Aku pake buat masakan sehari-hari aja sih Mba, mohon pencerahannya ya mbaa,,makasiihh :*
    -Zulfa-

    ReplyDelete