Thursday, January 8, 2015

Tips Membuat Roti Goreng


Udah mulai hujan terus ya teman2..wah..bawaannya jadi pengen ngemil terus..hihi. Apalagi ngemil yang di goreng..anget2..kayak roti goreng isi sosis ini atau gorengan lain..wuaa..nggak kerasa kenyang dech walau udah habis sebiji dua biji..hihi. Duch gimana bisa langsing coba..jadilah resolusi setiap tahun tidak pernah berubah, karena belum berhasil terus..lol..!
Resolusi apaan tuch ?..Jadi langsing..haha. 

Sampai di ledekin sama Yodha..Mami kapan kurusnya ?..." Lha tuch....ngemil terus..kata dia..nanti nggak bisa kayak Ailee lho kata yodha. Yodha tau Ailee lho teman2..itu lho Diva top Korea..yang sexi dan enerjik. Nggak langsing2 banget kayak girl band2 Korea sich..tapi badannya itu sexi berisi tapi singset..hihi..ya iya lha ya..artis gitu lho Kak. Dan Yodha tau..kalau aku nge fans sama Ailee..sampai hafal lho lagu Ailee dia yang Don;t touch me..

"Gasi bakhin mareul silkeot peobutgo
Aju wanbyeokhage doraseoneunde
Wae jakku du nune nunmuri chaneunji
Get out get out
Get out get out let me go!"

Aku dan Kakak suka banget lagu Aille ini..bikin semangat...hihi...jadi hafal liriknya..karena sering di putar di Channel M..hihi. Ya wis Kak..besok Mami tak olahraga biar mirip Ailee..hahaha..mimpi dulu..ya udah daripada belum tidur udah mimpi..nyanyi dulu aja..hihi.

Alah..mau posting roti goreng aja kok..ngelantur ke mana2...kebiasaan..! hihi

Oke..aku mau kasih tips membuat roti goreng aja ya teman2, resep roti gorengnya udah pernah ku posting di SINI soalnya..cuma ku ganti sosis aja isinya.

Roti goreng...sebenernya itu mirip adonan donat..cuma beda bentuk aja..dan biasanya adonan roti goreng itu lebih berserat, lebih empuk dan berpori.  Cara penanganan adonan sama kayak adonan donat. Liat di SINI cara menguleni adonan roti atau donat dengan benar ya teman2.

Roti goreng bisa di isi macam2, tumisan ayam gurih, terbuat dari ayam rebus yang di cincang halus atau di suwir, terus di bumbuin. Bisa juga daging cincang. Ada juga isian manis seperti pisang atau coklat. Sesuai selera dech.

Agar roti goreng tidak cepat gosong, gunakan api kecil, tapi ketika adonan masuk, minyak sudah panas..jadi adonan bisa mengembang

Jangan memasukkan adonan roti terlalu banyak ke wajan ya..nanti suhu minyak jadi turun dan roti nggak bisa ngembang dengan baik, hasilnya jadi berminyak juga rotinya.

Adona roti jika sudah terfermentasi..harus segera di     goreng..karena proses fermentasi tetap terus berjalan. Jika over fermentasi..adonan  bisa rusak dan   rasanya asam.

Adonan roti yang di goreng akan mengembang , jadi jangan terlalu besar membentuk rotinya. Jika terlalu besar dalam roti belum matang, tapi luar keburu kering. 

Pemakaian gula jangan terlalu banyak agar roti tidak cepat gosong.

Untuk menghambat adonan cepat gosong ketika di goreng, lapisi roti goreng dengan tepung panir. 

Gunakan minyak banyak hingga adonan roti terendam minyak selama proses goreng agar matang sempurna. Jika roti sudah mengembang biasanya akan naik ke permukaan minyaknya..jadi harus sering kali di aduk atau di balik agar seluruh bagian terkena minyak. Atau bisa juga di goreng sambil bagian atasnya di ciprat2 minyak panas agar matang merata.

Jika roti goreng isi coklat atau isian selai, usahakan adonan tertutup rapat kembali setelah di isi agar isi tidak pecah ketika di goreng. Cubit2 bagian sambungan adonan agar tidak terbuka ketika kena minyak panas. Jika fermentasi adonan baik..biasanya ketika bagian sambungan adonan di cubit2 akan mudah menyatu. Jika  susah di tutup dan di satukan bagian bawahnya setelah di beri isi, berarti adonan belum mengembang sempurna fermentasinya.

Agar roti goreng lebih empuk, bisa di tambah  umbi2 an..misal kentang, ubi dll. Atau bisa juga pakai Tepung Kentang Seduh..kayak yang aku jual tuch..enak juga buat campuran roti..hihi.."jualan maning.." Beneran teman2 dengan tambahan tepung kentang bisa tambah empuk dan awet empuk sampai dingin lho..roti gorengnya,...aku udah pernah coba....pakai resep donat kentangku yang pakai tepung kentang seduh itu,  aku buat roti goreng juga enak banget. Mau lihat menul2nya donat pakai campuran tepung kentang ini..klik di SINI ya teman2..buat yang belum tau..hihi.

Selain di isi langsung..roti goreng bisa juga di jadikan pengganti roti sandwich atau  hot dog..caranya..goreng polosan bentuk bulat atau panjang hingga matang. Belah dua, isi dengan daging atau sosis..jadi dech lebih enak dan kriuk burger atau hot dognya.

Roti goreng karena prosesnya di goreng memakai minyak..menghasilkan roti yang lebih gurih dan renyah luarnya jika masih panas, jadi paling enak segera sajikan sewaktu masih hangat. Roti goreng juga maksimal 2 atau 3 hari daya simpannya di suhu ruang.

Oke dech segitu dulu ya tips2 membuat roti gorengnya teman2..semoga sedikit bermanfaat ya..^^


15 comments :

  1. Enak kayaknya mbk, cuma kadang males bikin isinya mb...terus ditunggu resep2nya yg lain. Ow iya td eksekusi carang gesing kata adik q enakkk... senengnya klo sukses :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak usah bikin mba isiannya..sosis beli jadi aja..hihi..
      Sipp mba..syukurlah jika sukses ya bikin kuenya.

      Delete
  2. bun, linknya yg roti goreng ga bs dibuka ya?kok pas q buka tlsnnya This page doesn't exist gtu bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..maaf belum di isi copi linknya kmrn mba..hihi..mksh ya udah di ingatkan..udah di revisi skrg..:)

      Delete
  3. pingin nyoba pake tepung kentang q mak^^penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya praktis dan empuk Mak..jk di tambah roti goreng...:)

      Delete
  4. wah..boros minyak ya mak tapi ingin coba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai panci kecil Mak..jadi tetep bisa deep fry..tapi nggak boros minyak..:)

      Delete
  5. Yodha nggemesin deh mbak Di.... dari cerita mbak Diah aja udah bikin gemesss, suka ngomentari bundanya....lucu.. coba ketemu Yodha pasti pengennya nyubit... salam cubit ya mbak buat Yodha..hihih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi ceriwis mba..dia..suka komen macam2..mungkin dalam masa kritis ya anak segitu..hihi..tp komennya lucu2 dech..Yodha itu..:)

      Delete
  6. Mba didi, kalau misalkan di tambah tepung kentang, komposisi atau takarannya jd gmn ya? Kan itu 200gr tepung terigu, nah tepung kentangnya segimana ya? Terimaksih banyak mba di...

    ReplyDelete
  7. Mba, kalo ada sisa adonan baiknya gimana ya? Saya coba simpen di freezer dibungkus plastik wrap dan digoreng besoknya rasanya jadi agak lain... Heehe, makasih banyak mba didi :D

    ReplyDelete
  8. Mbak, kalo roti gorengnya digoreng stgh mateng dulu, trus nanti atau besoknya kalau mau dimakan br goreng lagi bisa ga ya?

    ReplyDelete
  9. Mbak, kalo roti gorengnya digoreng stgh mateng dulu, trus nanti atau besoknya kalau mau dimakan br goreng lagi bisa ga ya?

    ReplyDelete
  10. Mbk, kalau bikin roti goreng biar dalemnya pas di makan jd kenyal gmn ya?
    Sy uda bikin tp pas di makan rasanya agak renyah dalem nya, jd kyak mkan donat mbk rasanya. Apa resep sy ada yg kurang ya?
    Ini resep sy: Tepung trigu, mentega, gula, ama fernipan.
    Mhon pencerahanya...?

    ReplyDelete