Saturday, January 10, 2015

Membuat Kulit Martabak Telur Sendiri..Mudah Lho..^_^


Ini kali pertama aku buat kulit martabak telur ala Abang2 tukang martabak pinggir jalan. Ternyata..mudah banget lho teman2. Memang biasanya kalau buat martabak telur lebih suka pakai kulit lumpia yang praktis..jadi dari dulu mau coba kulit martabak telur ala Abang2 gitu ya males banget..hihi . Lha Semarang kan kota lumpia..jadi kulit lumpia segar bagus2 tiap hari banyak di pasar..murah pula. Jadi mau buat lumpia atau martabak ya tinggal pakai kulit lumpia siap pakai ini..praktis.

Nah..kemaren..pas Yodha minta di buatin martabak gurih..eh pas nggak punya kulit lumpia..padahal biasanya ya ada terus di kulkas...jadi ya terpaksa buat sendiri  kulitnya. Lha di tawari snack lain nggak mau..maunya tetep mau martabak gurih..hihi. Maklum..jagoan kecilku ini lagi seneng sama martabak gurih..yang manis udah bosan dia..jadi udah 2 mingguan ini..snack sorenya..selalu martabak..hihi. sampai mblenger aku buatnya.

Nah..jadi karena kepepet butuh..karena Yodha tetep kekeh mau makan martabak..ya udah dech aku coba buat sendiri kulit martabaknya. Setelah bongkar2 tabloid..nemu dech tabloid Saji yang ada resep kulit martabaknya. Setelah aku coba..weh..lha mudah sekali buatnya..hihi. Wah tau gitu dari dulu dech sering buat. Tak kira susah je..bikin kulit martabak yang bisa lentur dan tipis seperti kain itu..hihi. Kalau lihat di tukang2 martabak gitu kan dulu suka *gumun..alias heran..kok kulitnya bisa tipis, lentur dan nggak sobek gitu waktu di lebarkan. Ternyata..kuncinya adonan di rendam di minyak selama 2 jam. Seru dech bikin kulit martabak mini sendiri ini teman2. Nggak pakai lama nguleninya kok..udah kalis dan elastis sendiri. Yang lama cuma nunggu waktu perendaman adonannya..musti 2 jam..hihi.

Satu  hal yang agak susah cuma waktu menggorengnya saja..mungkin karena belum canggih ya..seperti abang2 pinggir jalan gitu melipat kulit setelah di isi..jadi belum bisa sempurna kotak gitu bentuknya..hihi. Lha..aku pakai teflon biasa..kalau di abang2 martabak pinggir jalan itu kan wajannya enak ya...kan lebar dan datar...jadi meletakkan adonan yang udah di tipiskan dan membentuknya juga lebih mudah. Jadi tips sedikit jika mau buat kulit martabak ini, gunakan teflon anti lengket yang lebar ya teman2..agar adonan bisa maksimal melar lebar dan jadi tipis dan renyah kulitnya. Tapi untuk uji coba pertama..not bad ..lah ya..kalau soal rasa..udah sama persi kayak di abang2 pinggir jalan..renyah dan lembut gitu kulitnya..tinggal belajar lagi aja..cara melipat kulitnya..biar lebih rapi hasilnya. Wua..jadi ketagihan..buat aneka martabak dengan kulit homemade nich..seru banget soalnya.

Ini aku buat martabak sosis buat Yodha..alhamdulillah udah suka ngemil..kemaren sekali makan habis 5 potong..hihi. Enak ya Kak..sore hujan2..makan martabak anget..buatan Mami tercinta pula...^^

Oke dech..teman2 mau coba juga..yukk..simak resepnya ya..

Kulit Martabak Telur

Bahan :
200 gram tepung terigu protein tinggi
1/4 sendok teh garam
140 ml air
30 gram minyak goreng
500 ml minyak goreng, untuk merendam
minyak untuk menggoreng


Cara membuat :
Kulit, campur tepung terigu dan garam. Tuang air sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan minyak goreng. Uleni sampai elastis.
Timbang masing-masing 75 gram. Bulatkan. Rendam dalam minyak goreng 2 jam.

Adonan siap di pakai. Cara pemakaian..tiriskan satu bulatan adonan. Tarik2 dengan tangan agar melebar dan jadi tipis. Adonan yang baik akan mudah sekali di tarik2 sampai tipis dan lebar..dan nggak putus. Atau mau kayak abang2 martabak itu..bisa pakai gaya di lempar2 di tangan juga..tapi.."Please don't try this at home..!"..jika belum bisa..nanti malah mendarat ke lantai adonannya..hihi.

