Google Ad

Monday, January 19, 2015

Rempah Kelapa Ayam



Rempah..adalah lauk gorengan yang terbuat dari kelapa yang agak muda, khas Semarang..jika nggak salah lho ya..soalnya aku kenal  lauk ini ya sejak tinggal di Semarang. Kalau di Yogya ada yang mirip rempah gini..namanya *tho ntho. Bedanya..rempah bumbunya lebih komplet..kalau tho ntho lebih simpel dan nggak pakai telur adonannya.

Kalau rempah itu juga bisa di buat macam2 variasi..favoritku adalah rempah udang. Tapi biar nggak bosan..dan memang lagi nggak punya udang..aku tadi bikin rempah kelapa pakai ayam..enak juga lho teman2..sama gurih kayak rempah udang..suka dech. Jika suka pedas..bisa di tambah cabai rawit di adonan..wah rasanya tambah sipp..pedes2 gurih. Nah..kalau buat rempah kelapa ini cocok dech di tambah cabai di adonan..karena bahan utamanya kelapa..jadi tambah gurih dan sedep. Rempah ini sangat cocok buat lauk nasi kuning juga lho teman2..sebagai pengganti perkedel. Cobain dech..cocok banget. Tapi buat lauk sayur atau di gado gitu aja juga gurih lho..^^

Next time mau coba juga ah..rempah tahu..mungkin enak juga. Tips untuk menggoreng rempah ini, jangan di bolak balik ya teman2..waktu menggorengnya.cukup di balik jika adonan bawah sudah kecoklatan. Jika di bolak balik waktu adonan bawah belum matang, nanti mudah hancur. Untuk variasi rasa..ayam bisa di ganti udang kupas yang di haluskan sejumlah ayamnya ya.

Ok..selamat mencoba ya teman2..ini dia resepnya..^^

Rempah Ayam
Bahan:

1/2 butir kelapa sedang..agak muda..tapi sudah bisa di parut panjang
100 gram ayam giling ( atau cincang halus )
1 butir putih telur

Bumbu, haluskan:
2 siung bawang putih
½ sdt ketumbar
2 butir kemiri, sangrai
3 buah cabai rawit
¼ sdt merica butiran
½ sdt gula pasir
1/2 sdt garam & 1/2 sendok teh kaldu  ayam bubuk jika suka..( aku pakai Alsultan ^^ )

Cara Membuat :
Campur kelapa, ayam, putih telur dan bumbu halus hingga rata.
Bentuk adonan menjadi bulat pipih atau bulat lonjong, sesuai selera.
Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecokelatan dan kering.
Angkat dan tiriskan.

Tips : Waktu menggoreng..sebelum sisi bawah kering..jangan di bolak balik ya..jadi biarkan bagian bawah berkulit dulu, baru di balik.

7 comments :

  1. Jadi inget dulu alm.ibuku sering banget bikinin rempah buat lauk... rempah kelapa, rempah tahu semuanya enak gurih... dicampur teri basah juga enak mbak Di. Makan nasi dg sayur bobor & lauknya rempah plus sambel trasi... wuihh nyamleng. Wah jd inget masih punya stock kelapa parut di freezer... besok harus tak bikin rempah nih. Matursuwun resepnya ya mbak Di... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Erti..gurih,.nglawuhi ya....fav ku tetep yang pakai udang mba..jadi gurih bingits..:D

      Delete
  2. Mbak diah sy ratna dr salatiga, lamaaaaaaaaa bgt gak koment, tp tiap hari saya selalu baca blognya mbk, agak kecewa jika blm ada postingan yg baru di blog, la wong sehari bisa buka blognya mbk di sampe 3x. Pokoknya penasaran dg tulisan2 n resep2 dari mbk diah. Sukses selalu ya mbk. Ini rempahnya sangat saya sukai, besok mo coba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Ratna pa kabar..iya nich mba..maaf ya telat terus postingannya..skrg bisanya tiap sore..hihi..lagi byk kerjaan sampai akhir bulan ini..harus selesai..:)

      Delete
  3. Dear Sir/Madam,
    Have a Nice Day
    Firstly It is our honour to introduce our selves to your company .
    we are manufacture and exporter for herbs, spices and seeds (organic or non organic) From Egypt to worldwide. Organic Land company, which is one of Egypt’s leading suppliers of organic herbal ingredients. Organic Land has been growing, exporting, and processing organic herbs for 9 years ago. we are certified NOP, EC and ISO22000 . We have ISO 1800 and ISO 9001. We serve a dynamic market in worldwide such as Asian market, American market and European market.
    I would like to get in touch with you about the various products we offer. Please do not hesitate to reply to me for more information and I will be more than happy to help you.

    Email: osa2005ma@organiclandco.com

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel