Thursday, June 18, 2015

Sagu Mutiara Saus Santan dan Gula Merah



Wah..janji mau posting menu-menu puasa ke teman-teman..kok ya baru kesampaian jam segini bisa posting..itupun ninggal sms yang ku lirik ada puluhan di tab tadi yang belum terbalas. Maaf ya teman-teman..yang belum ku balas sms nya. Belum cek email dan inbox. Satu persatu ngerjain kerjaan lain dulu..nyiapin menu buka buat Yodha..update postingan dulu wajib dech..hihi..setelah itu packing barang pesanan harian..dll..semoga bisa cepat selesai. Mohon sabar ya untuk teman-teman yang sms..^^

Bagaimana puasa hari pertama teman-teman hari ini ?..Lancar kan..nggak terlewat sahur kan..?..Kalau aku,  alhamdulillah dengan sibuk begini puasa jadi nggak berasa berat..malah waktu kok cepat sekali berlalu..hihi. Yodha juga kuat puasa, paling agak bilang kehausan dll..hihi. Moga kuat ya Kak..puaa hingga tamat..amin. Ya udah dech..menu pertama dulu ya..nich menu pembuka atau takjil.

Menghabiskan sisa sagu mutiara di rumah biar nggak mubazir, aku buat puding sagu saus gula merah dan santan. Bukan puding yang pakai agar-agar tapi ya..tapi dari sagu mutiara yang di rebus dengan pandan, sedikit gula dan garam, lalau di cetak dan di sajikan dengan saus gula merah dan santan..hemm..sepertinya enak ya..ya memang enak..dan cocok untuk menu pembuka buka puasa nanti.

Nah..biar cantik..kali ini aku buat dua warna..putih dan hijau. Jika teman-teman hanya menemukan sagu mutiara warna warni ada merahnya..buang aja yang warna-warni itu, rebus dulu semua sagu warna putih, lalu sebagian di beri pasta pandan atau pewarna sesuai selera. Jadi bisa di buat lapis dua warna yang cantik dech.

Kalau mau cepat merebus sagu mutiara, rendam dulu ya teman-teman sekitar 4 - 5 jam, pasti akan cepat matang. Jangan khawatir remuk, kan sagu itu lengket..jadi ketika matang nanti akan menyatu  lagi kok jadi butiran-butiran bening cantik.

Untuk saus santan di rebus dahulu ya..dengan daun pandan dan garam biar gurih. Gula merah juga..cairkan dulu hingga kental, pakai api kecil, pasti dech bisa kental dan legit saus gula merahnya.

Ok dech..selamat mencoba ya teman-teman..^^

Puding Sagu Mutiara Saus Santan dan Gula Merah

Bahan :
100 gram sagu mutiara, rendam min 4 jam. Tiriskan
600 ml air
1/8 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir
1 lembar daun pandan

Saus :
100 gram gula merah, serut, encerkan dengan 150 ml air , tambahkan 1 lembar daun pandan, panaskan hingga kental dengan api kecil
Santan rebus secukupnya

Cara membuat :
Rebus sagu mutiara hingga mekar, aduk rata hingga air habis. 
Bagi dua adonan, satu adonan biarkan putih, satu adonan beri pewarna makanan atau pasta pandan secukupnya, aduk rata dan panaskan sebentar agar warna menyatu.
Olesi cetakan puding dengan sedikit minyak, beri warna putih di bagian dasar, tambahkan warna hijau hingga penuh. Lakukan hingga adonan habis.
Dinginkan di kulkas. Sajikan dengan saus santan dan   saus gula merah.







7 comments :

  1. Waahh warnanya cantttiikk....pasti enak

    ReplyDelete
  2. jadinya lucu gitu ya mbak , enak kenyal-kenyal makan sagu mutiara

    ReplyDelete
  3. wah pengen bikin buat buka puasa :D tapi cetakannya harus beli dulu hihih

    ReplyDelete
  4. Enak tenan, gak kebagian ... Disikat Yodha semua.

    ReplyDelete
  5. Sibuk ya, Buuuuk. Hahaha
    Pingin nyoba buat buka puasa, ya.

    ReplyDelete
  6. Wah cantik sekali mbak, biasanya sagu mutiara cuma sy bikin bubur, ga kepikiran bisa jg dicetak begini. Mksh resepnya mbak Diah. Canna

    ReplyDelete