Wednesday, January 21, 2015

Onde2 Labu Kuning Isi Enting2

Onde2 kok isi enting2..aneh   mungkin ya teman2..tapi ternyata..enak lho..hihi. Lha ceritanya tadi mau buat snack pak tukang yang kerja di rumah, karena kasian kerja beberapa hari ini masak ku kasih roti2 an beli di tukang roti keliling terus..hihi. Karena udah tua..kayaknya nggak suka jajanan modern. Tapi pengen yang cepat saja..karena nggak sempat bikin kumbu kacang hijaunya. Dan aku ingat masih punya stock enting2 di rumah..ya udah aku isi itu aja tadi..enak juga lho..cocok kok..onde2 isi enting2. Sebagian ada yang ku tambah gula merah juga tadi isinya..enak juga..hihi. Jadi kayak klepon tapi di goreng. Cobain dech teman2..jika mau buat onde2 tapi malas bikin isian kumbu kacang hijau yang lama..pakai isi enting2 atau gula merah aja..enak banget. Oh ya..yang belum tahu enting2..itu adalah..kacang tanah sangrai yang di tumbuk dan di beri gula, lalu di padatkan ya teman2.

Kulit onde2nya juga nggak biasa dong..bosan kan..kalau bikin onde2 biasa...kita bikin varian baru yukk yaitu onde2 labu kuning...jadi adonan di tambah labu kuning kukus..tuch jadi cantik kan warnanya..dan semakin empuk onde2nya lho. Tapi tekture kenyal tepung ketan nya tetep terasa kok..pokoknya enak..kulit onde2 yang di campur labu kuning ini. 

Membuat kulit onde2 ini mudah sekali ya teman2..kuncinya kalau di tambah labu ini..jumlah air di sesuaikan ya..karena labu kadar airnya beda2. Kayak tadi aku ngukus labu kok agak berair banget gitu setelah di haluskan..jadilah cairan untuk adonan di kira2 aja..sampai adonan kalis..tapi tetep lembut dan enak di bentuk2 dan mulus jika di bulatkan..( bukan getas atau mudah patah ya adonannya )

Oke dech..yang suka olahan labu kuning, moga bisa jadi variasi baru nich..jajanan yang pakai labu ini..selamat mencoba ya teman2..^^

Onde2 Labu Kuning

Bahan :
150 gram tepung ketan
100 gram labu kuning kukus yang sudah di haluskan
Gula 2 sendok makan
Santan kental instan 2 sendok makan
Garam 1/2 sendok teh
Air panas secukupnya sampai adonan bisa di bentuk (sesuaikan kebutuhan, tergantung kadar air labu kuningnya )

Isi :
Bebas..boleh kumbu kacang hijau..dll.  Aku tadi pakai enting2 dan ada yang isi gula semut.

Cara membuat :
Aduk rata semua bahan . Tuang air panas sedikit demi sedikit secukupnya..sampai adonan bisa di bentuk, kalis tapi masih lembut dan mudah di bentuk.
Bentuk bulat, pipihkan, beri isian secukupnya..lalu celup ke air dan gulingkan ke wijen hingga terbalut rata. Lakukan hingga adonan habis
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang.


12 comments :

  1. Klo pake tepung ketan hitam bisa ga mb? *nina*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bs aja mba..tapi warnanya nanti kuning campur hitam ya..hihi

      Delete
  2. Wah onde-onde salh satu makanan kesukaan saya

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Iya mak..buat variasi onde2 biasa ya..:)

      Delete
  4. Mb ,,,aku mau pesan tepung kremesnya,,,no hpku 08123481810, tak tunggu infonya mb,,,,@yuli

    ReplyDelete
  5. Mbak..mw tanya..brp hrga tpung leker? Trus ongkir ke Bali brp??

    ReplyDelete
  6. Mbak..mw tanya..brp hrga tpung leker? Trus ongkir ke Bali brp??

    ReplyDelete
  7. Mbk Diah ijin copy resep ea ..pingin praktek nich ..kbtln d rmh ada bahanny

    ReplyDelete
  8. Mba dii, ini kalau labu kuningnya diganti kentang bisa ngga? Kalau seandainya bisa Perbandingannya sama kaya yg diresep kan ya?

    ReplyDelete