Google Ad

Saturday, January 31, 2015

Kwetiau Kekian Goreng


Wua..late postingan terus ini..maaf ya teman2..yang mampir ke blog..baru sempat posting malem2..ketimbun deadline..hihi. Ngaso dulu ini sambil di sempatin nulis di blog. Maaf juga jika telat bales komen2 nya ya..moga2 sesegera mungkin jika udah selesai semua deadline kerjaan aku jawab satu persatu yang tanya2 di blog ya.

Kali ini masak menu cepat2 lagi nich..kwetiau..pakai kekian goreng..enak banget lho. Kwetiau ini ala2  kwetiau kaki lima yang ala chinese food gitu..jadi bumbunya cuma bawang geprek aja. Kekuatan gurih di perkuat  oleh udang aja..sama saus tiram. Kalau aslinya pakai Angsiu kayaknya. Tapi kalau kita masak di rumah ya nggak usah pakai ya..pakai saus tiram dan kecap aja udah enak kok.

Yukk langsung saja catet ya resepnya..^^
Kwetiau Goreng Kekian

Bahan :
1/2 bungkus kwetiau kering..wah ukuran berapa ya..lupa..hihi..pokoknya kalau di masak jadi dua piring kwetiau..kemasan kecil yang beredar di spm tuch lho teman2.
4 buah bakso sapi atau ayam atau ikan
50 gram kekian siap pakai , goreng hingga agak kering, resep kekian udah pernah ku share ya atau beli jadi juga ada
5 ekor udang kupas
Sawi sendok 1 bonggol, potong kasar
Kol 2 lembar, potong kasar
1 buah wortel, iris serong tipis
2 batang daun bawang, iris serong
2 siung bawang geprek
1/4 buah bawang bombay, iris panjang
1 butir telur
1 sendok makan saus tiram 
2 sendok makan kecap ( sesuai selera )
1/4 sendok teh merica bubuk
Garam jika kurang asin..tapi dikit aja ya..saus tiram udang asin soalnya.

Cara membuat :
Rebus kwetiau dengan 2 cm  jahe geprek buat ngilangin aroma pabriknya..hihi. Beneran lho..kalau  kwetiau kering tuch ada aroam2 pabrik gitu ya teman2..nah dengan di kasih jahe geprek..jadi natural alami lagi dech aromanya..cobain dech..^^
Tumis bawang putih dan bombay hingga harum, masukkan udang, aduk hingga berubah warna, masukkan wortel dan bakso, aduk bentar agar wortel layu, agar mudah matang iris wortel tipis  ya teman..karena kwetiau ala Chinese Food gini di masak cepat aja api besar..jadi sayuran masih kres2 seger gitu. 
Setelah wortel layu, masukkan sayuran lain,  dan air sekitar 50 ml aja, lalu masukkan garam, merica, saus tiram dan kecap manis, aduk rata cepat hingga bumbu meresap. Jangan overcook ya...ntar jadi lembek kwetiaunya.

Menu lain yang simple nich..buat teman2 yang masih punya tepung Acine yang beli dari aku, semoga bisa jadi variasi ide ya olahan aci. Aku tahu plethok udang nich kemaren..wah enak sekali..jadi tambah gurih alami acinya.Yang nggak punya acine..search aja resep tahu aci di blog ini ada ya.


Cara buatnya gampang ya..tepung Acine sebungkus @ 150 gram, di campur dengan 2 sendok makan tepung terigu, udang kupas yang sudah di haluskan 50 gram, kasih air panas secukupnya hingga dapat di pulung, oleskan ke tahu yang di iris tipis2..udah..tinggal di goreng dech..yummy..!

Tips menggoreng aci agar bisa renyah dan nggak berminyak, campur dengan sedikit terigu,  masukkan ke minyak dingin , baru di panaskan, jadi aci akan mengembang sempurna perlahan2, bukan mendadak mengembang karena langsung kena panas. Jika aci udah mengembang..aduk2 atau bolak balik agar rata semua bagian terkena minyak panas sewaktu proses menggorengnya. Jika adonan aci langsung kena panas, jika udah dingin akan menciut lagi dan berminyak..karena dalamnya belum matang sempurna udah di angkat.


8 comments :

  1. Wuaaa.... kwetiau goreng uenaaak... kemaren aku habis bikin tapi kurang siip karena kwetiaunya ada bau2 pabrik. Tipsnya sangat bermanfaat.. besok tak coba lagi deh. Tengkyu mbak Diah... ^_^

    ReplyDelete
  2. pagi-pagi udah di sajikan resep seperti ini...enakkkk banget.... langsung saya praktekan ya kk

    ReplyDelete
  3. Mbak enakan mana kwetiauw kering atau basah ? thx

    ReplyDelete
  4. Kekian itu apa sih, mbak ??

    ReplyDelete
  5. mbak, biasa pake kwetiau merk apa ? aku kalau bikin mesti lodrok mbak, hiiiks....

    ReplyDelete
  6. cmn resep ini yg aku krg berhasil mb DD,,krn kwetiaunya agk over cook,,eh kecap manis nya kurang byk krn keabisan,,salah pake saus tomat lagi,,tp kekiannya juara..tp ttp anak2 sukaaaaa hihi...ktanya jg bekalnya jd rebutan ma temennya..

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel