Saturday, January 17, 2015

Cireng Tahu Pedas


Ini resep uji coba iseng banget...kemaren ada tukang yang kerja di rumah..nggak sempat bikin cemilan..wis akhirnya aku buatin tahu aci aja..kebetulan masih ada beberapa tahu di kulkas. Eh sisa adonan masih..ya udah karena tahunya tinggal dikit aku remukkan saja..bentuk bulat2..jadi dech cireng. Aku coba goreng cireng tahunya..enak lho..jadi kayak Tahu Aci..tapi tanpa tahu..hihi.

Nah..keisengan berlanjut..sisa adonan selanjutnya ku tambah cabai kering flakes..jadinya..cireng tahu pedas. Tapi..kalau rasa lebih gurih yang cireng tahu tanpa cabe flakes..karena rasa pedas cabe lebih dominan. Jadi kesimpulannya..cabe itu memang nggak cocok kalau di campur adonan gorengan. Misal bikin bakwan gitu..kurang sip juga jika cabe di rajang..terus di campur adonan..aku pernah coba juga. Jadi lebih enak..cabe itu ya buat di ceplus..sambil makan gorengan.

Tapi kadang2 memang kita harus berani mencoba hal2 baru dalam masakan..jadi biar tahu rasanya..hihi. Seperti cireng..dulu aku pernah coba cireng pakai ikan..yang resepnya pernah ku posting di SINI. Tentu saja hasilnya lebih gurih dan enak. Next time mau coba cireng pakai ebi ahh...siapa tahu bisa gurih juga. Tapi memang paling enak ya..back to basic...cireng original..yang cuma pakai bumbu aja. Kalau cireng yang isi aneh2 gitu aku memang kurang suka. Kecuali Olos, cireng isi sayuran dan Jalangkote..cireng isi tahu.

Baiklah..karena  yang cireng pedas aku kurang suka..aku kasih resep yang pakai tahu aja ya teman2. Aku pakai Tepung Acine buat cireng tahu ini. tapi jika teman2..mau pakai tapioka biasa..bisa juga. resep2 udah ku share ya..ada macam2 cireng dulu...salah satunya cireng praktis di SINI. Tinggal tambahin tahu aja di adonan..dan bumbu juga tentu saja menyeseuaikan karena ada tambahan tahu yang di remukkan.

Untuk resep yang pakai Acine...tepung kanji yang sudah berbumbu..salah satu tepung jualanku...siapa tahu teman2 yang kemaren beli Acine dariku masih punya stock di rumah..bisa di buat cireng tahu ini nich...enak. 

 
Cireng Tahu

Bahan :
Tepung Acine 1 pack
2 buah tahu Cina, remukkan
2 sendok makan tepung terigu
1/2 sendok teh kaldu ayam
1/2 sendok teh gula pasir

Cara membuat :
Campur semua bahan. bentuk bulat2 pipih, Masukkan ke minyak dingin di  wajan.
Panaskan kompor api kecil dan biarkan cireng hingga mengembang 
Jika minyak sudah panas, aduk2 hingga cireng matang dan kering luarnya



3 comments :

  1. rizka ibue kayla kanayaJanuary 19, 2015 at 10:21 AM

    mbak klo gak punya tepung acine,bisa diganti tepung apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mba..di postingan udah ku sebutin kan bis apakai tapioka..di klik aja resepnya yang CIRENG PRAKTIS yang tulisannya beda warna itu mba..menuju ke resep2nya linknya..:)

      Delete
  2. Mb klo menggoreng diawal kan pakau minyak dingin...gmn klo menggoreng yg kedua dst....apa hrs pakai minyak dingin lg? Mohon infox ya....mksh sblumnya. .

    ReplyDelete