Friday, January 23, 2015

Tips Mengurus Ijin PIRT Untuk Usaha Pangan Rumahan

Wua..maaf ya teman2..dua hari ini absen posting resep..karena sibuk sekali mempersiapkan ijin PIRT untuk usaha pertepunganku..hihi. Dah alhamdulillah..hari ini sudah di survei oleh Pihak Dinas Kesehatan kota Semarang..alhamdulillah tidak ada masalah..baik tempat..ataupun produk2nya. Aku ngajuin untuk rencana pengembangan produk tepung mix baru yang mau ku racik sendiri..sama yang tepung2 yang aku re pack sendiri. Memang dari supplier masing2 tepung sudah ada PIRT juga..tapi karena ada beberapa produk yang aku re pack atau aku tambahin bumbu sendiri..misal kayak tepung2 yang aku order dalam kemasan besar dari supplier dan aku re pack kecil2..ternyata..ijin PIRT nya..harus dari aku sendiri. Dan alhamdulillah..tinggal nunggu no nya aja nich teman2..nggak ada masalah..lha wong memang tidak pakai bahan2 apapun yang di larang...misal kayak leker..yang cuma pakai tepung teirgu kemasan Boga****, tapioka...merk juga..susu bubuk merk juga..jadi semua bahan2 terjamin dech. Untuk tepung kremes juga..bumbu2 rempah bubuk..dari supplierku juga..jadi semua aku pakai bahan2 berkualitas.

Nah..tips buat teman2.yang punya usaha pangan rumahan..jangan takut ngajuin ijin usaha PIRT ya..agar lebih plong gitu kalau usaha. Syaratnya cukup mudah kok..tinggal mendaftar ke Dinas Kesehatan setempat, isi formulir..mengikuti penyuluhan yang di adakan oleh Dinas Kesehatan..selanjutnya di survei dech tempat usaha kita.

Untuk tempat usaha..juga nggak harus khusus..misal teman2..punya usaha makanan jadi..otomatis yang di survei ya bagian dapur..harus bersih..tidak ada serangga, dekat dengan tempat cuci tangan. Proses pembuatan atau pengepakan makanan tidak boleh di lakukan di lantai. Para pegawai jika ada..juga di sarankan untuk memakai perlaatan kebersihan..seperti sarung tangan, celemek, tutup kepala...dan masker. 

Udah..selanjutnya..tinggal nunggu di survey dan di cek..komposisi bahan2..pengemasan..dll..lalu tinggal menunggu no ijin keluar dech.
Jangan kawatir jika di survei Dinas Kesehatan teman2..nggak harus ada tempat usaha khusus kayak workshop atau show room ruangan besar gitu kok. Aku aja..cuma memanfaatkan ruang lantai 2 rumahku yang memang kosong..untuk usaha kecil2 an ini. Ruang   tengahnya untuk tempat re packing tepung2 atau labeling, ada ruangan lain....atau kamar kosong tepatnya buat naruh barang2 peralatan packing..rak display yang biasa buat display pernak pernik..buat naruh jualan yang kecil2 aja..hihi..*kereatif kan*. Nggak masalah kok tadi. Usaha juga nggak harus kapasitas besar produksinya..jelaskan saja kondisi sebenernya..misal baru mau mulai usaha..atau udah jalan dikit nggak masalah...atau produksi jika ada order misal teman2 nerima pesanan kue2 dll. Aku aja pas di survei tadi ya cuma ada kegiatan , prose mixing tepung mix baru yang aku ajukan, nge labeli tepung2 tadi ..sama packing. Kebetulan stock tepung2 lain yang dari supplier juga udah menipis, baru datang lagi besok..karena aku nggak banyak menyetok barang lama2 di rumah..selain muternya juga cepat habis barang2..jadi seminggu sekali re stock barang2nya..jadi tadi pas di survei juga nggak banyak barang banget kayak toko gitu ya..nggak masalah kok teman2. Jadi ayuk..semangat buat teman2..sekecil apapun kita usaha..kalau semua persyaratan legal dan standart keamanan pangan udah terpenuhi..hati jadi tenang kan. Yukk buat teman2 yang punya usaha pangan rumahan..segera urus PIRT..^^

Ini tempat usaha kecilku..lantai 2 rumahku..hihi..jadi ya memang belum punya toko atau show room khusus gitu teman2..tapi nggak masalah kan ya..namanya juga usaha rumahan..yang penting bersih dan order jalan terus..hihi.