32 comments :

  1. wah, spt tidak terlalu susah ya. soalnya istri lagi seneng coba2 bikin kudapan sendiri. kemarin dah berhasil coba bikin cimol. next katanya martabak, tapi blm pede katanya. nanti aku tunjukin posting ini semoga dia jadi pd dan semangat coba bikin martabak.. like this!.. btw, salam kenal bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mas.....:)

      Mudah kok..tinggal butuh berlatih aja waktu melipat adonannya..karena adonan kulit tipis sekali. Jk mau aman..boleh di lipat di talenan dulu yang di kasih olesan minyak..tapi mindah ke wajannya juga hati2..agar bentuknya tetep kotak..hihi.

      Delete
    2. Id line kamu apa?

      Delete
  2. Waaaah....udah lama banget penasaran sama kulit martabak telur ini. Aku sekeluarga suka banget makan martabak telur, biasanya cuma beli di warung-warung. Nah kalau bisa bikin sendiri, tentu lebih puas makannya ketimbang beli kan, dengan harga yang sama beli di warung, tentu dapatnya lebih banya, ahahaaa....
    Btw, thanks for sharing mba Diah. nanti langsung praktek aaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..ayukk di coba..mudah kok.....tinggal di isi sesuai selera ya..:) Jika mau persis kayak di abang2.. Itu adonan elastis skl..masih bisa tipis sekali sampai kayak transparan waktu di lebarkan..:)

      Delete
  3. Kayaknya ngga susah ya Mba kalo baca resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kok mba....nguleninya juga nggak lama kok..asal sampai elastis adonannya..jadi ketika di tarik2..nggak mudah putus..:)

      Delete
  4. cihuy.. akhirnya dapet resepnya :D

    Thanks ya Mbak :D

    ReplyDelete
  5. Thanks mbk. Jd bisa bikin sendiri kulitnya yg mirip martabak abang2, kmrn beli bikin martabak huhuhu... bikin batuk, minyaknya gk ok. Bisa dicoba kpn2 mb.# tami

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..bikin sdr aja mudah mba..:) lebih sehat..:)

      Delete
  6. harus direndam dulu ya maak...martabak tuh favorit kita semua, jadi kadang cari praktisnya aja beli kulit yang jadi hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Maak..biar adonan kulitnya bisa elastis ya..:)

      Delete
  7. Asyiiiik.... oke bgt deh mbak Diah posting resep kulit martabak ala abang2. Kalau bikin martabak pake kulit lumpia aku kurang suka mbak Di. Ini wajib dicoba. Makasih ya mbak resepnya.... ^_^

    ReplyDelete
  8. Waah..martabak gorengan kesukaanku..mau coba aaah. TFS

    ReplyDelete
  9. ternyata mudah mau coba nih!!!

    ReplyDelete
  10. wah sepertinya mudah ya, tinggal di rendam minyak bisa jd elastis, saya dah cari resep untuk lamian noodle (mi yg buatnya ditarik pakai tangan) hasilnya gagal semua :D haha, mungkin ini jawabannya,

    ReplyDelete
  11. Wis ak coba barusan kendalanya emang di alat pengorengan, tp not bad tanks resepnya mba....

    ReplyDelete
  12. Halo mbk diah, mau tanya nih 30gram minyak goreng itu brapa ml? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  13. Oh ok, thanks ya mbak diah. Untuk tepung kentang starchnya sdh sy trima mbk, nih mau coba bikin martabak dulu, besok baru vanilla cookiesnya heee

    ReplyDelete
  14. Mau tanya mbak, proses nguleni nya dimasukin minyak juga ya? Terus apakah harus 2 jam? Jika lebih dari 2 jam bagaimana?

    ReplyDelete
  15. Mbak, itu terigunya harus protein tinggi yah? Kalo kaya segitiga biru itu ga bisa mbak ?

    ReplyDelete
  16. Wah bermanfaat sekali sy sampe pusing itu kulit martabak ga bisa melebar ternyata harus direndam dalam minyak slm 2 jam. Nice info

    ReplyDelete
  17. mbak diah ini adonan martabak saya sudah jd, tp baru saya goreng bsk apa msh bisa ya? atau harus masuk kulkas? terimakasih

    ReplyDelete
  18. mbak diah ini adonan martabak saya sudah jd, tp baru saya goreng bsk apa msh bisa ya? atau harus masuk kulkas? terimakasih

    ReplyDelete
  19. Makasih tips nyak..berguna bgt mba..sy coba yea..

    ReplyDelete
  20. aku udh nyoba ko pakai terigu segitiga berhasil , makasih mba diah

    ReplyDelete
  21. Mantap terima kasih sharing info nya mba,, aq nyoba buat nich semoga berhasil

    ReplyDelete
  22. Kalau ditambahin telur ke adonan kulit, bakal jadi lebih renyah atau malah rusak ya?

    ReplyDelete