Sunday, June 21, 2015

Perkedel Jamur & Rawon Iga *Nyemek*



Hari minggu pastinya teman-teman yang biasa sibuk kerja, pengen masak spesial di rumah ya. Masakan apa yang jadi favorit warna rumah teman-teman ?..Kalau di rumahku..banyak..hahah...tukang makan semua. Kalau di rumahku nich sukanya menu-menu yang berbumbu dan nendang kalau buat saur...jadi saurnya jadi semangat dan nggak malas-malasan. Yodha juga..sudah mulai suka masakan Jawa tradisional yang berbumbu seperti gule, tongseng, sambal goreng, pindang , dll. Salah satu favoritnya adalah Rawon. Kami semua di rumah memang suka sekali rawon..apalagi jika di masak hingga dagingnya empuk..dan di inapkan dulu..wah..Yodha bisa lahap makannya.

Nah..mau buat rawon yang beda dari biasanya..kemaren aku coba buat rawon yang versi agak *nyemek* atau nggak berkuah banyak Jadi kuah mengental atau dalam bahasa jawa di sebut : Nyemek. Bumbu-bumbu jadi lebih meresap ke dagingnya...dan tambah mak nyuss dech. Cocok banget buat menu saur..yang biasanya lidah suka ogah-ogahan ya..nerima rasa yang nanggung-nanggung karena masih ngantuk..hihi. Nah..kalau makan pakai rawon yang legit dan berbumbu gini..langsung pada semangat dech warga rumahku. Selain rawon..tongseng juga enak di buat agak nyemek gini..hihi..pokoke..kalau  masakan Jawa itu istilahnya *overcook* itu malahan..makin enak..! lol...


Temennya rawon..pastinya perkedel dong..ini favorit Yodha banget..nggak pernah bosan. Kali ini aku bikin variasi perkedel baru juga..yaitu perkedel jamur. Resepnya sama kayak resep perkedel biasa, tapi di beri tambahan jamur kuping yang di iris halus. Rasanya jadi enak..ada tekture kenyil-kenyil gurih di perkedelnya. Untungnya sekarang aku udah terbebas dari ribet bikin perkedel yang perlu ngukus, atau goreng kentang , menghalsukan dll. Karena sekarang aku selalu pakai tepung kentang seduh / potato flour / potato flakes yang aku jual. Super praktis dan sangat menghemat waktu sekali dalam memasak. Tinggal di seduh aja..udah jadi kentang kukus halus yang siap di olah jadi aneka makanan yang biasanya berdasar kentang rebus...seperti kroket, kentang panggang, donat kentang, kue lumpur, roti kentang, dll.  Resep perkedel dari tepung kentang flakes..silahkan di lihat kembali resepnya di SINI ya..udah pernah ku posting dulu.


Itulah fungsi tepung kentang seduh ini teman-teman. Karena ternyata masih banyak teman-teman yang bingung ya beda tepung kentang seduh dengan pati. Jika pati kentang itu buat cookies, pelapis tepung krispi ala Jepang, Korea, dll. Jadi..teman-teman yang nggak mau ribet buat olahan kentang untuk bulan puasa ini..ready stock..teman-teman. Yang mau pesan jika mau praktis bisa langsung sms ke hp ku ya..tapi maaf karena keterbatasan waktu, dan sehari tuch kadang puluhan sms masuk, jadi harap bersabar jika aku agak telat balas..kadang-kadang tengah malam baru sms an sama teman-teman..udah biasa. Kayak kemaren seharian menyelesaikan packing pesanan, jadi terpaksa balas sms teman-teman malam hari. Jadi jangan kaget ya..jika terima balasanku tengah malam..hihi. *pekerja malam-malam*. Lha kadang baru sempat pegang hp ya malam sebelum tidur..sambil leyeh-leyeh..hahah. Jadi harap maklum ya teman-teman.

Oke dech..selamat masak ya..mau coba resep rawon iga nyemek ini..yukk..catet ya. Tips mengolah daging iga gaak empuk dan cepat matang, bisa pakai panci presto ya. Sebelumnya tumis dulu bumbu-bumbu di panci biasa, masukkan semua bahan dan bumbu, masak hingga mendidih. Setelah itu koreksi rasa. Jika takaran bumbu di rasa udah pas, baru pindah ke panci presto, tutup rapat dan masak hingga daging empuk. Jika daging sudah empuk, tapi kuah masih banyak, dan mau di buat rawon nyemek..tinggal di panaskan kembali tanpa di tutup hingga kuah menyusut dan mengental. Jadi kita bisa mengontrol tingkat kepekatan kuah rawonnya. Tapi jika tidak ada ya di ungkep aja pakai panci biasa tertutup rapat ya..2 jam gitu juga bisa empuk kok...di masak pakai api kecil. Oke..selamat mencoba..dan selamat berpuasa untuk hari ini..semoga lancar ya..^^

Rawon Iga Nyemek

Bahan-bahan  :
500 gram daging iga sapi
1000 ml air
4 lembar daun jeruk buang tulangnya
1 batang serai ambil putihnya, memarkan
1 sendok teh garam / kaldu sapi bubuk secukupnya
1/2 sendok makan gula merah / sesuai selera
3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 buah keluak seduh
1 cm kunyit bakar dan 2 cm jahe
1/4 sendok teh ketumbar, 4 butir kemiri sangrai

Cara Memasak :
Blansir iga di air mendidih selama 5 menit. Tiriskan, buang air keruhnya. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan iga, air ( 1 liter ), dan semua bumbu lain. Masak hingga mendidih. Koreksi rasa, tutup panci dan masak dengan api kecil atau panci presto hingga empuk dan kuah mengental. Koreksi rasa. Sajikan..taburi bawang goreng, bisa di sajikan dengan lalap taoge juga enak,.telur asin jika suka.







2 comments :

  1. nyemek itu berair ya mbak. AKu biasanya bikin yang kental

    ReplyDelete
  2. belum pernah saya bikin perkedel jamur. Pengen nyobain, ah. Abis saya suka jamur :)

    ReplyDelete