Google Ad

Monday, January 12, 2015

Bánh Chuối Nướng ( Vietnamese Baked Banana Cake )


Keliling dunia lagi yukk teman2..lewat icip2 kulinernya tapi..hihi. Nah..kalau ke Korea..Jepang kan udah sering nich ngintip citarasa makanannya..sekarang kita ke Vietnam ya. Kenapa tiba2 coba makanan vietnam..nggak sengaja aja pas lihat Chef Martin Yan lagi menjelajahi kuliner Vietnam di AFC aku tertarik dengan salah satu dessertnya..yaitu  Bánh chuối nướng ( Vietnamese banana cake ). Keren dech Negara Vietnam yang nggak begitu nge top kulinernya..berani ngundang dan menyewa chef sekelas Martin Yan untuk mempromosikan wisata dan kuliner negaranya...dalam suatu acara khusus. Hemm..coba Indonesia begitu ya..hihi. Setelah aku amati..banyak kuliner Vietnam yang mirip2 sama Indonesia..ada ketan bubuk juga..dlll. Ada martabak pisang juga..hihi..kapan2 aku coba juga ah..seru kayaknya. Tapi tetep ku pilih2 ya masih bisa di terima lidah kita ya teman2..resep2nya.

Nah..pas lihat salah satu tayangan kemaren..aku tertarik dengan banana cake Vietnam ini..karena cara buatnya gampang..bahannya mudah..dan mirip2 sama kue tradisional kita juga lho..kaya bread puding gitu..tapi lebih mirip lagi carang gesing khas Jawa. Bedanya..kalau carang gesing di kukus..kalau banana cake vietnam ini di panggang lama hingga kecoklatan atasnya. Wah..jadi penasaran dech. Akhirnya begitu punya pisang raja yang manis dan ranum..langsung bikin dech kemaren.

Cara membuatnya mudah sekali..cuma tinggal campur2 bahan..tanpa mixer..rasanya juga legit enak..beneran mirip carang gesing tapi di panggang..hihi. Cara penyajian bisa individual  pakai ramekin kecil2..atau bisa juga di panggang di loyang , kemudian di potong2. Aku suka yang di potong2 aja..jadi keliatan cantik dalamnya dan pisangnya terlihat. Pisang yang di pakai bisa pisang kepok matang atau pisang raja..aku tentu saja pilih pisang raja...lebih harum.

 

Setelah di panggang..kue akan lebih enak dan padat jika di masukkan ke kulkas semalaman, tapi jika nggak sabar mau mencicipinya ya boleh langsung di makan. Aku coba keduanya..langsung makan sama di inapkan..memang setelah di inapkan di kulkas jadi lebih padat dan lebih enak di potong2. Kalau masih hangat selesai di panggang..masih agak terlalu lembut untuk di potong..jadi mungkin bisa langsung di sendokkan ke piring cara makannya. Legit..harum..wangi pisang. Ini dia resepnya ya teman2..aku adaptasi dari acara Chef Martin Yan di tivi..^^


Bánh Chuối Nướng ( Vietnamese Baked Banana Cake )

Bahan :
8 pisang raja yang matang dan ranum, iris bulat tipis, lumuri dengan 1 sendok makan gula pasir hingga rata, diamkan selama 1/2 jam
Santan kental 200 ml
Roti tawar 8 lembar, sobek sobek kecil2
2 sendok makan susu kental manis
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili

Cara membuat :
Aduk rata santan, susu, garam dan vanili. Masukkan roti tawar, aduk rata hingga cairan terserap di roti.
Masukkan 1/2 bagian pisang ke adonan, aduk rata, hati2 jangan sampai hancur pisangnya.
Siapkan loyang..olesi minyak goreng, tuang adonan di loyang. 
Tata sisa pisang di atasnya..lalu panggang 180 C selama 1 jam..sampai atasnya kecoklatan.

Note :
Pisang yang terkena gula akan nampak kocoklatan karena karamel terbentuk..jadi bukan gosong ya ini teman2..hihi. Justru effek karamel pisang ini yang di cari dan membuat kue ini lebih cantik. Jika suka wangi butter..boleh di tetesi sedikit butter leleh di atas adonan sebelum di panggang. Kalau aku nggak pakai..selain nggak suka..juga lagi nggak punya butter di rumah.









11 comments :

  1. Wuaaaa.... terlihat cantik & enaaak...! Mbak Diah bagi dong, itu kesukaanku banget...hihih. Bahan & bikinnya simple yo mbak... harus dicoba nih, secara aku tuh suka yg gak pake ribet...dasar emak2 males nih...heheh...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Erti..carang gesing panggang..:) Kalau punya stock pisang banyak cocok di buat ini..:)

      Delete
  2. Kayaknya aku mau coba juga nih...

    ReplyDelete
  3. hi mba thq bgt ya bt resepnya. uda lama bgt nyari resep ni akhirnya nemu jg. Ni cake favorit dr zaman kecil dijual di toko kue langganan di daerah sy cm da lama bgt mrk gak jual lg ktnya susah cari pisangnya. jdnya yg dijual skrg malah menggunakan kelapa tp rasanya gak seenak pisang. bru tau jg trnyata ini cake dr vietnam toh. btw mbak ini sy barusan buat cake ini, tp hasilnya gak sebagus mbak punya. mo nanya mbak pake santan instan atau santan yg diperas sendiri ya? trs emang resepnya gak ada telur atau tepung ya mbak? td sy sih buatnya pake santan instan, jdnya santan gak gitu nyatu ama roti. air santan da diserap ama roti semua jdnya kering pas pisang disatuin di loyang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Catherine..kalau pakai santan kental instan di campur air mba..biar bs nyerap roti2nya tapi masih lembek..jadi pas di panggang jd menyatu..:) Tepung di gantikan roti tawar itu mba..tp aku liat di bbrp web Vietnam ada yang di tambah terigu ..tp kalau aku suk ayg ini tanpa tepung..:)

      Delete
  4. Mba diah salam kenal,saya uda coba resep ini,tp kok permukaan nya ngak sebagus mba punya ya.. pisangnya coklat gt,apa perlu ditambah butter? Td waktu pisang saya taburi gula ngak sampai 1/2jam sih.. apa ada pengaruhnya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pindah ke rak oven bagian atas mba..kalau udah matang ya..pakai api atas bentar..pasti coklat..:)

      Delete
  5. Dari foto yang di posting mbak Lies di facebook, aku lgs search resep banana cake vietnam ini di blog mbak Didi..

    nyobain ahhh, pisangnya selain pisang raja boleh pake pisang apa aja mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pisang raja yang paling enak Mak..tapi kalau pakai pisang lain juga boleh..misal kepok gt..:)

      Delete
  6. keliatannya enak ni...
    bisa dicoba....
    makasih....

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel