Tuesday, January 27, 2015

Selada Bangka


Aku suka sekali menu2 sepinggan yang padat gizi gini teman2....karena bahan campur2 udah komplet padat gizi dalam satu piring..hihi. Apalagi banyak sayurannya..jadinya seger gitu. di Indonesia menu2 gini banyak ya..kayak gado2..lotek..tahu campur dll. nah..kalau ada menu2 khas dari berbgai daerah yang menu2 sepinggan gini aku pasti penasaran ingin mencobanya. Nah..kali ini aku coba Selada khas Bangka..atau salad kali ya..bahasa kerennya. Mirip gado gado ya ?..Iya..bahan2nya..tapi rasa berbeda kok teman2..karena saus selada Bangka ini pakai sambal kacang yang     bumbunya pakai ebi..jadi rasanya jadi khas dan gurih. Lumayan buat menambah variasi rasa aneka bumbu kacang gini.

Masakan khas Bangka banyak yang menarik untuk di coba..nanti aku coba satu per satu dech. Ada Lakso kuah ikan dll. Bangka itu sama dengan Bangka Belitung kah ya....yang terkenal dengan pantainya itu atau bukan teman2..hihi..ndak tau dech..yang jelas menu2 dari Bangka itu kebanyakan menu2 hasil laut ciri khasnya...dari yang aku baca2 sich. Dulu aku   punya teman kost di Yogya..yang asli Bangka..kalau mudik..dan kembali ke Yogya..pasti bawa oleh2 aneka kerupuk ikan yang enak2..dan katanya..itu cuma kerupuk yang di jual di warung2 gitu..eh udah enak banget kerasa sekali ikannya..karena di sana..katanya ikan memang murah sich. Makanya banyak masakannya apa2 pakai ikan dech.

Nah..sekarang yang simpel dan mudah dulu serta murah meriah..seladanya dulu ya teman2. Tips mengolah ebi untuk bumbu..rendam dulu ya di air panas hingga mekar agar rasa asin sedikit berkurang..serta mudah di haluskan. Jika teman2 yang tinggal di luar negeri kesulitan cari ebi..bisa kok bikin sendiri..caranya cukup mudah..asal sekarang lagi musim panas lho ya..jika musim dingin ya nggak bisa..karena musti di jemur2 dulu gitu baru jadi ebi. Cara membuatnya..udang segar yang masih berkulit di rebus sebentar hingga matang di air garam, lalu jemur hingga kering. Jika sudah kering , kupas kulit dan kepalanya..ya..lalu simpan dech untuk persediaan.

Oke..selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^

Selada Bangka

Bahan :
2lembar daun selada
1 buah kentang, rebus, potong2
1/2 buah ketimun, potong2 kecil
2 lembar kol, iris halus
50 gram taoge, seduh denga air panas
Tahu goreng 2 biji / secukupnya
Telur rebus 1 butir, jika suka..aku lupa motret telurnya..hihi

Saus Kacang :
100 gram kacang tanah sangrai atau goreng, giling halus
3 bawang merah
1 bawang putih
3 buah cabai merah
Garam secukupnya
1 sendok makan ebi, rendam air panas hingga mekar
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok makan kecap manis ( tambahanku sendiri..hihi..selada Jowo )
Air 150 ml ( secukupnya ), jeruk limau secukupnya
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan kacang dan bumbu lain . masak hingga mengental, Kucuri air jeruk limau. Koreksi rasa.

Cara membuat :
Siapkan bahan2 selada di piring..siram dengan saus kacang
Note : 
Sayuran bisa di sesuaikan selera ya teman2..itu aku di foto ada buncis rebus juga, biar komplet sayurnya..hihi..kalau aslinya..nggak pakai ya..^^




4 comments :

  1. Wah sering dibeliin nih, tambah selera kalo makan pakai telur rebus.. seneng akhirnya dapat resepnya.. makasiii :)

    ReplyDelete
  2. Hmmm... kesukaanku nih mbak makanan model begini... sepiring udah komplit karbo, protein & seratnya. Biar praktis kalau pakai bumbu pecel jadi trus tinggal nambahin ebi kira2 menyimpang gak ya mbak rasanya...?

    ReplyDelete
  3. Hai mbak slam kenal..sya sering buka blog mbak..kreatif bgt..

    ReplyDelete