Friday, January 9, 2015

Yukk Belajar Membuat Masakan Jepang Mudah Bersama Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan



Sesuai judulnya..yukk...kita belajar membuat masakan Jepang yang mudah dan enak teman2. Sesuai janjiku pada diri sendiri. Salah satu resolusi tahun ini..adalah lebih banyak belajar masakan dari negara2 lain..selain tiap hari posting menu2 Indonesia yang pastinya juga nggak habis2 di eksplorasi resep2nya. Tapi..nggak ada salahnya kan ya..belajar aneka masakan dari daerah atau bahkan negara lain..pasti akan memperkaya wawasan kuliner serta pengetahuan dan tehnik memasak kita di dapur ya teman2. Ya..soalnya..mau keliling ke luar negeri..nyicip aneka kuliner manca langsung kan mahal di ongkos..hihi..jadi lebih baik kita cicipi di dapur sendiri. Yang penting.kita belajar dari sumber resep asli..dari negara2 tersebut.

Nah..di era internet yang sudah sangat global sekarang ini..mau masak masakan negara mana aja..asal kita mau mencoba dan belajar..pasti bisa teman2. Banyak sekali food blogger hebat dari berbagai negara yang banyak share masakan khas negara masing2.  Jadi kita bisa belajar membuat masakan luar sendiri di rumah kan. Daripada beli..dan mencicipinya di resto resto luar yang ada di tempat kita kan pastinya..mahal juga ya teman2..hihi. Duch..dasar Mak Irit..mau makan mewah ..enak..tapi murah meriah..lol..! 


Ya udah..mari langsung saja..kita sekarang belajar membuat masakan Jepang yang sangat mudah ya teman2..dan yang pasti masih bisa di terima lidah  lokalku..hihi. Dan yang jelas..halal..jangan kawatir ya..tinggal kita pintar2 milih aja...menu yang kita buat. Oke..siapp..yuk..siapkan bahan2..serta *alat perang*nya ya..hihi. Apa itu..ya pan dan kawan2 tentu saja. Nah..*alat perang* harianku di dapur sekarang ini..Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan. Pan serba guna yang aku biasa pakai masak harian sejak beberapa minggu ini.Teman2 pasti tahu dong brand Lock & Lock itu..perusahaan dari Korea yang memproduksi aneka peralatan rumah tangga yang berkualitas taman2. Nah..Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan ini salah satu produk nya juga. 

 Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan ini ringan dan ukuran sedang..maka sangat cocok untuk di pakai sehari2. Selain itu mudah di bersihkan..anti lengket dan mudah menghantar panas..jadi memasak bisa lebih cepat. Designnya juga cantik nich, warna warni cerah dan segar..jadi cocok buat hiasan dapur. Tapi kalau aku punya pan serba guna gini pasti kepakainya..nggak mungkin cuma jadi hiasan dapur aja..jadi musti tiap hari buat masak..hihi. Tapi..karena designnya yang cantik dan modern..jadi semangat nich..posting resep dengan step by step   proses memasaknya..jadi..semoga teman2 bisa terbantu juga ya..jadi lebih mudah kan mengikuti resepnya. Jadi..terimakasih untuk  Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan yang sudah dan akan menemani  hari2 memasakku   dan aku posting resep2 dan hasilnya di blog ini.


Oke...kita mulai ya..praktek masakan Jepang hari ini..kita buat  Korokke  ( “Karokke” ) atau kroket ala Jepang. Kroket ini..bisa untuk menu utama lho..bukan cemilan kayak kroket kita..hihi. Maka biasanya ukurannya agak besar2. Biasa di sajikan dengan salad kol iris dan saus *tonkatsu ( campuran saus tomat, saus tiram , kecap dll ). Aku belajar membuat resep kroket Jepang ini..dari blogger asal Jepang..*Bebe Love Okasu, tapi aku modifikasi pakai sosis daging asap aja.sesuai bahan yang tersedia di rumah. Kalau aslinya pakai daging sapi cincang ya teman2.



Untuk bahan utamanya..kentang tentu saja ya. Bisa pakai kentang segar yang di kukus, terus di haluskan ( sekitar 300 gram kentang lumat kukus ya ) kalau aku praktis saja..pakai 150 gram tepung kentang seduh ( potato flour ) yang di seduh dengan air panas secukupnya hingga jadi adonan kentang kukus. Bahan lain daging sapi cincang 50 - 100 gram, tapi aku pakai sosis daging asap aja..karena ukuran besar2 jadi cukup pakai 2 biji udah cukup di cincang kecil2. Bumbu cukup 1/4 bawang bombai yang di tumis sebentar bersama daging cincang atau sosisnya, garam 1 sendok teh, merica bubuk 1/4 sendok teh..2 sendok makan susu bubuk, dan aku tambahin gula pasir 1 1/2 sendok teh buat penyeimbang rasa. Udah itu aja..cara membuatnya gampang saja, tinggal campur semua bahan..bentuk bulat2 gepeng ukuran sesuai selera ya. Tapi jangan terlalu kecil..nanti kayak perkedel..hihi.


