Google Ad

Saturday, January 3, 2015

Batagor Ekonomis & Praktis Acine


Satu lagi..resep aneh bin nggak biasa dariku ya teman2...kok sayang jika nggak di posting. Biar aneh tapi uenak lho..hihi. Gara2 seharian hujan tadi ya..jadi kok cepat lapar. Persediaan bahan di kulkas udah di masak semua kemaren, belum di isi lagi. Jadi menolehlah ke aneka tepung jualanku...hihi. Akhirnya pengen ngutak atik resep pakai tepung aci berbumbu..Acine. Dan masuk dapur sebentar..jadilah batagor ekonomis. Kenapa ekonomis..karena pakai tepung aci berbumbu acine ini..dan nggak perlu pakai ikan tenggiri..hihi.

Rasanya ?..Enak lho..jadi teringat batagor murah meriah yang dulu sering aku makan jaman kerja di Yogya..di perempatan Sagan atau di dekat Bulak Sumur. Kenyal2 agak alot..tapi enak..biarpun tanpa ikan ini teman2..hihi. Yang penting bumbu kacangnya enak..sudah mewakili rasa batagor kok teman2..cuma memang tanpa aroma ikan..hihi.
Ya udah dech..karena daku mau pergi nich buru2..aku langsung saja resepnya ya..tapi  pakai tepung Acine ya..ini ya resepnya..lha aku tadi memang pakai itu..^^ 

Apa itu tepung Acine..tepung aci berbumbu dari Tegal yang aku jual..yang biasa untuk membuat tahu aci Tegal..tahu plethok, cireng , olos , dll.
Batagor Acine

Bahan :
1 pack Acine ( 150 gram )
50 gram tepung terigu protein sedang
Air kira2 150 ml, sampai adonan bisa di pulung ya
Tahu Cina / tahu putih biasa 10 buah
1/2 sendok teh kaldu ayam, 1/2 sendok teh gula pasir
Cara membuat :
Tuang tepung Acine di mangkuk, campur dengan terigu, tuangi air panas sedikit demi sedikit hingga jadi adonan yang bisa di pulung, tapi masih lemes ya..jangan terlalu kalis atau kesat biar nggak keras batagornya.
Oleskan ke permukaan tahu sambil di selimutkan ke bagian bawah biar nggak lepas jika di goreng.
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang.
Potong2, sajikan dengan saus kacang dan perasan jeruk limau..enak..! ^^

Bahan Sambal Kacang:
200 gram kacang tanah kulit, digoreng
3 siung bawang putih, digoreng
8 buah cabai merah keriting, digoreng
3 sendok makan gula merah
2 sendok teh garam
650 ml air hangat 
1 sendok makan air asam jawa (dari 1/2  sendok makan asam jawa dan 2 sendok makan air)

Bahan Pelengkap:
75 ml kecap manis
5 buah jeruk limau

Cara membuat sambal kacang : haluskan kacang tanah, bawang putih, cabai merah keriting, gula merah, dan garam. Tuang air hangat. Masak sampai kental. Tambahkan air asam jawa. Aduk rata. Sajikan dengan jeruk limau kecil2 dan kecap jika suka.

8 comments :

  1. Hmmm...Syedaaaap...!!

    ReplyDelete
  2. Tepung acine itu tepung apa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepung aci itu sebutan lain dari tepung kanji / tepung tapioka
      diatas sudah ada

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Salam kenal Mba Diah..Aku mau cerita dikit yaa...Aku punya Kakak yang sakit gagal ginjal..Karena penyakitnya itu nafsu makannya jadi turun banget..Jadi mulut pengin makan ini itu tapi nggak masuk..Kalo aku liat history laptopnya penuh dengan search makanan dari berbagai tempat, karena kebetulan dia sebelum sakit dinas di Makassar, Medan, Palembang, dll.. Biasanya kalau minta dibeliin makanan apa saja sebisa mungkin aku turutin..Termasuk saat minta ditransferkan karena dia ada pesan sesuatu.. Pas datang paket yang dipesan, pas banget Kakakku masuk rumah sakit karena ngedrop.. Agak lancang memang, paketnya aku buka.. Isinya Acine, Tepung Tempura, Terasi Juwana, Petis, sama bumbu2 apa gitu..semacam bumbu tabur rasa Pizza gitu.. Sayangnya Kakakku ga sempat mencicipi, karena selang beberapa hari (sabtu ke rabu kalo nggak salah) Kakakku dipundhut sama ALLAH.. Lha jadi peer jadinya, aku nggak tau barang2 pesanan Kakakku mau aku apain..Googling googling akhirnya ketemu resep Acine di sini...Insyallah jadi aku bisa manfaatkan.. Terimakasih..Maaf kalo kepanjangan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Rizka, salam kenal juga mba. Turut berduka cita ya mba..atas apa yag terjadi sama Kakak mba..:)
      Boleh tau nama Kakak mba..saya ingin mengirim doa juga, semoga beliau sudah tenang di sisinya ya..:)

      Delete
    2. Namanya Suci Mahardini..Terimakasih banyak ya Mba..

      Delete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel