Saturday, June 13, 2015

Baceman Basah


Kalau teman-teman makan di warung-warung yang menyediakan menu rumahan ala Semarangan..pasti dech akan ketemu baceman versi basah ini. Yaitu bacem yang nggak pakai di goreng. Cukup di ungkep aja dengan bumbu-bumbu, lalu di ungkep hingga meresap. Jika mau gak kering, tinggal di tambah sedikit minyak goreng, lalu di gongseng sebentar hingga mengkilat.

Ada juga versi yang berkuah seperti semur. Dulu aku sempat heran juga..kok baceman di Semarang ada versi yang basah gini, terutama di warung-warung yang menyediakan menu Semarangan atau menu-meu sarapan ala rumahan. Tapi setelah di cicip, aku kok suka juga..hihi. Enak..jadi gurih dan masih berbumbu menempel di bahan yang di bacem, bisa tahu tempe atau telur. Untuk tahu..biasanya di pakai tahu yang berkulit. Jadi tekturenya kuat dan nggak hancur ketika di masak lama. Dan karena tahunya udah berkulit ( udah di goreng ) jadi ada sensasi kenyal enak ketika di gigit...hihi.

Untuk membuat baceman basah ini bumbu2 di haluskan, dan bisa di tambah kemiri, agar ada bumbu kental yang membalut bahan yang di bacem...jika suka bacem yang *nyemek ( bumbu-bumbu mengental menyelimuti bahan ). Tapi jika suka versi berkuah...bisa juga tanpa kemiri. Jadi..sesekali cobalah  bikin tahu bacem versi Semarangan ini teman..enak lho..cocok buat menu saur anak-anak juga nich. Kalau aku suka baceman yang nyemek agak kering berselimut bumbu ( foto atas ), enak banget di cemil sambi nyeplus cabe rawit. Kalau Yodha suka yang agak berkuah seperti semur ( foto bawah ). Biasa aku tambahkan telur puyuh atau telur rebus kalau buat Yodha...jadi biar komplit gizinya. 

Oke..mau coba teman-teman..yukk..simak resepnya ya :

Baceman Basah

Bahan :
10 buah tahu kulit
10 buah telur puyuh     ( jika suka )
500 air plus 300 ml air kelapa ( Secukupnya sampai semua bahan terendam  )
50 gram gula merah ( sesuai selera )
1 sendok makan kecap manis
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh garam ( secukupnya )
1/4 sendok teh kaldu bubuk

Bumbu Halus :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
½ sendok teh ketumbar
Cara membuat :
Ungkep semua bahan dalam panci tertutup hingga empuk dan meresap.
Koreksi rasa. Jika sudah pas, masak hingga mengental atau kuah habis jika mau baceman nyemek, beri 1 sendok teh minyak goreng, aduk rata hingga kuah mengering dan bumbu menyelimuti tahu.
Jika mau baceman berkuah, masak hingga kuah menyusut dan mengental saja, koreksi rasa hingga pas rasanya sebelum di sajikan. 

5 comments :

  1. Salam kenal mba Diah. Menu bacem seperti ini aku suka banget mba... suka aku tambahkan cabe rawit dan sedikit bawang putih mentah, diuleg trus dicampur di kuahnya. Hmmm makyus banget.

    ReplyDelete
  2. salam kenal...
    wah....menu bacem adalah menu favorit, apalagi dimakan bersama nasi hangat dan sambal bajak...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Besok mw coba resep bacem mbk diah ini ahk, soale adek q pengen baceman jg.

    ReplyDelete
  5. Kalo ga ada air kelapa, bisa diganti santen encer ga mba?

    ReplyDelete