Thursday, January 1, 2015

Perkedel Daging Asap Praktis



Selamat tahun baru 2015  ya teman2..! ^^
Semoga di tahun baru ini, membawa berkah untuk kita semua ya..amin. tadi malam ke mana nich merayakan tahun baru. Aku cuma sore aja muter2 bentar sama Yodha..giliran malam..jam 9 udah tidur dia..padahal udah rencana mau nyalain kembang api , mercon dll sama tetangga ..hihi. 

Oke dech..pasti pada masih kecapekan merayakan malam pergantian tahun ya..ayukk sarapan dulu. Sarapan sup hangat seperti ini pasti bisa memulihkan tenaga dan semangat baru nich..untuk menyambut hari2 baru di tahun 2015 ini ya teman2. Apalagi sup Iga yang gurih dan segar..hemm..siapa yang mau..hayo..ambil mangkuk masing2 ya..hihi.


Nah..buat pelengkap makan sop Iga yang gurih dan segar..tentu saja di temani perkedel yang lembut dan gurih juga. Wah..pagi2 sempat bikin perkedel..?..Sempat dong kan pakai tepung kentang perkedelnya..jadi tinggal di seduh aja pakai air panas..nggak nyampe setengah jam..jadi dech perkedelnya. Alhamdulillah..mengawali awal tahun baru 2015 ini bisa sarapan di rumah dengan nikmat.

Ngomongin soal tepung kentang..jadi pengen kilas balik..tahun 2014 kemaren..alhamdulillah kok mendadak jadi punya usaha online jualan aneka tepung..salah satunya tepung kentang ini teman2. Berawal dari ide suami..yang memang pembina umkm Jateng..untuk mencoba membantu memasarkan produk2 unik dari umkm Jateng yang kesulitan dalam hal pemasaran produk2 mereka..akhirnya aku punya usaha sampingan..berjualan aneka tepung dan produk2 unik lain di web ini.  Dan nggak nyangka juga respon pasar sangat bagus. Jadi alhamdulillah..tahun kemaren adalah tahun penuh berkah untukku dan juga para umkm karena produk2  yang aku kenalkan ke pasar lumayan laris..semoga di tahun ini dan tahun2 selanjutnya juga..amin.

Walaupun kadang ada sedikit kendala..tapi Insyaallah..tahun ini akan tetep berusaha menjadi ujung tombak penjualan produk2 umkm yang kami bina..jadi..semoga bisa sama2 berusaha dan menjadi berkah buat banyak orang dech. Resolusi tahun ini..semoga bisa segera punya PIRT sendiri..jadi bisa lebih memperluas bidang usaha lain, punya assisten..hihi..sehingga bisa membenahi web satunya. Sudah jadi padahal webnya..tapi masih belum sempat update produk2nya. Lha gimana..tiap hari sibuk jualan..packing..kirim barang..testing dan develop produk..semua sendiri dech.

Oke dech..apapun yang akan kita lakukan..di tahun 2015 ini,,.semangat ya teman2. Jika ada yang mau mulia berwirausaha..ayuk jangan takut untuk mencoba ya...pasti ada jalan.

Oke..mengawali tahun baru ini..aku mau meluruskan dulu tentang produk2 jualanku ya. Salah satunya tepung kentang. Karena banyak juga teman2 yang masih belum tahu tentang tepung kentang yang aku jual ini ya..karena banyaknya pertanyaan via email yang menanyakan apa itu tepung kentang, fungsinya, cara pakainya..dll. Baiklah..aku ulas lagi ya teman2.

