Saturday, June 20, 2015

Udang Goreng Balut Kelapa


Wuaa..udah hampir jam 3 sore aja...baru istirahat bentar packing buku kloter terakhir yang masakan ya teman-teman..di tunggu buat teman-teman yang belum kebagian...buku re stock kloter terakhir sudah datang kemaren sore. Insyaallah  kebagian semua..buat yang udah pesan minggu-minggu sebelumnya. Buat yang belum pesan dan minat buku ini, mohon maaf..silahkan cari ke Gramedia atau Gunung Agung ya..untuk buku resep 62 MASAKAN LEZAT UNTUK MENU SEHARI-HARI..udah sold out dan terpesan semua..alhamdulilah dalam waktu 3 minggu aja...baik di gudang penerbitku atau yang di kirim ke aku..udah nggak ada stock lagi. Untuk yang kue kering yang masih ready stock aman, karena baru terbit. Untuk yang buku resep masakan, tinggal ada stock buat teman-teman yang udah konfirm order minggu-minggu sebelumnya tapi belum terkirim kemaren, di tunggu ya..tak lembur lagi nanti packing. Tadi habis packing hampir puluhan buku..kok ngantuk banget hihi, dari habis Subuh packing hingga siang...jadi di selingi masak dan posting ajah..hihi..biar nggak bosan.

Oke dech menu hari ini yang super simple aja ya teman-teman..lauk mudah dan cepat. Aku buat udang goreng balut kelapa. Di dapur masih nyimpan sedikit kelapa kering sisa buat kue kering kemaren, jadi pengen nyoba buat udang goreng balut kelapa. Hasilnya enak dan gurih..kayak rempah udang jadinya. Enak dan gurih. Apalagi jika udangnya pakai udang segar...hemm..di maska apa aja memang enak.

Untuk membuat rempah kelapa ini memang pakai kelapa kering. Kelapa kering ini bisa di beli di toko bahan kue, karena memang biasanya di oaka untuk membuat kue kering. Namun jika tidak ada,..bisa pakai kelapa parut kasar yang di oven api kecil sekali hingga agak kering atau di jemur mungkin bisa kali ya..pokoknya agar kelapa agar kering gitu.

Oke dech..aku tak lembur lagi..selamat mencoba ya teman-teman jika suka..moga cepat kelar peer packingan buku dan tepung-tepung yang numpuk hari  ini biar besok bisa coba resep-resep lain yang berbeda. Have a nice weekend..all..!

Udang Goreng Balut Kelapa

Bahan
300 gram udang segar
Kelapa parut kering 50 gram
Putih telur 1 butir, kocok lepas

Bumbu halus 
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh kaldu ayam / garam ( sesuai selera )

Cara membuat 
Bersihkan udang, biarkan berkulit atau jika suka di kupas, ya kupas aja
Waktu udang masih basah segera lumuri dengan bumbu halus hingga rata, diamkan 5 menit
Panaskan minyak, celup udang ke kocokan putih telur, gulingkan ke kelapa kering, lalu goreng hingga matang. Tusuk dengan tusukan sate agar penyajian makin cantik
Sajikan hangat dengan saus sesuai selera


2 comments :

  1. unik banget mbak menunya udang di balut kelapa. Kalau mamasaya sukanya bikin udah di tumbuk campur kelapa sama telur trus di goreng. Ini menu baru buat aku, bikin ah nanti

    ReplyDelete
  2. Sudah eksekusi resepnya mba Diah..sedap..anak2 semua suka, maturnuwun

    ReplyDelete