Monday, June 22, 2015

Lapis Susu


Wah udah tengah hari..udah masak apa baut buak nanti teman-teman..? Pastinya udah nyiapin menu komplet ya buat buka puasa. Salah satu menu buka puasa yang di sukai banyak orang adalah jajan pasar. Makanya nggak heran..di bulan puasa ini..kalau sore hari nich banyak ya..yang jualan kue-kue basah atau kue-keu yang khusus di jual di bulan puasa. Memang..kalau puasa itu paling enak berbuka dengan yang manis-manis. jadi yang pengen niat   usaha kue-kue selama bulan puasa ini..ayuk..masih lama kan puasanya..semangat ya menjemput rejeki tambahan.

Salah satu kue-kue yang banyak di jual di bulan puasa ini..ya jajan pasar. Indonesia..surganya jajan paar..banyak banget variasinya. Dari satu jenis jajaan pasar aja banyak ragamnya. Seperti kue lapis. Ada beraneka macam kue lapis di Indonesia ya teman-teman. Ada yang dari tepung beras, tepung tapioka..tepung sagu..dll..atau campuran beberapa macam tepung. 

Biasanya kue lapis memakai santan..nah kali ini aku mau share resep kue lapis yang pakai susu. Biar anak-anak juga mau makan kue lapis...biasa tho..apa-apa yang berbau susu..pasti anak-ana suka. Rasanya tak kalah gurih dan enak kok dengan kue lapis yang pakai santan.  Kue lapis ini memakai campuran tepung terigu dan tapioka. Jangan memakai tepung sagu ya teman-teman..karena kalau pakai tepung sagu..hasil kue lapisnya..akan bertekture berat dan sangat mengenyangkan..jika di makan..hihi. Beda dengan tapioka yang lebih ringan   rasanya. Jadi walaupun tepung sagu atau tapioka jika di buat aneka olahan gurih seperti empek-empek..siomay, bakso dll bisa saling menggantikan atau di padu padan, khusus buat kue lapis, aku saranin sich pakai tapioka aja. 

Nich aku dulu pernah bikin lapis pakai campuran terigu dan sagu..nampak padat bukan..^^



Variasi kue lapis lain mungkin teman-teman mau coba..aku pernah buat kue lapis labu kuning. Pas kan..bulan puasa gini labu kuning banyak beredar di pasar, murah pula harganya. Resep kue lapis labu kuning sudah pernah ku posting di SINI



Oke dech selamat mencoba buat teman-teman yang suka jajan pasar ya..moga bisa jadi salah satu ide menu takjil manis..^^

Lapis Susu

Bahan :
200 gram tepung terigu
75 gram tepung kanji
200 gram gula pasir
1/8 sendok teh garam
700 ml susu
1 butir telur, dikocok lepas
1 sendok teh cokelat pasta Sedikit pewarna merah muda
Vanili bubuk 1/8 sendok teh

Cara Membuat :
Aduk tepung terigu, tepung kanji, gula, dan garam. Tambahkan susu sambil diaduk hingga rata.
Tambahkan telur, aduk rata.
Bagi adonan jadi dua bagian, satu bagian tambahkan pasta coklat dan satu bagian tambahkan vanili. Ambil dua sendok sayur kecil adonan putih, beri pewarna merah sedikit saja, aduk rata.
Tuang 1 sendok sayur adonan merah ke loyang kecil sesuai selera, yang dioles minyak dan dialas plastik. Kukus selama 5 menit. Tambahkn dua senodk sayur adonan putih, kukus 5 menit. Tambahkan 1 sendok sayur adonan cokelat lalu ratakan. Kukus lagi selama 5 menit.
Lakukan melapis dan mengukus sampai adonan habis. Terakhir kukus kue selama 20 menit.

6 comments :

  1. pakai susu apa mbak diah,yang cair apa bubuk?terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. ehn, uenak nih, cocok buat ntar buka puasa

    ReplyDelete
  3. mb kalo ngk pakai telur bisa ngk?

    ReplyDelete
  4. siap mbak aku catat jangan pakai tepung sagu ya

    ReplyDelete
  5. oooo lebih baik pakai tapioka, ya. I see, mbak. jadi kalis juga, ya.

    ReplyDelete
  6. Itu dituliskan resep pkai kanji...yg bnr tep.tapioka atau kanji mba..n pakai susu apa ya..

    ReplyDelete