Monday, June 29, 2015

Pipes Kopyor



Pipes Kopyor..adalah kudapan manis dari Temanggung  Jawa tengah..yang biasa di sajikan untuk menu buka puasa. Selain di Temanggung, daerah lain ada juga mungkin. Nama aslinya Pipis Kopyor..tapi di baca Pipes..hihi..jadi aku lebih sreg sebutnya Pipes aja dech..hihi. Pada dasarnya Pipes ini mirip sama carang gesing yang terbuat dari pisang dan roti tawar, namun carang gesing pakai telur kadang..kalau pipes ini nggak pakai. Pipes kopyor ini seharusnya juga berkuah..tapi punyaku asat..alias kehabisan kuahnya waktu di kukus...hihi. Soalnya tadi daunnya cuma kecil..jadi nggak bisa nampung kuah banyak di waktu di kukus..otomatis kuah santannya terserap semua ke rotinya. Next time kalau buat lagi mau pakai daun yang lebih lebar ah. Padahal tadi sudah membayangkan buka puasa makan pipes kopyor berkuah yang seger dan legit..hihi. 

Tapi pipes kopyor tanpa kuah ini juga tidak mengecewakan kok..rasanya tetep yummy dan legit..enak banget. Yodha yang pertamanya ogah-ogahan makan jajan pasar begini bilang enak tadi dan suka. Alhamdulillah. Ciri khas Pipes Kopyor ini adalah pakai kelapa muda ya teman-teman. Aku sarankan sich pakai kelapa muda yang dagingnya lembut..jadi enak banget. Biar lebih komplet tadi aku tambah pisang raja yang ranum juga..kebetulan punya pisang raja yang masak pohon..hemmm rasanya..ya tanbah enak banget. Wangi legit pisang..waktu di kukus aja udah harum semerbak menggoda imam..hihi.

Tips jik amau membuat pipes kopyor berkuah, pakai daun pisang kluthuk yang lemes dan lebar, jadi muat menampung banyak kuah. Untuk resep ini gandakan takaran kuah santannya ya. Karena untuk ukuran di bawah ini tadi pas aja untuk membuat pipes kopyor yang tanpa kuah. Selipkan plastik bening tebal tahan panas di antara dua lembar daun, agar kuah tidak bocor...tapi wangi aroma daun pisang tetap dapat.

Oke..selamat mencoba ya teman-teman..This is rekomended Gaes..! buat menu takjil buka puasa...hihi..*ikutan gaya Yodha..*

Pipis Kopyor ( Pipes Kopyor )

Bahan: 

Kelapa muda yang lembur dagingnya 1 butir, serut
Roti tawar 6 lembar, potong kasar
Daun pandan 2 lembar, ikat
Santan  400 ml
Gula pasir 75 gram
Garam 1/4 sendok teh
Vanili 1/8 sendok teh
Daun pisang dan plastik bening untuk pembungkus



Cara Membuat: 

Campur santan dan gula dengan ditambahkan sedikit garam dan vanili dan daun pandan.

Rebus hingga mendidih aja dan gula mencair ( jangan sampai pecah santannya )
Ambil 2 lembar daun pisang, beri plastik di tengahnya.

Beri bebera potong roti, pisang dan kelapa muda secukupnya. beri larutan santan dan gula secukupnya ( tergantung ukuran daun )
Kukus ± 20 menit. 

Dinginkan sebentar di kulkas sebelum di sajikan..ooh enak nyo..mak nyess..!

14 comments :

  1. Eh ini sepertinya jajanan utk takjil yg selalu muncul di bulan ramadhan di daerah sidoarjo sini...sebutannya srikoyo, biasa dikukus dalam mangkuk yg dalamnya ada roti,pisang,dan soun trus disiram santan...
    We love it!!
    Beda daerah beda nama ya..hihi...
    Hanya saja srikoyo tdk pernah dikukus dlm wadah daun..selalu ada mangkuknya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seru..pakai soun ya mba...soun yang buat masak itu kah ?..Jd pengen coba..iya kalau pakai mangkuk ndak bakal keasatan kuah ya mba.:)

      Delete
  2. kalau ibu dan ibu mertua saya suka bikin tapi gak pake kelapa muda dan pisang, hanya roti, santan, gula, daun pandan. Dimakan dingin2 enak banget ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..bisa roti aja.tambah pisang atau nagka enak juga..:D

      Delete
  3. kalau disini ga ada pisangnya ,, tapi pakai roti :)

    ReplyDelete
  4. walahh..ini jajanan yg sering dibuat ibuku jaman aku kecil dulu, namanya sama mbak, pipis kopyor..uenake puooolll :)

    ReplyDelete
  5. Mbak Diah trimakasih banyak ya.....kemarin dah nyoba resep pipes kopyornya. Subhanalloh....uenak!! Nendang bgt pas disajikan dingin.....pengen sy ninggalin jejak kalo abis praktekin resep Mbak. Tp sy malah sibuk nyicipin xixixi...abis enak2 sich. Smoga berkah ilmunya Mbak aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..sip mba syukurlah jika sesuai selera ya :)

      Delete
  6. Wahh, nyari-nyari resep yang endess ketemu blognya mak Didi. Suami kebetulan minta dibikinin pepes kopyor, tapi aku gak pernah liat penampakannya. Beruntung ketemu blog ini... Tengkiu mak Di...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak..sama2 ya..semoga sesuai selera :)

      Delete
  7. Sering makan tapi lumayan pernah buat sendiri. Dengan resep ini mudah2an besok sempat buat

    ReplyDelete