Thursday, June 25, 2015

Aneka Olahan Kue Hungkwe Untuk Takjil



Alhamdulillah..pengiriman buku yang kemaren menumpuk karena re stock dari gudang distributor yang telat hingga hampir 2 minggu selesai juga...jadi yang harusnya kirim buku dari awal bulan mundur banget dech..terpaksa aku urutkan tanggal transfernya, karena keterbatasan tenaga nggak mungkin bisa packing ratusan buku perhari. Sekarang tinggal ngurusin order harian orderan tepung, dll , yang lebih mudah aku kontrol pengirimannya..karena stock barang jualan..aneka tepung dll aku sendiri yang mengontrol stocknya. Kalau buku kan harus berkoordinasi dengan pihak luar. Makanya kemaren waktu benar-benar tersita untuk orderan buku. Tapi alhamdulillah ya..udah sold out yang buku masakan..tinggal kue kering yang masih ready stock. 3 hari kemaren tidur cuma 2 - 3 jam tiap hari..tadi malam udah nggak kuat..jam 10 tidur..eh bablas sampai jam 5 baru bangun..itu pun suami yang juga kaget kesiangan bangun duluan..hihi..jadilah hari ini kami nggak sahur..haha. Jadi tadi Yodha tetep aja tak suruh sarapan..kasian jika ndak sahur..hihi. Yang penting tetep lanjut puasa katanya.

Baiklah..tetap semangat...walau nggak sahur..hihi. Biar semangat ntar mau bikin jajajan yang aku suka ahh. Mau bikin kue hungkwe..kebetulan ada stock hungkwe di rumah. Jajan pasar dari hungkwe adalah jajaan pasar favoritku. Rasanya lembut dan legit membuat kue ini enak di makan kapan aja dan nggak membosankan rasanya. Banyak sekali variasi kue hungkwe yang bisa kita buat teman-teman. Olahan yang paling sering kita jumpai di pasar adalah cantik manis hungkwe..yang biasa di beri campuran sagu mutiara. Namun...jika kita mau kreatif kita bisa lho membuat aneka jajanan dari hungkwe yang lebih variatif dan enak teman-teman. Semoga bisa jadi ide usaha juga nich..karena hungkwe kan murah meriah dan hasil jadinya..banyak. Jadi masih untung lumayan lho jika mau buat usaha jajanan gitu. Apalagi pas bulan puas begini..jajanan dari hungkwe yang lembut..legit dan mak nyes..sangat cocok jika di pakai untuk menu takjil ya.

Tepung hungkwe adalah tepung yang terbuat dari sari pati kacang hijau. Untuk membuat kue dari hungkwe, pilih yang berkuatias ya teman-tema..karena terkadang sekarag ini banyak hungkwe yang beredar tuch sama aja kayak sagu bahannya. Kalau bahanya dari sagu..nanti hasil kuenya bakal terasa berat dan cepat mengenyangkan. Kalau yang dari  kacang hijua asli itu kuenya jadi lembut dan ringan..enak. Oke dech..mau coba olahan hungkwe yang manis dan legit..cobain yukk beberapa resep berikut ini..semoga bermanfaat ya teman-teman.

Resep Dasar Kue Hungkwe

Bahan-bahan  :
50 gram tepung hunkwe
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam
100 gram gula pasir

Cara membuat :
Campur semua bahan, masak hingga mendidih dan meletup-letup

Resep di atas adalah resep dasar kue hangwe tinggal kita kembangkan sendiri , misal mau buat hungkwe coklat  tinggal tambah coklat seperti contoh berikut :


Kue Hungkwe Coklat

Bahan :
1 - 2 buah (150 gram) pisang tanduk/ raja kukus, iris bulat
2 sendok makan  cokelat bubuk
50 gram tepung hunkwee
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam
125 gram gula pasir
18 lembar plastik untuk cantik manis ( plastik tebal yang sudah di potong2 kotak )

Cara membuat :
Larutkan cokelat bubuk dan tepung hunkwe dengan santan.
Masukkan daun pandan, garam, dan gula pasir. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup. Angkat.
Letakkan sepotong pisang tanduk di plastik tebal yang dipotong kotak. Beri adonan. Lipat. Dinginkan.
Jika mau jadi hungkwe cendol pink, tinggal di beri warna pink sedikit dan cendol secukupnya.


Jika mau bikin hungkwe kelapa muda tinggal di ganti warna hijau dan kasih kelapa muda yang masih benar-benar muda ( *kemlamud* istilahnya.. agar hasilnya enak dan lembut )


Jika mau bikin hungkwe marmer, tinggal di bagi dua adonan, satu bagian tambah coklat pasta secukupnya, satu bagian biarkan putih, lalu sendokkan secara acak di cetakan sesuai selera. Jadi dech hungkwe marmer.


Jika mau buat kue hungkwe pisang ala Nagasari khas Bandung, tinggal tambah pisang aja...bisa warna putih kue hungkwenya atau di beri pasta pandan sedikit jadi hijau cantik.


Oke...semoga bermanfaat ya tips aneka kue dari hungkwe dan semoga bisa jadi inspirasi menu buat takjil puasa ya teman-teman.

15 comments :

  1. Selamat pagi, mbak Diah. Ini salah satu penganan favorit saya juga. Boleh tambah 1 varian lagi? Ditambah nangka! Hunkwee dibiarkan putih tambah nangka. Putih plenik2 kuning, cantik juga. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sipp mba..ku suka banget nangka mba..besok bikin ahh..:)

      Delete
  2. aku punya stok hunkue warna pink nih mbak, bikin ah lihat contekan mbak dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mak ..siip..met coba ya ..buat takjil nanti :)

      Delete
  3. Kalo mau yang gurih, bisa dijadiin omah tawon alias kembang goyang mbak hihihi
    ditaburi wijen, sedapnyaaaa :D

    ReplyDelete
  4. Mbak dii... buku resep kue kering msh? :)

    ReplyDelete
  5. mbak, saya pengen order tepungnya. gimana caranya?

    ReplyDelete
  6. merk tepung hungkwe apa yang bagus

    ReplyDelete
  7. olahan hunkwe saya suka semuanya :)

    ReplyDelete
  8. Mb diah tepung hunkwenya merek apa..aku beli kok gak enak yaa..sekalian nanya kecap ikan yg enak dan halal merek apa ya ..makasih mb

    ReplyDelete
  9. Mbak Diah, terima kasih sdh share resep kue hungkwenya.. Kalo ada waktu tak cobanya.

    Atik

    ReplyDelete
  10. Hore! Sore ini aku mau nyontek resep mbak diah untuk buka puasa

    ReplyDelete
  11. Asiik barusan kmarin makan hunkwe coklat ama pisang...skr dah ada resepnya...nyoba bikin ah😊mskasih resepnya mbak Diah🍃🌸🍃

    ReplyDelete
  12. Mbak Diah ...hasil photonya bagus-bagus, kapan-kapan aku boleh ya Save As ..foto-fotonya, sebelimnya terima kasih ya mbak

    ReplyDelete