Nah..sekarang lanjut  proses pelapisan kroketnya ya..siapkan 50 gram tepung terigu, 1 butir telur, dan 100 gram tepung panir kasar atau tepung pangko nama lainnya. Pertama gulingkan dulu adonan kroket yang sudah di bentuk ke tepung terigu hingga rata, lalu celupkan ke kocokan telur, dan terakhir gulingkan ke tepung panir hingga rata. Lakukan hingga adonan habis. Mudah kan. Siap goreng dech.


Tinggal di goreng dech adonan kroket yang sudah berlapis pangko tadi, jangan lupa panaskan dulu minyak agak banyak di  Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan. Jangan kawatir..tumpah minyaknya. Untuk kroket ini supaya bisa matang  sempurna memang lebih baik di goreng dengan cara *deep frying...atau terendam minyak. Nggak punya alat deep frying..don't worry..be happy...bisa pakai  Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan. Design  Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan ini aman buat goreng2 deep frying gini karena walaupun pan anti lengket tapi bagian dalamnya agak tinggi..jadi serba guna dech, nggak cuma buat goreng telur atau dadar2..tapi bisa buat masak, numis, dan menggoreng juga. Hasilnya..masakan jadi matang sempurna, tapi cepat matangnya..karena walau api kecil..pan ini sangat mudah menghantar panas..jadi irit gas juga kan teman2..hihi. Di pakai menggoreng aneka makanan juga nggak lengket..jadi memasak jadi lebih menyenangkan dech di temani  Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan.


Goreng kroket hingga keemasan seperti ini ya teman2, lalu tiriskan.



Done..! Selesai..sudah..cepat dan mudah kan teman2. Jika ada yang belum jelas tentang proses pembuatannya..jangan sungkan tinggalkan pesan ya di kolom komentar.

Kroket ala Jepang yang cantik..siap di sajikan dengan irisan kol dan saus tonkatsu jika mau dengan saus original ya, cara buat sausnya mudah juga..aduk semua bahan2 berikut ya :
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 2 sendok teh kecap manis, 1/4 sendok teh air jeruk lemon, 1/4 sendok teh gula pasir ( Worcestershire sauce )
  • 1½ sendok teh saus tiram
  • 1⅛ sendok teh gula pasir
Tapi jika kurang suka atau malas untuk membuat sausnya..di cocol saus tomat atau saus sambal aja juga enak kok..kroketnya..atau mayones jika suka. 

Korokke atau kroket ala Jepang..siap di sajikan..hemm..di makan hangat2 dengan sausnya..yummy..! Renyah di luar..lembut di dalam. Itadakimasu ! ^_^

17 comments :

  1. Resepnya mbak Diah selalu mengen-mengeni...apalagi peralatan dapurnya, bener-bener bikin mupeng (muka pengen) habis...hihih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, makasih Mba Erti..jadi semangat masak ya mba..jika *alat perang*nya cantik2..:D

      Delete
  2. Cantik banget ,,,,pengen nyomot,,,he,,he,,,tak tunggu rsep laine

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba Arsih..silahkan di comot..ups..tapi udah habis mba..:D

      Delete
  3. aku juga punya Lock&Lock E-Cook Deco ini mbak.. hehehe.. mau bikin juga ah buat cemilan Kenzie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik..samaan ya mba Icha..selamat mencoba ya..bs pakai daging sapi cincang..atau ayam juga campurannya..:)

      Delete
  4. Menul menul montok mbaaa...bikin pingin nyomot...suwun resepe mba...


    Milla

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggemesin yamba..hihi..yukk buat di rumah..:)

      Delete
  5. mba ini pinter bgt...pengin spt mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba...ayukk di coba..mudah lho..:)

      Delete
  6. Mbak diah adonan kroketnya gak pake telur ya, telur cuma buat panir aja? Thx..yanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau resep asli sono dari yang aku terjemahkan nggak pakai mba Yanti..:)

      Delete
  7. mbaakk, suthil kayunya bagus2 yaahh... mupeng. #salah fokus... hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.....nanti tak jualan sothil juga ya mba..lol..!

      Delete
  8. Mbaaaa....resep2nya sungguh menggoda, selalu ada resep baru yang bisa di coba nih kl ke blognya mba Diah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba Wulan..:) selamat mencoba ya..:)

      Delete
  9. itu makanan nya bisa awet berapa lama ya teh ?
    sekalian numpang tanya deh kalo snack yang awet sampe sebulanan kira2 apa itu ya teh ?
    terima kasih

    ReplyDelete