Wednesday, June 10, 2015

Berkreasi Dengan Kukis Potong


Cookies atau kue kering ada beberapa macam ya teman-teman. Dari tehnik pembentukkan aja ada beberapa jenis, seperti cookies yang di sendokkan ke loyang adonannya ( drop cookies ), cookies yang di bentuk dengan tangan, seperti nastar, kastengel , dll, serta cookies yang di gulung kemudian di potong-potong.  Aneka tips dasar dalam pembuatan cookies..sudah aku tuangkan komplet di dalam buku BIKIN KUE KERING YUK, yang udah terbit. Jadi memang buku ini sangat cocok untuk pemula yang baru belajar bikin kue sendiri. Selain tips-tips komplet juga ada tehnik mengatasi kegagalan dalam pembuatan kue kering, penjelasan tentang aneka bahan, dan di sertai resep-resep kue kering yang mudah di praktekkan di rumah. Jadi mau buat kue kering sendiri untuk lebaran tahun ini teman-teman..siapa takut ya ?..BIKIN KUE KERING YUK..! ^_^

Kali ini  aku mau bahas tentang kue kering potong ya. Kue kering ini, cara pembuatannya di gulung dahulu, kemudian di potong. Nah..jenis adonannya di butuhkan adonan yang agak lembab, jadi ketika di gulung nggak pecah-pecah. Setelah di gulung adonan di simpan dahulu di lemari es selama beberapa waktu agar adonan lebih padat dan set, baru di potong-potong. 

Cookies potong akan lebih menarik jika terdiri dari dua warna, jadi kita bisa membuat aneka kreasinya, seperti cookies potong spiral, lapi, domino atau jadi cookies potong hias seperti yang ku buat di bagian foto paling atas itu. Bentuknya apa nich ya ?..kayak wajah monkey kata Yodha..hihi. Iseng banget bikin bentuk seperti itu...hihi.

Dalam pembuatan kue kering yang di potong, mengocok gula dan mentega , jangan terlalu lama, agar hasil kue tidak terlalu mengembang. Ada juga resep cookies potong yang memakai telur utuh..agar adonan terikat dan nggak ngembang banget ketika di oven. Adonan bisa di buat dalam waktu bersamaan, jika memakai coklat pasta, tinggal bagi dua adonan, satu bagian di biarkan warna kuning, satu bagian di beri coklat pasta. Namun jika adonan memakai coklat bubuk, lebih baik, buat dua resep, agar adonan benar-benar merata coklat bubuknya.

Cara membentuk cookies potong kreatif seperti contoh-contoh berikut ini mudah kok teman-teman..cobain yukk :


1. Monkey Cookies
Siapkan adonan dasar cookies potong ( dalam buku ku ada adonan cookies potong dasar seperti ini ) atau bisa pakai resep lain juga bisa. Bagi dua adonan, coklat dan kuning.
Bentuk bulatan panjang adonan kuning, beri 2 bulatan adonan kecil panjang di sisi kanan kiri atas untuk telinganya. Tekan hingga menempel.  Lalu bungkus dengan adonan coklat yang sudah di tipiskan. Gulung dan padatkan. Jangan lupa isi bagian celah antara dua telinganya ya...dengan adonan coklat..atau bagian lapisan coklatnya di tebalin saja jika mau lebih mudah. Bungkus plastik adonannya, simpan di lemari es hingga padat, kira-kira 1/2 - 1 jam, potong-potong tipis, beri hiasan wijen hitam untuk mata dan hidungnya, lalu panggang dalam oven hingga matang.


2. Bentuk Spiral
Bentuk spiral seperti foto di atas paling mudah, tipiskan masing-masing adonan coklat dan kuning setebal 1/2 cm , tumpuk kedua adonan, gulung hingga rapat, bungkus plastik. Simpan di kulkas minimal 1 jam, potong-potong , lalu oven hingga matang.


3. Cokies Gulung Lapis
Bagi dua adonan coklat dan kuning, giling tipis setebal 1/2 cm, tumpuk bergantian atau buat hingga 5 layer, dengan warna berbeda bergatian, padatkan, bungkus plastik dan simpan di kulkas. Potong-potong dengan lebar sesuai selera, lalu panggang  hingga matang.

Nah..mudah bukan..berkreasi dengan bentuk kue kering teman-teman..pasti seru dech jika membuat kue kering bersama si kecil di rumah untuk Lebaran nanti. Mumpung mereka lagi liburan panjang nich ya..^^

Happy Baking ! ^^

DD

3 comments :

  1. Mbk buku resep kue kering nya sdh ada di gramedia kah?

    ReplyDelete
  2. Mbk buku resep kue kering nya sdh ada di gramedia kah?

    ReplyDelete