Wednesday, June 17, 2015

Tips Dasar Membuat Kue Kering


Puasa..sebentar lagi..wah..pasti yang punya usaha kue kering udah mulai sibuk ya di rumah teman-teman. Jadi inget..dulu aku  pernah juga usaha kue kering buat di jual pas Lebaran..nah..jauh-jauh hari menjelang puasa gini udah sibuk bikin tester dan di kasih ke banyak orang..nah pas awal-awal puasa..udah panen order dech..hihi. Tapi ya itu..super capek dan nggak sempat tidur selama sebulan..paling cuma 2 jam aja tidurnya..tapi karena semangat kok ya kuat dulu ya..hihi. Kalau sekarang..aduch..mikir dech...kuat apa ngga ya..begadang bikin kue puluhan toples tiap hari..udah tua..hahah. Sekarang aku lebih suka nulis resep-resep aja di web ini..dan juga ku tuangkan dalam bentuk buku cetak...semoga bisa menjadi inspirasi usaha atau paling tidak untuk konsumsi sendiri buat suguhan di hari Lebaran..buat yang suka bikin kue kering sendiri di rumah.


Nah..sekarang..yukk kita sebelumnya kita belajar sama-sama dulu ya..trik dan tips supaya sukses dalam membuat kue kering..terutama buat pemula..yang baru belajar ya..biar nggak gagal buat kue keringnya. Yapp..kue kering emang gampang-gampang susah..bikin kue simple aja kayak nastar..kadang banyak teman-teman yang bertanya via inbox ke aku...kok nastar ku keras..dll..nah..untuk menghindari hal tersebut simak sedikit tips berikut ya..semoga bermanfaat ^^

Peralatan 

Alat alat yang di perlukan untuk pembuatan kue kering adalah mixer, atau pengocok manual jika belum punya mixer juga bisa. Wadah untuk adonan, spatula atau sendok kayu untuk mengaduk. Aneka cetakan kue kering, yang saat ini sangat beragam variasinya dengan bentuk yang lucu2. Alat semprit atau semprot adonan seperti piping bag dan aneka  spuit. Loyang kue kering, biasanya  terbuat dari alumunium dan tingginya rendah sehingga kue kering bisa matang dengan maksimal. Ada juga loyang khusus misal untuk pembuatan kue kering lidah kucing yang harus memakai loyang khusus lidah kucing yang ada lekukan cekungnya..namun jika tidak ada  bisa memakai loyang biasa yang di alasi silpat atau kertas roti..cuma bentuknya tidak akan secantik jika menggunakan loyang khusus untuk lidah kucing. Alat ukur , bisa berupa timbangan ataupun cup atau sendok ukur. Sendok untuk membetuk jika membuat aneka drop cookies.

Bahan Utama Kue Kering

Bahan utama kue kering adalah margarin / mentega, gula, telur, tepung terigu dan bahan tambahan lain serta aneka kacang2 ngan , choco chip dan bahan tambahan / perasa lain. Namun dalam perkembangannya sekarang ini banyak juga jenis kue kering yang tanpa telur, tenpa mentega, dll.
  • Margarin atau Mentega , juga minyak goreng semua bisa untuk mmebuat kue kering
  • Gula sebagai pemanis
  • Telur sebagai pengembang atau pengikat adonan
  • Tepung sebagai bahan dasar / kerangka kue kering, bisa terigu, sagu, dll.
  • Bahan Tambahan. Untuk memberi variasi pada kue kering, bisa di tambahkan bahan perasa tambahan seperti coklat , kopi, moka, pandan, jeruk , kacang , keju , meises kelapa, chocochip dll.
Metode Pembuatan 

Kue Kering di buat dengan cara sebagai berikut :
  • Margarin dan mentega di kocok sampai lembut, lalu di campur bahan2 lain. Ini di sebut *creamy methode*.
  • Semua bahan di campur jadi satu .
  • Telur di kocok, mentega di kocok, lalu di campur dengan semua bahan lain . Misal, dalam pembuatan kue lidah kucing.
  • Dari semuanya metode pertamalah yang aling sering di gunakan untuk pembuatan kue kering.
Metode Pembentukan

Pembentukan kue kering lah yang menjadi dasar jenis kue kering, yaitu :
  • Kue kering yang di bentuk dengan cara di sendoki
  • Kue kering yang di giling, kemudian di cetak.
  • Kue kering yang di semprit / semprot
  • Kue kering yang di bentuk dengan tangan
  • Kue kering yang di bungkus lalu di simpan di lemari pendingin , baru di potong2.
  • Dari semuanya..metode kue kering yang di sendoki.atau drop cookies lah yang paling mudah..apalagi buat pemula.
Nah..dasar2 untuk pemmbuatan kue kering sudah ya..sekarang kita masuk ke beberapa tip2 agar kue kering kita sukses dan bagus hasilnya :
  • Pengocokan margarin dan gula,  boleh sampai 2 menit, tetapi kalau mentega hendaknya jangan sampai lebih dari 1 menit, karena mentega mudah mencair ketika di kocok. 
  • Agar kue kering renyah, gunakan tepung terigu protein rendah. Jika ingin kue kering empuk , gunakan protein sedang.
  • Pengadukan adonan kue kering , jangan terlalu kuat dan lama agar adonan tidak mengaret dan kue menjadi liat. Masukkan semua bahan kering sekaligus agar lebih cepat mengaduknya, aduk hingga adonan berbentuk pasir atau butiran , mengaduk terlalu lama akan mengakibatkan adonan keras dan bantat.
  • Jangan menambahkan tepung terigu lagi jika adonan masih sedikit lembek , misal karena kelamaan ngocok kuning telur dan gula, tapi diamkan saja sejenak adonannya atau bungkus dengan plastik dan masukkan dalam lemari es . Kalau di tambahkan terigu..dan melebihi takaran di resep..maka kue akan bau tepung.
  • Jika menggunakan tepung lain selain tepung terigu, misal tepung tapioka atau sagu sebaiknya di sangrai dulu agar lebih mudah renyah.
  • Gunakan cetakan yang sekaligus beberapa buah sekali cetak, saat ini banyak di jual di pasaran aneka bentuk cetakan kue kering yang sekali cetak bisa jadi 5 atau 6..jadi lebih memudahkan dan mempercepat proses pencetakan, misal pada pembuatan kue kastengel yang perlu di cetak kecil2
  • Untuk adonan yang mengembang seperti kue kering yang di sendoki, beri jarak di loyang agar tidak saling menempel pas matang.
  • Suhu untuk mengoven kue kering sebaiknya jangan terlalu panas, sehingga kue kering matang sempurna dan tahan lama renyahnya.
  • Kemas kue kering jika sudah benar2 dingin.agar tidak beruap dan basah, sehingga mudah melempem lagi.
Nah..selamat berkreasi dengan kue kering teman2..semoga yang punya usaha kue kering laris manis tahun ini ya..dan yang ingin mencoba membuat kue kering sendiri untuk keluarga..semoga sukses...! ^^

Tips membuat kue kering dan pengenalan bahan lebih lengkap lagi, sudah ku tulis dalam buku tentang kue kering karya ku...BIKIN KUE KERING YUK. Sudah tersedia di toko-toko buku Gramedia atau Gunung Agung..atau bisa pesan lewat aku langsung. Ready stock. Biar cepat sms ke sini langsung bisa...
089654712500, dengan menyebut nama dan alamat ya untuk cek ongkirnya. Aneka resep kue kering mudah untuk pemula, ada dalam buku ini..juga aneka tips dasar dalam pembuatan kue kering secara lebih lengkap, masalah yang sering terjadi dan cara mengatasinya..semua aku tuangkan dalam buku ini. Resep2nya juga seru..selain kue-kue klasik..juga ada kreasi kue kering baruku yang aku buat dan belum pernah aku posting di sini. Jadi..cepat..di cari dan di koleksi ya..!..sebelum kehabisan..hihi.


Contoh-contoh resep di buku BIKIN KUE KERING YUK, seperti ini ya teman-teman..semua dari presentasi, praktek dan pemotretan kue aku lakukan sendiri lho...seperti contoh kue sagu keju ini..hemmm..meleleh di mulut..lembut ngeprul..biarpun ekonomis..tapi enak lho..jadi bis abuat inspirasi usaha juga nich...^^




Happy Baking..! ^^
Cheers,
Diah Didi

17 comments :

  1. saatnya baking ya mbak, buat bekal hari raya :) siap-siap aku conte resep2nya mbak diah didi

    ReplyDelete
  2. lucukkkk iu karakter. anakku nagih minta dibikinin. emaknya galau jadinya hehehehe

    ReplyDelete
  3. Mbak Diah, menanyakan soal bahan cookies yaitu ESSENSE BUTTER...takaran pemakaian nya sebaiknya berapa banyak ya. Teman saya minta dibuatkan Kue Semprit Dahlia ala NCC...cuma dia minta ditambahkan essense butter, padahal saya sdh pake butter dan blueband utk cookies nya....mohon saran

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..aku jarang pakai essence butter mba..tapi ngomong2 kan udah pakai butter ya..hihi..kok masih minta essence butter..:) Coba di kasih sedikit saja mba..:)

      Delete
  4. utk 500 gr terigu 1 sendok teh essence butter cukupkah mbak, belum pernah pake soalnya, jadi agak2 takut kalo rusak adonan nya....matur nuwun selalu direspon dengan baik....

    ReplyDelete
  5. Mba maau nanya,,kan sebagian resep kuker ada yg di masukin kulkas, itu tujuannya apa haanya utk mengeraaskan adonan,,atau ada manfaat lainnya,,,reply ya mba makasih,,salam kenal

    Mamah almira,,

    ReplyDelete
  6. Mba kalau yg kiloan itu mentega atau margarin ya? Aq masih bingung dalam memgenai mentega. Sebaiknya mentega merk apa yg dipakai kalau nemu resep yg mengharuskan pakai mentega?

    ReplyDelete
  7. Mbak mau tanya, kalau bikin kue kering itu pake gula halus biasa atau icing sugar ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. Mbak mau tanya, kalau bikin kue kering itu pake gula halus biasa atau icing sugar ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  9. Mbak mau tanya, kalau bikin kue kering itu pake gula halus biasa atau icing sugar ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  10. apakah mentega bs diganti margarin?..bgmn bila diberi BOS?..

    ReplyDelete
  11. Mbak, aq kmrin buat kue kacang resep mbk diah. Hasilnya enak tpi kok seret ya... Kira2 apa yang salah ya mbak, perasaan sdh ssuai resep.... Ajeng

    ReplyDelete
  12. mbak diah saya mau tny .Kalau buat kue kering itu margarin /butter nya apakah boleh di cairkan dulu?

    ReplyDelete
  13. mba ada resep kue yang lain ga ? sebentar lagi kan imlek, aq mau coba buat kue yang berbeda dari yang kemarin - kemarin, kalalu ada boleh di share mbaa...
    terima kasih

    ReplyDelete
  14. hmmm,, ternyata kue2 enak unik n ngilerin yg kumakan klo pas lebaran di mbah manten itu kue2 bikinan mb DD,,bsok2 lg bwa kantong plastik ah,,tak keruk smua,,hihi..

    ReplyDelete