Sunday, January 18, 2015

Es Krim Goreng



Musim hujan makan es krim..boleh dong..hihi. Mumpung hari ini  matahari lumayan bersinar..jadi nggak dingin mari kita habiskan stock es krim durian Yodha..teman2. Sebenernya di makan gitu aja sich udah enak ya es krim durian. Yodha juga doyan. Tapi mari sedikit lebih kreatif menikmati es krim ya..dengan di buat es krim goreng..hemmm..yummy..!

Ngomong2 soal es krim durian..ya cuma durian begini yang aku dan Yodha doyan. Jika sudah berwujud es krim. Jika masih utuh durian gitu..wah ya nggak mau. Kalau buat es krim..rasanya enak dan nggak terlalu tajam aromanya. Jadilah kami suka. Nah..kemaren beli sekotak es krim durian masih banyak di freezer..mungkin karena hujan terus, dingin kemaren jadi pada malas makan es krim. Akhirnya aku buat es krim goreng ini..hangat di luar..dingin di dalam..hihi..unik dech teman2.

Menu es krim goreng ini kalau di resto2 cukup populer ya..jadi menu dessert. Per porsi isi satu es krim goreng ini rata2 20 ribu teman harganya..mahal kan..jadi mari kita buat sendiri aja ya di rumah. Lebih hemat dan lebih puas makanya. Untung aku dulu pernah ikut kursus bikin es krim goreng ini..pas ada cooking class tabloid koki di hotel Horrison..jaman tahun berapa ya..dulu..lupa..seingatku Yodha masih kecil..hihi. Jadi masih ku ajak2 ke acara cooking class gitu..dan Yodha rewel nangis minta pulang..karena acaranya seharian..habis itu baca di tabloid ada acara cooking class selanjutnya di tulis..nggak boleh bawa anak kecil..hahaha..mungkin gara2 Yodha heboh..ganggu acara..jadilah ada peraturan gitu kali ya... 

Hihi..seru aja cerita jaman dulu waktu masih suka ikut cooking class sana sini. Sekarang kok pemalas..lebih suka utak atik resep sendiri di rumah. Kayak resep es krim ini ya lupa2 ingat aku..seingatku cuma di bungkus roti tawar, terus di lapis tepung panir gitu. Jadi aku kira2 saja kemaren resepnya..dan hasilnya..enak..! Hangat  kriuk2 di luar..dingin dan lembut es krim di dalamnya..perpaduan rasa yang unik dan asyik..^^

Ok..langsung saja ini ya resep es krim gorengnya teman2..^^

Es Krim Goreng

Bahan :
5 lembar roti tawar
1 sahet susu kental manis, cairkan dengan 50 ml air
Es krim secukupnya ( rasa apa aja boleh )
Tepung panir kasar 100 gram
1 putih telur

Cara membuat :
Olesi roti tawar dengan susu kental manis yang sudah di encerkan.agar agak  lembab dan mudah di bentuk.
Ambil selembar roti tawar, isi dengan es krim secukupnya. Bentuk bulat. Padatkan. Celup ke kocokan putih telur, gulingkan ke tepung panir sambil di tekan2 agar menempel sempurna. Masukkan di wadah tertutup di frezeer Lakukan hingga roti tawar habis. Simpan semalaman di freezer agar memadat. Keluarkan dari kulkas jika akan di goreng, tidak perlu di diamkan suhu ruang ya..tapi langsung goreng saja. jadi jangan di tumpuk2 nyimpan di freezernya..nanti susah ngambilnya. Beri jarak tiap satu bulatan es krimnya. Agar nggak menempel di wadah..taburi wadah dengan tepung panir kasar , taruh bulatan es krim di atasnya..jadi mudah mengambilnya jika mau di goreng.
Goreng di minyak yang sudah benar2 panas, sebentar saja hingga bagian luar garing dan keemasan.
Angkat.

Note :
Sajikan segera agar  es krim nggak meleleh.
Jika kelamaan di sajikan es krimnya bisa meleleh seperti ini nich..karena pas di ambil fotonya agak lama kemaren..hihi. tapi tetep enak kok..jadi kayak cream lembut di dalam roti goreng yang renyah.
 



3 comments :

  1. Ternyata praktis ya mbak bikinnya, btw Fenny kirim pesan lewat contact form sudah mbak Diah Didi terima kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba...mudah kok resepnya..ok..bentar ku cek ya..:)

      Delete
  2. Mba Diah.. Ini roti tawarnya yang tanpa kulit ya?

    ReplyDelete