Tuesday, January 20, 2015

Gimbal Udang & Tahu


Wah..maaf ya teman2..bulan ini bener2 full deadline kerjaan..jadinya hanya masak masakan harian yang simple2 dulu ya buat di posting. Sebenernya kangen sich nguleni adonan roti..bakpao, dll..ngocok telur..baking..atau ngubek2 resep masakan tradisional atau jajan pasar yang unik dan lama buatnya..sabar ya..setelah tugas selesai..ntar dech kembali mengeksplorasi resep yang unik2 ya..^^

Jadilah sekarang menunya yang simpel2 dan mudah aja ya buat lauk harian. Hari ini buat gimbal udang dan tahu. Memanfaatkan sisa tahu beberapa biji di kulkas sayang kan..terus ada udang..ya udah di campur saja..jadi gimbal udang dan tahu. Gimbal..sepintas mirip bakwan..tapi lebih tipis..jadi isiannya seperti udang bisa keliatan..nggak tenggelam di dalam adonan seperti bakwan ya teman2. Karena cara buatnya..adonan di sendok pakai sendok sayur..tata udang di atasnya..jadi..udangnya bisa eksis..nampang cantik di gimbalnya..hihi.

Biasanya gimbal udang di makan bersama tahu gimbal atau tahu yang di beri kuah kacang..tapi jika malas buatnya..di cocol pakai sambel kecap aja..enak juga lho teman2. praktis kan..hihi. Untuk gimbal paling enak pakai udang kecil2 yang segar..jadi rasanya manis dan gurih udangnya..serta.di goreng bersama kepala..ekor..kulit ndak masalah. Tapi jika pakai udang besar..boleh di kupas ya udangnya. Oke..selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^

Gimbal Udang & Tahu
Bahan :
Terigu protein sedang 100 gr
Tepung beras 50 gram
Udang seger ukuran kecil 250 gram, tahu Cina putih 100 gram, potong2 kecil
Bawang putih 2 siung
Ketumbar 1/4 sendok teh
Kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh ( optional )
Garam secukupnya
200 ml ( secukupnya )

Cara membuat :
Bersihkan udang dari kotoran, cuci bersih, kepala dan kulit tidak perlu di kupas.
Haluskan bawang putih dan ketumbar, aduk rata dengan semua tepung dan air, serta bumbu lain, sampai adonan rata dan kental, tapi tidak sekental bakwan ya.
Ambil satu sendok sayur adonan..tata udang dan tahu di atasnya ( agar di benamkan sedikit ya udangnya ke adonan biar nggak lepas pas di goreng )..lalu masukkan ke minyak yang sudah di panaskan, lalu goreng hingga matang.

5 comments :

  1. Ah, Mba Didi ngingetin sy sama tahu gimbal Semarang huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...ayuk bikin mba...ada resepnya juga tahu gimbal semarang..:)

      Delete
  2. Syedaaaap..... hari ini aku praktekin resep mbak Diah kemaren..bikin rempah kelapa. Kasihan jg tuh kelapa sdh hampir sebulan kedinginan di freezer...hihih

    ReplyDelete
  3. Wahh mbak diah di semarang jg yahh. Inspirasi nih blog ny sering sy pantengin krn lg hobi masak dan buat variasi jualann..suka resep resepnya dsni seringg bgt sy coba jdi pgn nulis jg nih yg berbau bau perdapuran

    ReplyDelete