Oke segitu dulu ya sedikit tips buat teman2..yang punya usaha pangan rumahan..misal terima pesanan snack..atau bikin makanan atau bahan makanan kemasan, semoga bermanfaat ya....besok sambung lagi ya..back to the kitchen..masak2 lagi..di tunggu ya resep2nya..^^


28 comments :

  1. Ongkir ke jpn per10kg berapa mba? pingin bgt tp jauh😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Asri..sayangnya belum pernah krm ke luar langsung mba..biasanya temen2 di luar pada nitip temen lain yang mudik..terus di bawa keluar negeri dech..:)

      Delete
  2. Waaah mba Diah, sukses selalu ya mba,,, Semoga usahanya makin lancar dan semakin berkembang...

    ReplyDelete
  3. Ngurus PIRTnya bayar ga mbak? Klo iya, brapa? -diana-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Diana..tergantung Din Kes masing2 daerah mba..coba langsung cari info di tempat mba ya..:)

      Delete
  4. good luck y ambak, laris manis. Tepungnya enak

    ReplyDelete
  5. beneran, biar cuma rumah tapi ruangann bersiih dan lapang mbak, aku amsih maju mundur nih mau ngurus, nunggu pindahan rumah dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Ivone..iya..ayuk semangat ya..:)

      Delete
  6. Klo tepung baso brp harga n ongkir ke tangerang br?

    ReplyDelete
  7. Mba diah sukses ya usaha rumahannya....
    nanti klo pulang ke indo pengen banget nyobain beberapa tepungnya ^__^

    ReplyDelete
  8. PERJANJIAN USAHA BERSAMA

    Perjanjian Usaha Bersama ini berisi draf ketentuan yang mengatur tentang hubungan kerja sama untuk mendirikan dan menjalankan suatu usaha bersama dengan persekutuan perdata, yaitu dengan cara memasukan modal (inbreng) dan membagi keuntungan yang terjadi karenanya, termasuk di dalamnya mengatur tentang ruang lingkup kegiatan usaha bersama, jumlah modal dan bentuk pemasukan modal para pihak, manajemen usaha bersama, dan pembagian keuntungan dan kerugian diantara para pendiri usaha bersama. Untok DOWNLOAD draf perjanjian ini dalam bentuk file word, silahkan kunjungi:

    http://www.legalakses.com/draf-perjanjian-usaha-bersama/

    ReplyDelete
  9. Mbak Diah aq minta sharing dri mbak Diah donk,
    Apa ada email /NO WA ..?!!

    ReplyDelete
  10. mbak Diah, untuk mengurus PIRT apakah harus berbentuk perusahaan? karena salah satu syarat yg sy lihat di situs dinkes kab. Tangerang adalah harus Ada Akta perusahaan.

    ReplyDelete
  11. Browsing "cara pembuatan PIRT" dan nyasarnya kesini, haha. Makasi infonya ya mba Di, aku baru mau nyoba bikin P-IRT tapi di Garut (tempat produksi jualanku), berarti harus ke Dinas Kesehatan Garut ya.

    ReplyDelete
  12. Hebat tuh mbak Diah, saya juga akan mengurus PIRT utk tepung kentucky sya..selama ini saya sdh puluhan outlet booth...nah ini saat nya mau di legal kan..maksih mbak...chef hery 081331110046. WA

    ReplyDelete
  13. Hebat tuh mbak Diah, saya juga akan mengurus PIRT utk tepung kentucky sya..selama ini saya sdh puluhan outlet booth...nah ini saat nya mau di legal kan..maksih mbak...chef hery 081331110046. WA

    ReplyDelete
  14. Mba mau nanya nih, kalo bikin PIRT ada biayanya ga? Berapa mba biayanya? Makasih mba..

    ReplyDelete
  15. Hi mba diah.. Aq udah pernah beli tepung crispynya.. Enak... Saya di semarang jg mba, saya bikin praline, cookies dan cake tp masih made by order hehe.. Alhamdulillah udah ada PIRTnya..

    ReplyDelete
  16. Kalo utk biaya bikin ijin pirt habis brp ya mbak? Makasih ats infonya..

    ReplyDelete
  17. Makasih ya mbak infonya... sangat membantu sekali..

    ReplyDelete
  18. mba diah aq nanya tentang izin pirt donk... bisa perorangan ga, step by stepnya gimana? ditunggu infonya

    ReplyDelete
  19. Ni hari ini aku jg barusan ngajukan ijin PIRT katanya mnunggu peserta lainnya utk terkumpul sejumlah tertentu jd peserta mandiri utk penyuluhan gitu deh.

    ReplyDelete