Monday, June 1, 2015

Sayur Gurih Rebung & Tempe


Aku lagi kangen sayur ndeso lagi..yaitu sayur rebung...yang di masak gurih..bersantan..kemudian di makan sama sambel tomat dan ikan pindang goreng..wuih..enak..pakai banget..hihi. Kebetulan di Semarang rebung nich hampir sepanjang musim ada terus..ya namanya juga kota lumpia ya..kan berabe jika rebung susah di dapat..makin mahal ntar harga lumpia..hihi. Lha rebung murah dan selalu ada di pasar aja..harga lumpia bisa tembus 11 ribu per biji jika udah punya nama..yang belum tekenal berkisar 7 - 8 ribu. Jika rebung mahal bisa 20 ribu ntar sebiji ya...hihi. Lha.mau ngomongin sayur rebung kok malah ke lumpia..hihi. 

Tapi rebung Semarag ini memang unik..nggak ada sepet2 nya seperti rebung Yogya..jadi memang beda jika di olah. Selain di buat lumpia..rebung segar enak di sayur lodeh..atau di masak sayur gurih seperti ini. Kalau di tempatku di Yogya di sebut *jangan anyep* atau sayur gurih..karen anggak pakai cabai. Jika rebung muda..makan memasak sayur ini tidak perlu lama..tapi jika dapat rebung yang udah agak tua..ya terpaksa harus di rebus dulu hingga empuk, baru di masak. Tapi biasanya rebung yang di sayur ini rebung yang bagian ujung2 gitu..jadi lebih cepat proses memasaknya.

Bumbu gurih sayur ini sama   kayak bumbu gudeg..jadi kalau di masak hingga kuah habis juga enak lho..jadi gudeg rebung..hihi..cobain dech teman-teman..enak lho...bikin gudeg pakai rebung..hihi..jika nggak nemu nangka muda. Bisa di campur daun singkong..juga sayur rebung gurih ini. Kalau aku suka ku kasih tempe begini..rasanya juga enak.

Oke...selamat mencoba ya teman2..jika suka rebung ^^
Sayur Gurih Rebung & Tempe 

Bahan :
300 gram rebung muda, iris tipis
5 buah ceker ( optional )
1 papan kecil tempe, potong-potong
2 lembar daun salam 
2 cm lengkuas
1 batang serai
2 lembar daun jeruk 
1/2 sendok makan gula merah
1/2  sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera 
800 ml santan sedang

Bumbu halus : 
8 butir bawang merah
5 butir kemiri
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar

Cara membuat 
Tumis bumbu halus hingga harum dan benar2 matang, masukkan cakar ayam, aduk hingga berubah warna.
Masukkan santan dan bumbu2 lain.
Tunggu hingga mendidih, masukkan rebung dan tempa, masak dengan api kecil hingga matang dan kuah menyusut
Koreksi rasa
Sajikan



3 comments :

  1. mbak diah..benar benar selera lidah jawa ini! coba ada gambar pindang n sambal tomatnya..waaaa...besok wajib masak ini..heheh...
    masakan yg bersantan ini bumbu dasarnya mirip mirip ya mbak ternyata...(maklum saya trmasuk newcomer di dapur), hehe..
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..bumbu dasar kita akan ada 3 macam..bumbu dasar merah..kuning dan putih..nah ketiga bumbu dasar ini bisa di variasikan jadi aneka menu masakan..:)

      Delete
    2. oooo...gitu ya....hehehe...bener bener baru tahu saya mbk Di....
      pengalaman nyobain resep2 mbk Di kemaren2 itu...baru nyadar klo bumbunya mirip mirip...jd lumayan hpl and sering ditanyain teman2 lho..krn hasilnya enak..hihi...ke PD an jadinya... :)

      Delete