Tuesday, June 16, 2015

Terong Kecap Pedas


Tadi di budhe sayur kehabisan bahan..tapi yo tetep mampir rumah..hihi. Memang aku selalu pesan..walaupun dagangan habis..misal lauk dan sayuran..wajib kudu mampir rumahku..siapa tahu aku sekedar kehabisan garam,..merica atau bumbu-bumbu remeh temeh lain..tapi jika nggak ada di rumah..suka bikin pusing kalau mau masak. Selain itu..kalau ada makanan yang berlebih ya pasti ku kasih ke Budhe sayur ini..sayang jika di buang. Dan juga seneng dech..kalau di beri makanan itu orang berterimakasih dan bersyukur sekali..karena budhe nya itu kerja keras buat buat nyekolahin anaknya di Pesantren Gontor..hemm hebat ya..teman-teman..pesantren lumayan punya nama gitu lho. Makanya setiap ke rumah..aku kasih apa-apa mau aja..jadi seneng dech ngasihnya. Tadi belanja budhe sayur cuma di tawari terong ungu, seger-seger karena baru metik katanya..ada orang yang nitip. Karena aku suka terong ungu..ya udah langsung ambil. Jadi hari ini aku cuma belanja terong ungu dan bumbu aja..hihi.

Tadi tuch cuma ada terong ungu. Duch...mau masak apa ya..secara yang suka terong ungu kok cuma aku. Palingan biasanya ku buat balado..hihi. Tapi kali ini pengen yang beda..aku masak berkecap aja. Untung Yodha masih punya stock ikan di freezer..jadilah aku masak terong ungu kecap pedas...sama ikan bakar. 

Semua menu hari ini..serba berkecap. Di rumahku..kecap adalah bumbu wajib ada. Dan kecapnya harus kecap cap Lele..hihi..kecap lain..gak laku di sini..*di rumahku maksudnya..hihi.* Makanya kemaren coba mengenalkan kecap lele ke dunia..*lebay*..eh banyak yang suka ternyata..dan banyak teman-teman yang order bareng tepung-tepung yang ku jual..dan rata-rata pada suka semua dech. Memang kecap Lele khas Pati itu kentel enak..jika di buat masakan..atau buat makanan itu jadi enak.  Kadang-kadang beli soto hambar..kalau di kasih kecap lele ini..jadi enak..hihi.

Nah..masakan berkecap memang favorit kami..lidah Jowo sejati. Yodha juga..suka kecap. Kalau makan bakso atau sup ayam..tanpa kecap pasti *klelat klelet*..alias malas malasan..tapi jika pakai kecap..langsung dech.. " Sikat gaes ! "..katanya..hihi. Kecap yang enak itu di buat melalui proses fermentasi secara tradisional yang cukup rumit..jadi citarasanya gurih dan manis enak. Tapi karena citarasanya cenderung manis, makan pemakaian sebaiknya jangan berlebihan, agar citarasa bumbu-bumbu lain tetap menonjol.

Okey..hari ini menunya serba kecap ya teman-teman..hihi, ini dia...terong kecap pedas dan gurame bakar kecap pedas juga, karena Yodha udah suka  yang pedas-pedas..sekarang...^^

Terong Kecap Pedas

Bahan
2 buah terong ungu, potong serong
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
6 buah cabai rawit, potong serong ( sesuai selera )
5 buah cabai merah, potong serong
2 cm lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
2 sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh kaldu ayam, dan garam sesuai selera
200 ml air

Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga hingga harum dan matang, masukkan cabe, lengkuas, aduk rata dan masak hingga cabai layu, masukkan air dan bumbu-bumbu lain serta terong. Tutup wajan dan masak hingga terong empuk dan bumbu meresap. Sajikan hangat

Gurame Bakar Kecap

Bahan-bahan :
1 ekor ikan gurame, dikerat-kerat
1 sendok makan air jeruk nipis
3/4 sendok teh garam
4 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
5 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
6 buah cabai merah keriting
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 cm kunyit
1/2 sendok teh ketumbar
1 cm jahe


Cara Membuat  :
Lumuri ikan gurame dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit. Cuci bersih
Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan air asam jawa. Aduk rata. Angkat. Tambahkan kecap manis, dan bumbu lain. Aduk rata.
Goreng ikan gurame hingga matang namun nggak kering
Lumuri ikan dengan tumisan bumbu. Diamkan 15 menit.
Bakar ikan gurame sambil dioles sisa bumbu sampai matang  ( aku pakai teflon anti lengket aja..praktis..^_^ )


5 comments :

  1. Sama ky aku mba suka terong ungu pkk nya semua sayuran sukaa hihihi... menu simple nih tp lezaaat wajib cobaaa:-)

    ReplyDelete
  2. Oww baru tau klo bikin ikan bakar, bumbunya ditumis dulu. Cobain aah

    ReplyDelete
  3. mb diah sumpah aq jan ngefans bingits...mama cio

    ReplyDelete
  4. ikan bakar sangat baik daripada di goreng

    ReplyDelete