Tepung kentang ada dua macam..tepung kentang yang di seduh dan tepung kentang pati. Kalau dulu kami menyebut tepung kentang seduh dengan nama potato flakes..karena dulu memang bentuknya serpihan lebar2 ( flakes ) kayak bubur instan itu lho teman2. Tapi sekarang dari supplierku yang potato flakes / serpihan besar2 kayak dulu nggak produksi lagi..karena tinggi cost produksinya. Di tambah harga kentang yang melambung, harga BBM yang naik terus, jadi memang perlu efisiensi di bidang produksi. Ya siapa tau nanti jika harga kondusif..bisa buat lagi tepung kentang yang flakes..jadi malah ada banyak varian juga. Tapi untuk sekarang prdouknya ganti dengan yang serpihan lebih halus, tapi cara pakai dan fungsi sama..yaitu di seduh. Bentuk serpihan halus, berwarna kekuningan. Beda yang flakes sama yang serpihan halus ini..hanya di proses pembuatannya saja. Kalau yang tepung kentang flakes..itu setelah kentang segar di cuci bersih, di kukus, di kupas, lalu di buat bubur dulu baru di keringkan dan di buat serpihan, sedang tepung kentang seduh baru yang serpihan lebih halus ini, kentang segar di cuci bersih, di kukus sampai matang, langsung di parut, lalu di keringkan. Jadi intinya, agar lebih menghemat biaya produksi saja..maka tidak lagi memproduksi tepung kentang yang flakes..karena yang flakes perlu 4 kali proses, yaitu di kukus, di lumatkan, di   bubur, dan di keringkan, sedang yang serpihan halus cuma dua kali proses, kukus, parut, di keringkan. Kalau rasa..sama ya..sama2 setelah di seduh..jadi kentang kukus yang lumat. Kalau menurutku malah lebih mantap lagi rasa kentang seduh yang yang langsung di parut ini..yang tanpa di bubur..jadi aroma dan rasa kentangnya masih terasa sekali. Cara menyeduhnya juga lebih mudah...di banding yang tepung kentang flakes dulu. Jadi..biar nggak bingung..sekarang aku nyebutnya tepung kentang seduh aja ya teman2..hihi. Soalnya istilah tepung kentang flakes itu ya..cuma istilah kami sendiri dulu.

Semoga teman2 nggak bingung lagi ya..tentang tepung kentang yang aku jual ini. Nah..selain tepung kentang seduh..ada lagi tepung kentang pati..atau sari patinya kentang. Berwarna putih bersih..seperti tapioka. Biasa di gunakan untuk cookies, aneka masakan Jepang dan Korea..cake dll. Nanti aku ulas lagi terpisah ya..tentang pati kentang ini teman2.

Tepung kentang seduh..itu banyak fungsinya..intinya untuk menggantikan kentang kukus di aneka makanan. Bisa untuk perkedel..kroket, mashed potatoes, kentang panggang, campuran donat dan juga roti..serta jajan pasar...seperti kue lumpur, dll. Dengan tambahan tepung kentang juga membuat aneka makanan seperti donat dan kue lebih empuk dan tahan lama. Cara pakainya tinggal di seduh aja..jadi sangat praktis. Nggak perlu lagi mengukus kentang, mengupas, dan menghaluskan. jadi sangat praktis , hemat waktu, tenaga..dan juga hemat gas kan teman2. Jadi jika kita mau buat perkedel mendadak pagi2 untuk sarapan..dengan tepung kentang seduh ini..nggak sampai 20 menit dech..udah mateng. 


Oke..sebagai contoh cara pengolahan tepung kentang..aku posting resep perkedel dari tepung kentang ini ya. Kali ini aku buat perkedel daging asap. Simak step by stepnya yukk..biar semakin jelas ya. Dan yang mau order tepung kentang..silahkan..semoga jelas ya sekarang apa itu tepung kentang seduh dan fungsinya..^^



Resep Perkedel Daging Asap Tepung Kentang Seduh

Siapkan 100 gram tepung kentang seduh, perciki dengan kira2 200 ml air panas, sambil di aduk hingga jadi adonan kentang kukus lumat.

