Tuesday, January 6, 2015

Tumis Genjer


Genjer..Genjer..ada yang masih ingat nggak ya..lagu jadul itu ? Aku kok lupa..hihi. Jadi daripada nyanyi nggak jelas..mari masak saja..tumis genjer teman2. Apa itu genjer..?..Ya daun genjer..*sawah-lettuce *..hihi. Tuch lho..yang tumbuh di sawah2 atau di rawa2...yang biasanya di kenal sebagai gulma..atau tanaman pengganggu. Kalau dulu di Yogya mah..tinggal ambil di sawah gratis..hihi..lha sekarang kalau mau makan tumis genjer..ya beli mak !..Di supermarket..5 ribu seikat..hihi. 

Teman2..ada yang suka daun genjer juga ?..Atau..malah belum pernah makan ?..Atau malu makan ?..karena memang genjer identik sayur *kere atau sayur orang miskin..hihi..lha bisa di dapet gratisan di sawah..pilihan terakhir sayur jika nggak ada uang buat belanja..haha. Padahal..enak banget lho teman2..daun genjer ini..jadi buatku..aku rela kok beli daun genjer di supermarket..lol..! Lha gimana..mau ambil di sawah nggak ada sawah di sini..hihi.


Daun genjer ini kaya akan serat dan manfaat lho teman2. Bisa menambah nafsu makan juga...bahkan bisa mencegah kanker juga. Wah keren kan. Dan  beneran..di tumis sederhana saja..rasanya enak banget. Cobain dech jika belum pernah makan genjer..aduch..rugi dech..apalagi jika bisa ambil di sawah teman2..kan gratis teman2..ayuk..jangan ragu ya buat mengolah daun genjer ini. Daripada beli di supermarket...mahal..sayangnya di pasar malah jarang di jual..huhu.

Selain di tumis..daun genjer enak di buat lalapan, buat campuran pecel, gado2..dll. Mari kita perdayakan sumber makanan gratis dari alam ini teman2..kecuali kalau beli di supermarket ya nggak gratis..hihi. Enak banget kok teman2..nggak kalah enak dari sayuran lain. Jadi ingat harga sayuran di pasar masih melambung tinggi..huhu..tadi beli brokoli sekuntum kecil aja..7 ribu rupiah..wah..coba deket sawah...tak sering2 masak genjer aja dech..gratis, bergizi dan enak rasanya..hihi.
Tumis Daun Genjer

Bahan :
1 ikat daun genjer
6 buah cabai merah, potong tipis serong
3 cabai rawit merah, potong tipis serong
4 butir bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
1 sendok teh terasi, bakar
Garam dan gula pasir secukupnya
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan

Cara membuat :
Mudah banget....tinggal tumis bumbu2 iris, hingga harum, masukkan terasi, daun salam dan lengkuas, aduk rata hingga terasi tercampur bumbu2. Masukkan daun genjer, aduk2 hingga keluar airnya sedikit..jadi nggak perlu tambah air lagi teman2..sangat cepat matang daun genjer ini. Tambahkan bumbu2 lain..aduk rata dan koreksi rasa. Done..!

Matang dech..tumis daun genjer siap di nikmati dengan nasi hangat..enak banget..^^


14 comments :

  1. Enak nii mb... dimakan pake ikan asin bisa ngabisin nasi... klo ditempat q tinggal Tanjung Tabalong masih banyak yg jual genjer,agk langka klo musim kemarau.... klo disini sblm ditumis disiram air panas ato dicemplungin ke air mendidih utk hilangin getah... kata nya sihh hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik..makasih tipsnya mba..kpn2 ku coba ya..:)

      Delete
  2. Aku sukaaaa mbak....!! apalagi ditambahi teri nasi/teri medan...hemmm yummy..!
    Kalau buat lalapan blm pernah, dulu jaman masih kost suka beli urap genjer dimakan dg nasi anget dan ikan asin...sedaaap. Kalau buat lalapan dimakan mentah ya mbak...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wua..iya ya mba..taburi teri medan pasti tambah sedep..:D
      buat lalap di rebus biasa mba..:) Besok mau bikin urap genjer..hihi

      Delete
  3. Wah mb Diah ternyata suka juga dengan sayur ini. Aku suka pakai banget sama sayur ini, selalu kutumis kalau nemu sayurnya. Numisnya dengan rajangan cabe yang banyak biar pedas-pedas gimanaa gitu, hahaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..suka banget..hihi..wah mantap kalau pedas itu..:)

      Delete
  4. Kalo saya bumbu tumisnya di tambahin tauco mba, lebih maknyuss

    =Lis=

    ReplyDelete
  5. Kalau ada tumis genjer cuma suamiku aja yang makan mbak, anak-anak susah nelennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak..anak2 jarang suka ya..sayur begini..:)

      Delete
  6. aku pertama kali ketemu sayur kere ini malah di Ciledug sini. Waktu di Solo nggak pernah lihat. Pertama kali ngolah perasaan nggak enak, dan bikin penasaran. Setelah bisa masak dan hasilnya enak langsung cinta tuh sama genjer ini. Dimasak pake oncom atau tauco dan dipedesin duuuhhh enak bangeeettt....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..sayur murah meriah tapi enak bingits..ya ternyata..:)

      Delete