Thursday, January 15, 2015

Abon Cabe Udang


Wua...udah sore aja ya teman2..huhu..belum sempat update blog..baru selesai bales email2..tadi seharian di dapur..ada deadline tugas yang harus selesai sebelum akhir bulan. Harus bisa..selesai..semangat......! ^^
Baiklah..sebelum packing2 dan mengurus pengiriman paket2 hari ini..laporan dulu sama teman2 ah..tadi masak apa aku..hihi. Salah satunya..tadi bikin abon cabe udang ini nich..buat nge tes stock baru cabe kering flakes yang baru datang kemaren dari supplier. Lama nggak kulakan cabe flakes..lha tak kira harganya ikut melambung tinggi kayak cabe segar..ternyata alhamdulillah nggak banyak niak teman2..jadi aman nich..harganya..masih jauh lebih murah dari harga cabe segar..hihi. Jadi..buat yang suka pedas kayak aku..cabai sehar naik..bukan masalah..masih bisa buat abon cabe nich..yang enak dan pastinya pedasss..siap di tabur di anekan makanan. Praktis..jadi nggak perlu masak dobel2 lagi buat Yodha..misal masak sayur gitu..masak aja yang gurih dulu..nanti pas makan tinggal taburi abon cabe..enak...!

Jadi buat teman2 yang kemaren2 pesan cabe flakes kering..udah ready stock lagi ya..bisa di buat abon cabe seperti ini atau bisa untuk taburan aneka snack..atau buat masak tumis2 yang pedas gitu juga oke. Praktis..tinggal di tabur tabur aja di masakan. Cabe flake ini bentuknya masih agak kasar ya teman2..jadi citarasa cabenya masih terasa..terbuat daricabe segar yang di keringkan..kemudian di buat serpihan kecil2. Jadi sangat pas banget buat bikin abon cabe.

Nah..dulu pernah buat abon cabai teri dan rebon..sekarang bikin yang lebih mantap lagi yukk.....yaitu abon cabe udang..aku pakai udang kecil2 segar yang aku goreng garing dulu. Jadi so pasti lebih gurih karena terbuat dari udang segar yang rasanya manis dan gurih sekali..pas banget di buat abon cabe. Gigitannya udangnya juga lebih dapet gurihnya ya teman2..di banding dengan rebon yang lembut.

Oke dech..langsung saja ini dia resepnya ya..aku pakai cabe flakes kering....siap pakai yang aku jual..tapi jika teman2..mau pakai cabai segar..bisa juga..di oven dulu seharian ya..di api kecil..sampai kering..atau di jemur berhari2 hingga kering..tapi ya..musim hujan gini..mana ada matahari ya..ayuk  daripada repot beli cabai flakes aja yang aku jual..hihi. Tinggal campur2 bumbu..siap dech jadi abon cabe homemade yang lebih  enak lho..di banding beli abon cabe jadi..hihi.

Abon Cabe Udang

Bahan :
100 gram cabe flakes kering siap pakai ( atau dari cabai segar yang di oven seharian, di blender kasar )
100 gram udang kecil2, goreng hingga garing, dinginkan, remuk kasar
2 sendok makan bawang merah goreng, remuk kasar
1 sendok makan bawang putih goreng, haluskan
Garam secukupnya
Kaldu ayam bubuk 1/4 sendok teh ( optional...aku pakai alsultan..)
Gula pasir halus 1/2 sendok teh

Cara membuat :
Tumis bawang putih halus dengan sedikit minyak hingga kering
Masukkan semua bahan lain, aduk rata di api kecil hingga bumbu tercampur rata
Koreksi rasa, angkat jika sudah pas gurihnya
Dinginkan dulu sebelum di kemas di toples

8 comments :

  1. Mbak di, udangnya diambil kepalanya aja kan?
    Wah lezat tuh kayaknya...pas buat nasi punel nan hangat :)
    Oya mbak, saya mau order potato flournya, tlg dicek di emailnya mbak ya..
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..jk nggak suka di buang..kalau aku kalau udang kecil2..di goreng garing..kepalanya jug aneak kriuk2 gurih lho..dan byk gizinya kepala udang ituch.hihi

      Delete
  2. Trims mbg.....Dr dl aku posting resep boncabe,ga ada yg ngei resep.
    Oiya...gak pk garam to mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pk tho mba.itu seckupnya. Oh ya udangnya juga di kasih garam dikit pas di goreng ya..biar mantap,,:)

      Delete
  3. Mba Didi, dikau sangat telaten ya.
    Selalu berbagi ilmu dan resep :)

    ReplyDelete
  4. Mba kl mau tau produk yg mba jual n harga na dmn ? Mklum aq msh newbie mba.ada pin bb ga mba? Trima ksh sblumnya

    ReplyDelete