Monday, June 29, 2015

Keripik Kulit Melinjo


Pagi-pagi menyempatkan diri ke pasar, mau beli macam-macam buat stock menu Yodha..eh lha kok daku tergoda sama kulit melinjo yang ranum-ranum. Hem..langsung kebayang dech..oseng kulit melinjo pedas, jangan gori pakai kulit melinjo, lodeh tempe kulit melinjo atau brongkos pakai kulit melinjo. Tapi melihat ranumnya di kulit melinjo kok jadi berubah haluan..pengen bikin keripik kulit melinjo aja. Pasti banyak yang heran..kulit melinjo emangnya enak di buat keripik ?..Jawabannya enak aja..jika suka..hihi. Rasanya unik..paling enak jika di bumbu pedas manis seperti bumbu kering tempe itu lho teman-teman. Mungkin buat teman-teman yang masa kecilnya seumuran denganku pernah makan keripik kulit melinjo ini kali ya. Dulu jaman aku SD suka di jual di kantin sekolah..di bungkusin plastik kecil-kecil ada yang asin atau yang yang di buat pedas manis gitu. Rasanya..tentu saja enak..jaman dulu mah apa yang nggak enak ya..hihi. Makanan jaman dulu itu justru alami dan nggak neko-neko bahannya, nggak pakai macam-macam bahan berbahaya seperti sekarang ya teman-teman.

Buat yang belum tau kulit melinjo..kayak gini nich. Kalau udah matang dan ranum gini..enak di masak dan juga di buat keripik. Di oseng pedas sama tempe semangit aja sudah enak banget kulit melinjo ini. Duch aku kok lidah ndeso tenan, suka banget apa aja yang berasal dari pohon melinjo..baik itu daun mudanya ( daun so )..bunganya ( kroto ) atau buah melinjonya yang sudah di olah jadi emping melinjo juga suka. Di pekarangan rumahku..rumah Simbah dulu,..Pakde..Bulek..di kampung semua punya pohon melinjo..jadi dari kecil ya akrab dulu sama olahan melinjo dan saudara-saudaranya..hihi. Buah melinjo yang udah tua aja..enak lho di bakar teman-teman. Jaman kecil dulu...kan kalau masak nasi dan lauk pauk..kan di liwet ya teman-teman..pakai  kayu bakar..nah..kalau dapat tugas jagain masakan..kalau punya melinjo tua..pasti dech sambil bakarin melinjonya..abis itu di pukul..pakai ulekan..keluar dech melinjo bakar..yang enak..langsung buat cemilan..hahaha. 


Buah melinjo ini nilai ekonomisnya cukup tinggi juga ya teman-teman..apalagi jika sudah di buat emping melinjo...wah tambah mahal harganya. Nah..emping-emping melinjo dari kampung inilah yang banyak di jual di kota-kota..lumayan jadi emping elit..dengan harga selangit..hihi. Padahal kalau di rumahku mah..sampai *mblenger kadang makan emping melinjo..karena suka buat sendiri ibuku..kalau pas panen melinjo. Kalau emping melinjo..aku paling suka emping melinjo klatak..yang kecil-kecil empingnya, masih agak keras, cara membuatnya sekali pukul aja..wah itu rasanya enak banget. Masih otentik jadul dan ndeso. Jadi cara buatnya..melinjo tua di sangan ( si sangrai ), kemudian tinggal di *thutuk pakai munthu*.....hihi..duch bahasaku..maksudnya tinggal di pukul pakai palu atau ulekan gitu teman-teman..jadi pipih dan pecah kan melinjonya. Udah..habis itu di jemur hingga kering, kemudian di goreng. Setelah di goreng tinggal di bumbuin pedas manis. Wah...itu super enak rasanya. Kalau di toko oleh-oleh..harganya sudah mahal banget.

Keripik kulit melinjo inipun masih ada kok di beberapa toko oleh-oleh teman-teman..tapi ya itu...penganan apapun kalau udah mask toko oleh-oleh kok jadi mahal semua ya..hihi. Kemaren aku sempat lihat di toko oleh-oleh di sini 30 ribu per bungkus. Makanya mari kita buat sendiri saja di rumah...beli kulit melinjo 5 ribuan aja udah dapat buanyak..! ^^

Oke dech mau tau cara buatnya..super gampang kok

Keripik Kulit melinjo

Bahan :
400 gram kulit melinjo, cuci bersih
Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :
2 siung baang putih
1/2 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh kaldu ayam, jika suka

Cara membuat :
Campur bumbu halus dengan 50 ml air. masukkan kulit melinjo, aduk arta
Diamkan 15 menit
Goreng di minyak yang sudah di panaskan dengan api sedang hingga matang dan renyah. 
Kecilan api jika keripik sudah hampir kering agar tidak gosong, lalu goreng hingga kering dan renyah. Simpan di toples jika sudah dingin.

Jika mau bisa di teruskan jadi keripik kulit melinjo di bumbu pedas manis


7 comments :

  1. Jd ga usah dijemur dlu ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu mba..pakai minyak banyak , bisa kering kok. Habis di goreng di bumbu pedas manis kayak kering tempe itu mba..enak..:)

      Delete
  2. Betul mbak diah enak bgt, jajanan jaman dulu bgt

    ReplyDelete
  3. mbak Diah....ini jajanan favoritku jaman esde..kalo di tempatku namanya mata maling (mungkin krn merah, mirip mata maling yg sering begadang...hahaha)..duhh jadi kangen :)

    ReplyDelete
  4. Owh ternyata keripik melinjo sudah ada sejak lama, saya kira masih baru... owh iya mba kayaknya lebih bagus lagi kalau di sertai dengan video cara pembuatannya. insya@ akan lebih interaktif

    ReplyDelete
  5. Istri saya lagi ngidam soalnya ..
    Fast reapon please .
    Tq

    ReplyDelete