  • Hasil seduhan bisa di sesuaikan selera ya teman2..jika mau lebih lembut..air panas boleh di tambah..jika aku suka keset seperti ini..nyeduhnya..jadi untuk 100 gram tepung kentang..kira2 pakai 200 ml air panas.
  • Beri tambahan bumbu sesuai selera, aku pakai 2 siung bawang putih yang di goreng, 1 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh pala bubuk, 1/8 sendok teh merica bubuk 1/2 sendok teh gula pasir, 1/2 sendok teh kaldu bubuk, garam secukupnya. Serta tambahan 1 butir telur, 3 lembar daging asap yang di iris kecil2, 1 tangkai sledri yang di iris halus.
  • Bentuk bulat pipih atau sesuai selera ya adonan di atas. Untuk 100 gram tepung kentang seduh, jika di buat perkedel, bisa jadi 10 buah lho..hemat dan ekonomis kan teman2...^^
  • Celup ke kocokan telur, lalu goreng dech..praktis dan mudah kan bikin perkedel dengan tepung kentang ini teman2. Rasanya lembut..dan khas aroma kentang segar kok..nggak ada yang aneh rasanya. Karena memang tepung kentang ini..di buat dari kentang segar saja..yang di cuci bersih, di kukus, di kupas, lalu di parut dan di keringkan dengan mesin industri. Jadi tanpa tambahan bahan2 lain. Rasa masih tawar, jadi fleksibel..bisa untuk campuran aneka makanan..gurih ataupun manis. Oke..selamat mencoba ya teman2..^^

Contoh lain fungsi tepung kentang seduh ini..bisa untuk campuran donat teman2..hasil donat jadi lebih empuk..menul2 dan awet empuk walau sudah dingin. Step by step membuat donat dengan campuran tepung kentang..bisa di lihat di postinganku di SINI ya teman2.  Yang ini resep donat yang di uleni biasa ya teman2.

Selain itu bisa juga untuk membuat donat kentang praktis yang nggak perlu di uleni..pakai tepung kentang seduh ini juga. Dan hasilnya tak kalah menul2 dan empuk juga..tapi  nggak perlu capek2 nguleni adonan. Resepnya bisa di lihat di SINI ya.

Resep2 lain dengan tepung kentang seduh ini..nanti akan aku update terus ya..di tunggu..^^


18 comments :

  1. mbak Diah , gimana bisa pesan tepung kentang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba Hariyanti..udah ku bales ya emailnya kmrn..:)

      Delete
  2. Amiiin. Selamat Tahun Baru juga mbak Di... Semoga di tahun 2015 ini tambah sukses, sehat & penuh berkah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..makasih mba Erti..atas doa baiknya..buat mba juga ya semoga lebih baik tahun ini semua2 nya..:)

      Delete
  3. Mb diah..kl mau beli tepung kentangnya gmn ya...tanpa pengawet kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak pake pengawet dll mba.,.murni kentang yang di kukus terus di parut dan di buat tepung aja..:) Jika minat..email kau ya di bundadidi@gmail.com atau di inbox fb ku atau tinggalin no hp..ntar ku sms :)

      Delete
  4. aku punya daging asap knapa gak kepikiran untuk perkedel ya mbak, malah aku buat makaroni schootel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..enak buat perkedel mak Lydia..biasa buat nasi goreng atau toping pizza juga lho..enak..:)

      Delete
  5. Selamat tahun baru mbak, semoga tahun ini membawa keberkahan buat mba sekeluarga. Mauuuuuu tepung kentangnya... yang kmrn belum sampai kirimannya. Masih sabar menanti....kalau udah sampai mau pesan tepung kentangnya ya mbaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..mksh mba..:)
      Iya mba Hesti....boleh mba..tepung kentang udah ready lagi nich..:)
      Kabarin jk udah sampai ya..buat test dulu berapa lama ke sana via pos ya..hihi. Memang gak sabar jika lewat pos mba..:)

      Delete
    2. Mba muakasiiiih banyak. Dah sampai kirimannya hari ini....udah gak sabar bikin bikin...

      Delete
  6. Tertarik dengan produk tepung kentangnya mba, bagaimana cara pemesanannya mb, brp harganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mba..email kau ya di bundadidi@gmail.com atau di inbox fb ku atau tinggalin no hp..ntar ku sms :)

      Delete
  7. mbak diah aku mau beli tepung2annya gimana ya? akun fb mbak udah penuh. makasiiih

    ReplyDelete
  8. Mbak mau nanya kegunaan tepung pati dr kentang bisa diolah jd masakan apa sj mbak?

    ReplyDelete
  9. Tepung kentang bs untuk gorengan bakwan jagung tdk?

    ReplyDelete
  10. Tepung kentang bs untuk gorengan bakwan jagung tdk?

    ReplyDelete