Saturday, June 27, 2015

Wedang Belimbing Wuluh Gula Aren


Buka puasa masak apa tadi teman-teman ?..Daku..cuma masak balado terong sama ikan bakar request Yodha..sama bakwan. Masaknya super praktis dan cepat..lha wong masaknya 1 jam sebelum buka..hihi. Akhirnya..pas buka puasa matang dech semua. Alhamdulillah kerjaan ndak habis-habis. Rencana sore mau buka puasa di luar pun gagal..karena nanggung kerjaan masih banyak. jadi buka yang cepat dan simple aja masaknya. 

Beneran..masak kilat dan cepat..hihihi. Lha tadi satu jam aja bisa mateng masak 3 menu...hihi. Eh masih di tambah bisa buat minuman lho...wedang belimbing wuluh. Gara-gara nengok pohon belimbing wuluh di depan rumah..ya ampun buahnya banyak banget ternyata dan sudah pada matang..jadi banyak yang berjatuhan.,.sayangnya...! Biasanya sich kalau banyak waktu luang aku buat sirup belimbing wuluh..yang resepnya pernah ku share di SINI atau buat  garam asem..seger dech.


Nah karena kasihan sama si belimbing wuluh  nich..jadi pengen coba-coba mengolahnya menjadi minuman yang lain. Kali ini aku buat minuman hangat aja, aku kombinasikan dengan gula aren. Jadi kayak setup belimbing wuluh gitu, ternyata hasilnya segar dan mirip-mirip wedang gulo asem..atau gula asam. Jadi rasanya asem manis segar. Di minum panas sebagai wedang enak..atau juga bisa di sajikan dingin.

Belimbing wuluh ini banyak khasiatnya lho teman-teman sebenernya. Dari buah hingga bunganya bisa untuk mengobati sakit batuk..jika di rebus bunganya. Terus buat masakan juga menambah citarasa seger , asem alami ya. Buat manisan juga enak katanya ya..tapi aku belum pernah coba..nggak kebayang pakai gulanya soalnya kalau buat manisan, pasti harus banyak banget. Kalau buat minuman kan nggak terlalu banyak gulanya. Sayangnya belimbing wuluh nich masih di pandang sebelah mata ya teman-teman..padahal jika sudah di olah mungkin bisa jadi tambah bernilai ekonomis tinggi ya. Aku pernah lihat di pameran makanan gitu..manisan belimbing wuluh setoples kecil gitu aja 30 ribu..hihi.

Jadi..jika punya pohon belimbing wuluh di rumah..yukk..di manfaatkan teman-teman...^^

Wedang Belimbing Wuluh Gula Aren

Bahan :
15 buah belimbing wuluh, belah jadi 2
100 gram gula aren
3 sendok makan gula pasir
1/8 sendok teh garam ( sejimpit kecil aja )
1000 ml air

Cara membuat :
Rebus gula dan air, dan garam. Saring jika perlu.
Didihkan kembali. Masukkan belimbing wuluh
Masak hingga belimbing wuluh layu dan sarinya keluar tercampur dengan air gula
Sajikan hangat atau dinginkan di kulkas jika mau di sajikan dingin.
Note : Jika mau di tambah es batu..otomatis gula di tambah sesuai selera ya teman-teman. 





3 comments :

  1. weww..makasih idenya mbak Diah..secara blimbing wuluh itu kan berlimpah2 buahnya, beli di pasar pun kayak ga ada harganya..seribu bisa dapat sekresek kecil, sementara penggunaannya buat campuran masakan kan ga seberapa, jadinya sering kebuang mubazir gitu...kalo dibuat minuman gini penggunaan si blimbing wuluh ini bisa agak banyakan, jadi ga mubazir deh... :)

    ReplyDelete
  2. mbak Diah, belimbing wuluh enak lho dibuat sayur ketupat khas Betawi. Belimbingnya dicuci bersih kemudian dimasukkan ke air panas. Kalau sudah berubah warna dibelah tengah dibuang tengahnya yg putih. Direndam air dingin dan diganti berkali2 smp 4/5 kali. Kalau buahnya sdh tidak asam lagi diolah sebagai pengganti labu siam/pepaya mudah bwt sayur ketupat. Dijamin enak. Cobain dech.

    ReplyDelete